Saturday, January 28, 2012

gravy buncis wortel - Yummy... !!!! ( 8 MTH + )

Pada dasarnya saya mulai mengkreatifkan ide saya ketika matt mulai bosan dengan menu makanannya yang setiap harinya tidak pernah berubah  yaitu " kukusan ".apapun jenis sayurnya yang penting dikukus. meskipun jenis sayur yang banyak, tetapi cara masaknya tetap sama aja, maka gak heran matt bisa bosan dengan menu-nya, alhasil dia menjadi malas makan, dan hanya beberapa suap dia menutup mulutnya :(  sebelum hal itu terjadi saya akan menboca menu-menu terbaru yang matt belum pernah makan.

kali ini saya mulai memberanikan diri menggunakan rempah-rempah. sangat kasian rasanya jika dia tidak makan garam gula, tetapi kita mebuat menu yang monoton, rasanya saya ingin selalu memasak masakan enak buat matt. :)

kali ini saya membuat gravy buncis wortel, kali pertama saya mencoba gravy. tetapi saya tidak membutuhkan maizena, karena saya membuat rasa kentalnya berasal dari kentang. sangat mudah melakukannya, bahkan lebih mudah masak makanan baby daripada membuat rendang padang :D

apalagi dengan bahan dasar buncis, kali ini saya sangat sulit mengolahnya. karena biasanya buncis selalu saya blender. sejak naik tekstur saya merasa sangat sulit menghancurkan buncis, jika saya blender makan akan kehalusan, jika saya parut hasil tak maksimal (  kebanyakan terbuang )... pusing tujuh keliling memikiran olahan makanan matt supaya matt tidak bosan.

makan kali ini saya mulai memberanikan diri membuat menu makanan matt yang sedikit beda dari biasanya.

gravy buncis wortel, matt sangat suka dengan menu ini, perdana sekali saya memasak untuk matt tanpa kukus :D slruuppp.. matt ketagihan :D

" GRAVY BUNCIS WORTEL "

bahan :
* kentang dikukus + diblender kasar
* wortel diparut ( boleh mentah or dikukus )
* buncis dikukus  + diblender kasar
* Bawang bombay potong kasar
* unsalted butter
* air kaldu 
* tomat

Cara membuat :
* kentang dan buncis dikukus, setelah itu diblender kasar
* wortel di parut 
* panaskan butter, jika sudah meleleh masukkan bawang bombay di cah sampai layu, 
* masukan buncis, kentang wortel dan tomat
* tuang air kaldu
* jika sudah matang diangkat.

Jika makanan sudah matang, anda boleh memilah bawang bombay nya supaya tidak termakan oleh baby anda. jasi saya sengaja potong kasar, karena yang saya butuhkan hanya harumnya rempah supaya makanan matt terasa gurih dilidah.

saya sengaja mencampurnya dengan tomat, sehingga makanan mengandung perasa asam sedikit supaya matt tidak bosan dan eneg.

PENYAJIAN
untuk hari ini tanggal 28 january 2012 menu matt sore hari adalah bubur putih + gravy buncis wortel + kuah kaldu dan kuning telur ayam kampung.

ternyata matt suka dengan menu satu ini.. dia sangat lahap memakannya. jadi aku merasa terinspirasi ingin selalu mencoba setiap makanan baru. sangat bahagia ketika baby anda memakan lahap setiap makanan yang anda buat.

Thanks matt.. You are my inspiration :)

God Bless :)