Friday, January 20, 2012

8 month 13 days matt setengah GTM ;'( dan bagaimana cara mengatasinya???

GTM ??? sebenernya jujur saya kurang tau istilah ini sebelumnya. kebetulan saya mengikuti satu milis Mpasi rumahan, dimana milis ini mengajak kita para mommy untuk memberikan makanan sehat untuk bayi kecil kita dimana milis ini juga mengajak para mommy memasak MPASI rumahan yang bebas dari Gulgar ( Gula garam ) minimal setahun.

kebetulan mereka membahas dan mengeluh anak mereka GTM yang baru saya ketahui yang artinya gerakan tutup mulut, dimana anak kurang nafsu makan, dan mengunci seerat-eratnya mulut mereka, dan dengan cara apapun,baik mengganti menu, merubah tekstur makan,mengganti pola makan dan lainnya bahkan dengan 1001 cara, tetap saja tidak berhasil :( sungguh hal yang membingungkan, dan memilukan. (

saat itu ketika aku mengenal istilah GTM dari sebuah milis, maklum matt adalah anak pertama saya,dan saya hanya banyak belajar lewat jejaringan sosial and internet saja, jadi saya yang ingin mencari tau setiap problema,recipe,ilmu parenting untuk buah hati saya. :)  ketika saya tau istilah itu, matt masih makan dengan lahap dan antusiasnya, dengan cepat dia menghabiskan porsi makannya. bahkan lebih cepat dari biasanya. saya sangat bahagia anak saya tidak GTM.


tingkah matt yang sudah mulai menuju GTM  :'(


SEMUA ADA MASANYA

entah kenapa, setelah beberapa minggu lewat, tepat usia matt 8 month 13 days, saya mengalami kesuliatan untuk menyuapi matt makan, saya tidak bilang matt GTM, tapi matt sudah menuju GTM, masih setengah GTM lah ( hahhaa ada-ada aja ini mommy )

saya merasa sangat sulit menyuapinya dan membutuhkan waktu yang sangat lama. seperti biasa dengan rasa penasaran dia pasti membuka mulutnya saat suapan pertama, tapi setelah 5 suap dilahapnya mulutnya mulai terkunci rapat, untungnya matt bukan anak yang keras kepala. saya berusaha menghiburnya dan membuat cara makannya menjadi fun dan asyikk.sehingga dia bisa menghabiskan makanan yang saya sediakan.. tetapi kebayangkan bagaimana lelahnya menyuapi sambil menghibur, belum lagi dia melepeh makanannya?? esmosinya itu lohh... tetapi saya berhasil meredam emosi saya.. kembali dengan pengalaman saya lewat info milis, yang mereka katakan semua itu ada masanya yaitu masa anak GTM, masa anak lahap makan, dll.. jadi saya berusaha menikmati step by step tumbuh kembang si kecilku. :)

BERBAGAI IDE SELALU KUTERAPKAN

nah, anak tidak mau makan, perlu memarahinya??? Tidakk.... jangan memarahi anak anda, dia masih kecil dan belum mengerti apa-apa. dan jangan didik anak anda dengan kekerasan, tetapi cukup dengan bekal pengertian, ajari anak anda untuk mengerti.

saya lumayan stress matt setengah GTM, lalu saya berfikir bagaimana cara matt mau makan??? berbagai cara sudah saya lewati.. saya berusaha mencoba setiap cara yaitu


  1. saya mencoba setiap menu baru untuk matt.. : Mungkin saya merasa matt mencapai satu titik kebosanan, menunya hanya itu-itu saja. setiap hari berulang-ulang hanya itu saja yang dia makan, jadi saya coba memvariasikan setiap makanannya, kebetulan matt sudah diatas 8 bulan, jadi saya mencoba mencicipi keju dalam makanannya, itu pun hanya sekali. ya dia lumayan lahap. mungkin menurutnya ada taste,,  tapi ini tidak sering, karena saya tidak mau membuat kebiasaan buruk untuk matt, saya tidak mau nanti akhirnya dia menjadi picky eater :(
  2. saya mencoba merubah tekstur makanannya : ya mungkin menurut matt, makanan yang dia makan cukup halus,dia eneg dan bosan dengan tekstur makannya. saya berusaha peka, berusaha mengerti apa yang menjadi mau nya matt. ya kali ini saya menaikkan tekstur makannya matt lagi. sudah ke tahap3. kali ini dari tekstur saring naik ke tekstur parut dan bubur nya cukup dengan slow cooker, saya tidak menyaringnya kembali :) jadi setiap sayuran ataupun buah-buahan, saya sudah tidak menyaringnya. saya hanya mamarutnya, dan matt mencoba makan sedikit kasar. dan dia lumayan suka :) 
  3. saya mencoba memisahkan setiap bubur dan lauk : artinya matt sudah makan seperti orang dewasa :P dulu, matt memakan makanannya dengan cara mencampur aduk jadi satu setiap makanannya. ya apa itu menjadi satu pemicu matt menjadi eneg dan tidak mau makan??? ntah lah... namanya juga usaha. saya berusaha memisahkan setiap lauk dan nasi, jadi ketika mau menyuapi matt makan, barulah saya mencampurnya. jadi makanan tidak sempat berair dan rasanya juga masih fresh.  dengan cara ini berhasil. :)
  4. saya memberinya makan dengan porsi sedikit namun sering : ya kebetulan matt mau makan tetapi yang lahap hanya 5 suap, jadi saya mengurangi setengah porsi makannya, tetapi saya memberikan jadwal makan yang lebih sering, biasanya dia makan 3 kali sehari ( breakfast, lunch and dinner ) tapi untuk kali ini saya menyelipkan beberapa kali makan antara jeda BF, Lunch and dinner ini. supaya matt tidak kurang asupan gizi nya. emank menambah kerjaan dan waktu bagi kita sebagai mommy, agak sedikit repot, tapi saya rela melakukannya untuk matt, yang penting matt mau makan :P

menu makanan matt yang  sudah saya pisah / tidak bercampur aduk dengan buburnya :)

ya dengan cara- cara seperti itu saya berusaha melawan GTM matt, dan doa saya ini tidak berlangsung lama, dan matt akan kembali seperti matt yang dulu, periang, suka makan dan aktif :P

sedikit tips yang saya bisa bagi, semoga bermanfaat. jangan lawan GTM dengan kekerasan, tidak baik untuk tumbuh kembang psikologis anak, anak bisa menjadi tidak ingin makan akibat trauma karena anda memaksanya untuk makan :) dan bisa berakibat buruk, salah satunya  bisa memyebabkan GTM yang berkepanjangan.

semua kembali pada anda, karena anda yang lebih mengetahui tumbuh kembang kritis bayi anda, semoga membantu :)


God Bless :)