Wednesday, April 10, 2013

Kalau Ke Surabaya lagi..

Aku punya rencana ke Surabaya lagi. beberapa bulan yang silam aku sempet ke surabaya yang sebelumnya mampir ke Malang ke tempat saudaranya suamiku. tapi di Malangnya lama, sedangkan disurabayanya cuma Transit 2 Hari 1 malam doank. alhasil gak banyak tempat yang dikunjungi. apalagi keesokan harinya pesawat kami menuju ke Jakarta nya siang, jadi sebelum makan siang kami harus cek out dari hotel menuju Bandara.

Kemaren itu selama di Surabaya nginepnya di Santika, sempet makan siang di Boncafe, ini juga karena kepengennya suamiku dan abang iparku. katanya dulu masih kecil suka dibawa ke boncafe kalau ke Surabaya. jadi Mampir disitu. steaknya enak sih, dan lumayan murah aku juga demen makan disitu. dan kalau kesurabaya aku pasti mampir ke Boncafe lagi. seneng juga sama tempatnya. dekornya bagus..

selesai makan dari boncafe, biasalah kita nge Mall, sempet ke Mall Tunjungan dan Galaxy Mall. cuma demennya ke galaxy Mall, bagus soalnya. bersih lagi. dan terlebih matt dapet oleh2 baju disitu. sempet belanja. kalau tunjungan rame sangat, jadi cuma bentar sih di tunjungan, paling liat2, abis itu makan es campur di lantai paling atas itu lupa namanya apa. tapi es campurnya enak tenann... hahaha.. ntar kalo ke surabaya aku pasti balik kesitu lagi. kangen sama es Campurnya. apa ya namanya sodara2? kalau da yang tau infonya. aku bener2 lupa :(  bentuknya resto gitu, jual makanan juga. tapi jual es campur juga.

abis itu dinnernya, kita makan bebek disurabaya. lupa dimana. sebenernya enak sih, tapi tempatnya panas banget. dan Matt bener2 gerah. jadi aku gak balik kesini lagi. sebagai penggantinya, taukah dimana bebek surabaya yang paling enak? aku pengen makan kalo ke surabaya lagi..

malemnya kita tidur di hotel, paginya breakfast di hotel juga, siangnya pesen bubur ayam buat Matt di Hotel juga, dan gak lama kita pulang ke Surabaya. karena gak keburu akhirnya kita lunch di Bandara surabaya. bener-bener singkat hari itu kami ke Surabayanya.

dan yang gak kesampean makan cakwe udang surabaya. katanya dipasar atom enak. apa bener??? dan warung bu kris dipusatnya, apa ya nama jalannya lupa. katanya juga enak. apa bener??

dan sekarang aku ada rencana mau ke Surabaya lagi. sebelum gagal dan menyesal karena gak kuliner di Surabaya, jadi aku pengen rencana Jauh-jauh hari ini. hahaha norak abiss... abisnya aku demen sama kota surabaya. pertama kali nginjakin kaki. aku uda jatuh cinta, bener-bener asri, banyak pepohanan sepanjang jalan, dan rasanya lebih tertib dari Jakarta. dan yang pasti makanannya juga enak ala jawa timur katanya.kebetulan suka makanan jawa.

pengen dibagiin Info, makanan apa yang enak di Surabaya, yang mesti di kunjungi? di malang sih aku demen angsley, apa di surabaya ada angsley yang enak? cakwe surabaya dimana yang enak? selain boncafe, apalagi yang enak? huahahha.. banyak listt nihh..

tempat wisatanya ada yang bagus gak?? pengennya seperti Club bunga di Malang, seperti di Batu, yang bentuknya begitu-begitu ada gak di Suarabaya? seperti di tretes yang gitu-gitu deh... demen sama alam.

kalo oleh-oleh makanan disurabaya yang bisa dibawa pulang dalam bentuk freezeran apa yah?? kepengen bawa pulang makanan gitu...

semoga kali ini sukses ke surabaya dengan segala culinary nya :D

28 comments:

  1. es krim zangrandi
    bakwan kapasari (makan bakwan kasar, usus isi, dan somay nya)
    soto Madura gubeng pojok
    rujak cingur delta plaza
    kupang lontong galaxy mall
    nasi goreng dan burung dara goreng bima
    rawon nguling pasuruan

    yah kan gua jadi ngiler dah... :P

    oleh2 dari Surabaya ya.. paling beli kerupuk udang kali ya? tapi sebenernya di Jakarta juga bisa beli sih. huahahah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks ko buat infonya. asikk.. nambah list lagi nih. :D
      kerupuk udang punya ny siok bukan? kalo iya di jkt juga ada sih.. tapi surabaya pasti lebih murahnya ya..

      mari pulang.. marilah pulang.. mudik ko ke indo biar bisa reuni culinary lagi, pelepas rasa kangen. hehe :P

      Delete
  2. terakhir ke surabaya juga cuma sehari, ga sempet makan dimana2... kalo oleh2, siapapun yang ke surabaya pasti aku minta beliin sambel bu rudi hahahaha... ga tau ya, demen banget ama itu sambel...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh.. enak ya samal bu rudi? belum pernah makan. jadi penasaran. pasti puedessnya polll ya mel..

      jadi kepengen.. thanks infonya mel :)

      Delete
  3. Warung Bu Kris pusat apa yang di jemursari ya Ren? setauku itu yang cabang pertama kali tapi tempatnya kecil sih...aku kenal ama ponakannya Bu Kris, dulu satu kos waktu di sby, jadi kalo ajak dia ke Bu Kris dikasih makan gratis...haha...ntar kalo ke indo mo ngajakin dia lagi ahh...hehe...

    Galaxy emang lebih keren dibanding TP, tapi gw jarang kesitu soalnya jauh dari kos, lebih deket ke TP karena tengah kota. Sekarang udah lupa semua nama2 jalan dan toko di TP n atom, padahal dulu 3 taon kerja di sby udah keliling dari ujung ke ujung naik motor berpanas2 tiap hari, yang inget sekarang cuma daerah kos2an aja, terakhir di sby udah 10 taon lalu.

    angsley itu apa angsle yang temennya ronde? soalnya kok namanya jadi rada bule pake y belakangnya...hehe...semoga sukses ya wiskulnya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. huahaha.. enak banget ya fel. gretong makan di warung bu kris. baik juga tuh ponakan bu kris. iya ntar pulang indo ajak dia lagi. biar gratis lagi. seru mamam yang gratisan soalnya.. huahahha :D

      10 ton yang lalu?? lama banget ya.. mungkin da berubah kali ya sekarang. ayoo.. kapan kamu pulang ke Malangnya? mampir surabaya toh? kangen pasti ya fel mudik ginian yang jauh dari tanah air.. *ceile bahasanya tanah air. hahha*

      iya bener. angsle. mungkin aku nulisnya kebulean, soalnya aku ndak tau nulisnya gimana. taunya makannya tok. haha. aku demen banget sama itu angsle, kemaren di malang sampe bela2in cari bapak jual angsle digerobak. katanya terkenal sak malang. tapi sungguh loh emank enak. ntar kalo mampir malang aku pengen makan angsle lagi sampe puass :D

      thanks fel.. amin, semoga sukses biar ndak penasaran lagi ya :D

      Delete
  4. Hai Ren... wahahahah aku bisa nulis panjang neeh...
    1. Kalo buat nginep, Santika ok. Ada yg baru skrg di jalan jemursari, kalo yg lama kan di pandegiling ya. Pilihan lain, ada Sahid Gunawangsa, dia lg promo soft opening gitu lumayan ada kolam renangnya, kalo Santika kan gak ada. Pilihan lain yg harganya kurleb sama kyk Santika/ Sahid GWS adalah Sutos (Sby Town Square). Enaknya si Sutos ini sebelahnya mall kecil yg isinya makanan semua di situ (namanya sutos jg) dan deket kalo mau ke daerah Sby barat.
    2. GM emang jauh lebih bagus dr TP. Tp skrg ada yg lebih bagusan: Ciputra World. Klo kmu nginep di Sutos, deket buat ke CW. Grand City Mall jg bagus dan baru. 2 mall ini recommended. Tapi emang GM lebih terasa "homey" sih buat aku krn deket sm rmh jd sering banget main ke situ.
    3. Kalo cari yg wisata berbau alam2 gitu di Sby kagak ada, tp kmu bs drive 1-1.5 jam ke Pandaan, di sana ada ICC bagus banget dan banyak rmh makan lesehan (Mang Engking, Parahyangan).
    4. Bu Kris ada bbrp cabang, coba gugling aja. Kalo suka yg bersambal2 gitu, coba juga Nasi Udang Bu Rudy (Dharmahusada) - byk yg bisa dibeli buat oleh2 di sana.
    5. Pasar Atom - wajib itu hahaha. Cakue Udang dan segala makanan babi2an banyak di sana, kue2 juga (coba Jajan Pasar Kartiko).
    6. Bebek - kalo yang enak kayaknya gak ada yg tempatnya bagus pasti panas hahaha... Coba Bebek Palupi di Rungkut - pernah masuk TV.
    7. Angsle - nah yg ini sorry aku gak tau, gak tll doyan soalnya :D

    Tar kalo keinget apa lagi aq tambahin deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh.. thanks banget ya mayo, uda di infoin segini banyaknya. sangat membantu. :D

      katanya nasi udang bu rudi enak ya? aku jadi penasaran. ntar pengen makan disitu. kamu juga uda infoin hotelnya yang strategis. buat jadi bahan pertimbangan :)

      ciputra world kemaren pengen pegi. cuma gak keburu. nginepnya cuma semalem. ntar pengen juga kesitu. katanya bagus ya.
      nah, temenku juga ngasih tau yg pasar atom itu. katanya wajib kesitu. eh, bukanya jam berapa itu pasar? dan tutupnya jam berapa? itu pasar deket mana mayo? maklum lum pernah kesono. tapi pengen kesono. :D

      iya, kalo ada yang penasaran ntar aku juga tanya kamu ya, yang uda stay surabaya. pasti lebih tau dan mantapp infonya :D

      Thanks a lot !!

      Delete
    2. Beresss Ren...feel free aja :) bisa email aja ke: banban81x@yahoo.com

      Pasar Atom tempatnya di daerah Surabaya Utara.
      Jd gambarannya gini: Galaxy Mall itu Sby Timur, Ciputra World itu Sby Barat. TP itu Sby Tengah.
      Kalo Santika Jemur/ Sahid GWS itu Sby Timur.
      Sutos - sdh dekat ke Sby Barat.

      Delete
    3. ok. ntar kita emailan ya mayo :)

      Thanks banget buat infonya ya. kamu uda huapall buanget ya sama kota suroboyo.
      buener2 membantu.. Happy banget nih :D

      Delete
  5. waduh waduh waduh, hahaha. banyak eprtanyaan yg pengen aku jawab nih :D pertama, aku cuma pengen bilang kalo I LOVE GALAXY MOL! hahhaa, soalnya lumayan deket dari rumah dan gak crowded. beda banget kaaaaan ama Tunjungan Plaza alias TP. waduh es campur di TP, TP berapa ya? hahaha soalnya TP ada 4 kan. Cumaaaaan, kalo di TP 3 situ, ada Resto Tunjungan kalo ga salah namanya. jualan berbagai macam makanan khas suroboyo.

    kalo mau kuliner yg murah meriah, bisa coba ke sepanjang Jalan Kalasan (area belakangnya FK Unair). Dari siang ampe malem deh. Disana ada soto madura, bakso, tahu campur, lontong balap, mie ayam. Sepanjang jalan Kalasan ini relatif gampang parkir kok. dari Jalan Kalasan, belok kanan ke Jalan Jolotundo, ada bakso juga dan gado-gado Handayani.

    Pusatnya Bu Kris dimana ya? Aku biasa makan yg di Kayoon sih, klo ga salah sebelahnya pom bensin. Cuma emang rada ribet parkirnya. krn ruko kecil dan jalannya juga kecil.

    di fudkort nya Galaxy Mol juga banyak jualan makanan khas Surabaya. Ada booth yg jual rujak cingur dan es campur, lekker, bubur madura.

    Surabaya emang tempat yg enak buat wisata kuliner. kalo tempat wisatanya sih hampir gak ada ya rasanya yg menarik. mol lagi mol lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mba tika.. Thanks banget ya buat infonya :D sangat berguna. dan jalannya sampe detail uda di infoin, alamat ndak kesasar nih :D seneng e polll...

      Iya, aku juga seneng sama Galaxy Mall. pertama ke TP, rame pisan ya. aku juga kurang betah sama rame2 gitu. enak ya deket rumah, kalo boring tinggal ngacir ke Mall ya mba :P

      TP nya aku lupa TP berapa, tapi kalo ndak salah inget namanya resto tunjungan deh. dia jualannya makanan khas suroboyo gitu..

      oh aku baru inget. katanya ada bu kris yang deket kampus ya? katanya itu enak. tapi lupa jalannya. belum nyobain fudkort nya Galaxy Mall, ntar kapan pengen hunting kesitu juga.

      aihh mba... uda ndak sabar aku dengan segala macam makanan yang uda disebutkan. aku suka rujak cingur. sebagai pelepas rindu, aku suka makan di java kitchen yang di Jakarta. lumayan enak. tapi larang e ampunn.. 30 ribuan sak porsi. :P

      iya sih. mol lagi mol lagi. uda seperti Jakarta ya. tapi Suarabaya ndak terlalu gersang. masih asri banyak pepohanan di jalannya. demen liburan di Surabaya :D

      Delete
  6. aku belum pernah ke Surabaya.. Eh pernah sih, tapi dipinggir kota doang karena lagi "transit" pas lagi ikutan tour dari Bali.

    kayaknya seru ya disana.. huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya be. aku juga baru sekali. ntar kalo kamu pulang indo main ke surabaya. makanannya enak2 katanya. buat ngiler. :P

      iya seruuu... ayoo ayoo pulang... sini... main ke suroboyo :D

      Delete
  7. Sama spt Bebe, aku belum pernah ke Surabaya. Cuma bisa Nelen ludah nih ceritain makanan semua, laparrr :D. Oh ya lapis surabaya tuh kue asli sana bukan ya?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa.. iya kak nella.. katanya wenak ya makanannya.. ayo kak nella juga ikutan pulang, ntar kalo pulang mampir surabaya liburan.

      nah lapis surabaya aku ndak tau asalnya dari mana kak nella. hahhaa.. *kacau* mungkin bisa dari surabaya, mungkin juga ndak. sok misteriuss.. huahaha..
      soalnya ada bika ambon dari medan yang terkenal. tapi asalnya bukan dari ambon, tapi dari medan yang tersohornya. :P

      Delete
  8. xixixixi aku juga belum pernah ke surabaya jadi hehehe aja deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhe.. aku juga baru sekali dea. kalo ada waktu, ayoo liburan, main ke surabaya ya dea :D

      Delete
  9. Gue ada rencana ke Surabaya dalam waktu dekat nih, to attend a wedding. Kebetulan banget mampir ke blog ini! =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai May..
      semoga postingannya bermanfaat ya, kamu bisa wisata kuliner juga disana selain attend a wedding :P
      wahh.. siap2 berkuliner riaaa... :)
      Thanks ya da mampir-mampir :D

      Delete
  10. Aku suka Nasi Campur Tambak Bayan, pasti bawa pulang ke Jakarta lauknya. Enak banget soalnya. Terus di sebelah Nasi Campur Tambak Bayan ada tante-tante yang jual sosis babi, enak banget. Gede-gede. Maknyus lah!

    Terus Bakwan Dempo juga enak. Apalagi yaaa... Kayaknya yang memorable itu. Oh ya Ice Cream Sangradi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga suka nasi campur.. ahh, jadi penasaran nasi campur tembak bayan. pengen coba :D
      oh gitu.. ikut penasaran sama sosis babi nya juga.
      nambah lagi list kuliner aku.. asikk !!

      Ice cream zangrandi di Gading pernah makan. enak sih. apa sama zangrandi gading dengan yang disurabaya?
      thanks banget infonya angela.. uda mantapp nih persiapan culinary nya :D

      Delete
  11. nebeng baca aja dah wakakak..gak pernah kesana sih
    btw kue ultah clarissa pesen di olanos.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa.. iya fel. ndak papa, kan buat persiapan mana tau suatu saat kuliner di surabaya. :D

      btw. aku uda liat blognya olanos itu, aduh sampi sep uda penuh. ya ampyun sampe syok aku. emank dekornya bagus banget.
      dan uda sms ci shinta itu juga. emank slot buat may penuhh.. huhuhu.. telat aku fel :(
      tapi thanks banget info tart nya, buat persiapan b-day nya Matt yang ke 3 *pantangmenyerah& hahayyy ....

      Delete
  12. Kuliner Surabaya memang top ya!! :D Ada juga rawon setan tuh, cuma rasanya pasti ada beberapa orang lain yang lebih jago untuk ngasih rekomendasi deh daripada saya, huahaha :P

    Kalo tempat yang rileks di Surabayanya sih kayaknya susah ya. Kan udah kota gede gitu, di deket laut pula. Kalau Klub Bunga kan di Batu jadi enak gitu ada di gunung suasananya (jadi inget, dulu pas kecil lumayan sering trip sekeluarga ke Klub Bunga, hehehe :D). Sekarang masih oke ya Klub Bunga?? Keren!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Topp abis !! hahhaa
      rawon setan belom pernah makan. mungkin pedes ya, makanya dinamai setan. hahhaha

      Iya susah, mungkin kotanya gede, uda kayak Jakarta. kalo mau rileks emank kudu ke malang. terakhir aku pegi sih masih OK. kolam renangnya gede, pegunungan, dan asri banget. kalo ntar aku ada mampir ke Malang jadi pengen pegi lagi.. hehe

      Iya, emank keren tuh klub bunga ko :D !! ayoo kalo pulang indo, mampir liburan ke klub bunga :P

      Delete
  13. resto bu rudy tu wajib dikunjungi. sambel udangnya dijual dlm toples kecil buat oleh2. selain itu menunya juga enak2. coba empal udangnya, sop iga, bakwan penyet.. semua enak deh di situ.
    di sebelah unair kampus B, deket situ juga, jl airlangga ada resto wapo.

    cobain juga ke daerah ampel kalo suka ato mau coba menu2 macam gule kacang ijo, kambing oven, roti maryam, kebab. ada pasarnya jg.

    bebek, banyak sih di sby, enak2 semua perasaan, haha. deketnya bu rudi jl dharmahusada ada tu bebek hitam sayeki. enak, tp emg tempatnya bukan yg cozy. yg rada ngemol en adem itu terbaru bebek sinjay. itu cabangnya kuliner bebek bangkalan. terkenal banget deh semenjak ada suramadu. cabangnya itu ada di kaza (kapas krampung plaza). sambel mangganya pedes, jadi kalo ga suka pedes ga usah ye. mall-nya juga mall menengah lah, beda sama GM.

    oya, kalo suka seafood bisa makan di d'cost (tp d jkt jg ada). kalo ga di layar resto en bandar djakarta. dua2nya tempatnya enak, ikannya juga fresh.

    kalo mau jln santai aja sih ke kenpark aja, pantai kenjeran baru. walo blm seberapa keurus lumayan lah, bisa liat pantai, makan lontong kupang, sate kerang, ada jagung bakar en degan juga.
    klo yg rada lbh alami, ke wisata mangrove di sby timur. cuma emg panas klo udah siangan. hehe.

    kalo nginepnya di sutos. di pojokan jalan itu ada toserba palapa. di lantai 1-nya ada jual camilan jg, walo ga spesifik. macam keripik2, bakpia, kue lapis (tp yg vacum, gak fresh)..keripik2 pedes bandung ada juga seh #eh. klo pgn praktis or g bnyk waktu skalian aja ksitu, tp yg lbh lengkap emg pasar genteng. beli bandeng presto, kerupuk, ikan kering en petis2annya, siapa tau bs bikin menu2 sby sendiri. :D di jalan skitar sutos situ banyak banget makanan enak, selain di mallnya sendiri. ada bakso rindu malam. yg langgananq ada coto makassar ala maya. setelah bbrp kali pindah, skrg di ruko agak sepi sih, rasa tetep oke.

    bnyk banget di sby tu. mending buka openrice.com area sby. lmyn bnyk review makanan di situ.

    ReplyDelete
  14. Bagi yang suka babi"an ada tuh bakwan babi di super market nama super marketnya "Hokky" letaknya di jalan Panglima sudirman (surabaya pusat) dan "Hokky" di jalan boulevard (Surabaya barat) dijamin enak nih bakwan babinya,ada pun makanan babi"an seperti nasi babi,nasi campur bisa melayani pesan antar melalui BB 75DF45BA - 22B4AA88 dan tlp 08813537810 /081331919142 pin BB dan no tlp ini adalah supplier dari bakwan babi "Hokky"

    ReplyDelete