Thursday, April 18, 2013

Anggrek di bulan April.

Bulannya anggrek :P ( menurutku sih.. karena lagi ngerasain anggrek yang sedang berbunga :P )

Happy banget ya, dibulan april ini. serasa sedang musim anggrek. dimana hobbyku yang seneng pelihara anggrek, rasanya bulan ini terasa lebih spesial. karena kali ini yang ngembang bunganya lebih langka, biasanya selalu ungu dan ada beberapa bunga yang rasanya itu-itu aja berbunga.. ( tapi ungu tak sembarang ungu loh.. aneka ragam motifnya

Dan seneng sih sudah beberapa yang bermekaran, dan beberapa yang masih kuntum, bahkan ada yang masih bakal cikal daun. masih seperti tunas.
kalau begini, berarti bakal cikal bunga, tapi prosesnya masih lama menuju bunga. bisa dua mingguan sepertinya
kalau seperti ini beberapa hari lagi akan berbunga 
Tentang tunas
sebenernya anggrek ini sudah hampir mati, malah bisa dibilang mati. karena tidak punya daun, dan batangnya sudah mengering. ntah kenapa aku sayang untuk membuangnya. lalu aku pindahkan pot ini ke kerangkeng bagian bawah, supaya tidak terlalu nyentrong mataharinya. berharap bisa hidup kembali.

aneh bin ajaib, ternyata bener loh,, anggreknya bisa hidup kembali. jadi kalau kamu punya anggrek sudah hampir mati sebaiknya jangan dibuang dulu, coba dipertahankan dan dirawat lebih intensive. semoga hasilnya bisa ok. dan anggreknya bisa hidup lagi.. senengnyaa ya kalau yang mau dibuang, akhirnya gak jadi kebuang :)

nih sempet fotoin anggrekku yang uda mulai menunjukkan tunas dan bakal jadi daun ntar lagi

tampak sudah ada kehidupan :)
yang dibawah ini juga hampir mati, tapi bisa tumbuh kembali. seperti mujizat lohh. :D


sebelumnya pengen ngasih tau koleksi anggrekku yang sedang berbunga di bulan april.

Anggrek ungu Muda.


anggrek ini identik dengan ungu yaa.. maksudnya kebanyakan bunganya warna ungu. tapi tetep bagus aja gitu kalau ngembang. karena termasuk sangat sulit melihara anggrek. ya susah susah gampang lah.. jadi kalau berbunga rasanya woww gitu.. *lebay* hehehe

Anggrek ungu tua

foto diatas si ungu tua pernah ngembang sebegitu banyaknya ya.. gemess liatnya :D

tapi kali ini yang ngembang, satu pot bunganya sedikit. tetepp aja seneng ya dari pada gak ngembang sama sekali. setidaknya bisa menghapus kerinduanku untuk melihat bunga ini lagi.


Anggrek putih ungu mahkota memanjang

sebenernya bunga ini sih bagus banget ya buat yang jarang ngeliat. dan aslinya emank bagus sih. putih, type bunganya lebih memanjang. dan ruas bunganya lebih slim. putihnya juga bagus. karena aku sering banget ngeliatnya jadi rasa bosan. haha... tapi sungguh lohh ini aslinya bagus banget.. dan sangat subur. dalam satu tangkai. banyak kembangnya.

tapi difoto yang ini ngembangnya tinggal dikit sih, karena sebelumnya uda ngembang dalam satu pot ini ada 3 tangkai, 2 tangkai yang kembangnya panjang uda keburu layu, tapi gak sempet jepret, sisa deh tinggal satu tangkai tapi kembangnya dikit. ya gpp lah ya di abadikan, dari pada tidak. :P

Anggrek ungu liris-liris
aku punya dua macem ungu liris-liris. ungu Muda liris bentuk mahkota memanjang, dan ungu tua liris bentuk mahkota bulat.
yang ini juga termasuk sering ngembang, setahun bisa beberapa kali. kalau ungu muda liris dikasih sama mama mertuaku, sedangkan ungu tua liris aku belinya dua tahun yang lalu kalau gak salah ditoko bunga anggrek langgananku.

dan sekarang dua-duanya berbunga. penampakannya sebagai berikut :)

anggrek ungu tua liris

Anggrek ungu muda liris

Anggrek Kuning - ungu muda
sangkin mudanya si ungu ditengah itu sampe gak keliatan ya..
Ini salah satu anggrek yang lumayan langka loh ngembangnya ( dalam arti khusus tanamanku ya, bukan diluaran sana ) tapi kali ini ngembang.. mayan banyak lagi bunganya. seneng banget, jadi gak ungu-ungu melulu. kan bosen yaaa... bentuk kelopak bunganya juga beda. aku lumayan seneng sama bunga ini.

anggrek kuning - Maroon

Ntah kenapa, bunga ini gak bisa banyak ngembangnya. dalam satu tangkai cuma bisa ngembang 5 - 10 biji bunganya. typenya pendek gitu. nah kalau ada anggrek yang mulai nunjukkan kuntum bunganya, kalau cuma dikit aku  mulai bisa nebak, pasti bunga yang ini rada aneh. 

jadi karena langka aku suka sekali sama bunga ini, lumayan lah buat nambah warna warni dan ganti suasana halaman rumah.

anggrek kuning muda - ungu liris

ini juga langka, dan seumur-umur baru kali ini aku ngeliat bunga ini ngembang. dibilang kuning juga gak, tapi dibilang putih juga gak. bingung kan? hehe.. karena warnanya gak jelas gitu, baiklah aku sebut saja si kuning muda. bagus banget ini bunga aslinya. ditengahnya ada liris ungu gitu kalau kita liat detailnya. dan bungu ini tetepp tak bisa kembang banyak, cuma beberapa doank. paling juga 5 atau 6 biji. tapi seneng sih, karena gak pernah liat bunga ini sebelumnya, jadinya ngerasa suksess gitu merawat sampai berbunga. rasanya seperti ada kepuasan tersendiri. :D

Anggrek kuning - ungu blurr

nah anggrek ini salah satu anggrek kesenanganku, bentuknya sangat manis dan mini, sama seperti anggrek yang lain bunganya gak bisa banyak. tapi bagus banget lohh bentuknya..

tapi sedih juga nih.. aku lagii nunggu salah satu anggrek yang tak kunjung berbunga lagi. ud aagak lama. terakhir taun lalu.anggreknya bulet perpaduan ungu dan putih. aku ambil gambar ini dari blog ku yang sudah pernah ku posting. kangen sama anggrek ini, mudah-mudahn bisa berbunga lagi ya..
aku rindu bunga inii............. :(
Tips merawat anggrek.

Memelihara anggrek ini termasuk susah-susah gampang. panasnya mesti pas. kalau tempat yang terlalu panas, biasanya kita suka taruh jerami atau apa ya namanya pokoknya seperti jaring-jaring item gitu.

dan anggrek ini termasuk tipikal yang susah susah gampang dalam berbunga. banyak yang melihara anggrek suka gak berbunga. untunglah aku termasuk tipikal yang cocok memelihara anggrek. mungkin cuacanya juga pas, rumahku menghadap matahari pagi rasanya cukup mempengaruhi pertumbuhan anggrekku.

setiap minggu aku selalu memberi dua jenis pupuk. pupuk bunga dan pupuk daun. pupuk bunga supaya rajin berbunga, dan pupuk daun supaya daunnya tetap hijau dan gemuk.

setiap sebulan sekali terkadang dua bulan sekali tergantung kondisi, aku selalu membongkar anggrekku. karena akarnya suka dimakan oleh semut, bahkan jadi sarangnya semut. ntahlah daerah rumahku termasuk daerah panen semut. bukan hanya dianggrek, tapi dalam rumah juga. pusing kan ya... jadi aku harus membongkarnya dan merendam arang dan pakis beserta akar anggreknya, kemudian disusun kembali kedalam pot.

Dalam penyiraman juga cukup mempengaruhi. anggrek itu tidak boleh terlalu basah dan tidak boleh terlalu kering. jadi airnya juga kudu pas. sekarang daerahku panasnya lagi poll. jadi sehari aku nyiram 2x. pagi dan sore. itupun airnya dibanyakin, dan nyiramnya mesti daunnya dan akarnya. kalau airnya terlalu sedikit takutnya gersang dan mati. kalo kebanyakan takutnya akarnya membusuk.wahh repot yaa..

Kelebihan dan kelemahan si anggrek
aku suka anggrek karena bunganya bagus, langka. dan terlebih kalau ngembang ini sekali ngembang bunganya bisa tahan berbulan-bulan. anggrek adalah tanaman yang unik, tidak hidup ditanah, ada sih beberapa yang hidup ditanah, orang menyebutnya anggrek tanah yang bunganya seperi kuning macan. tapi aku gak melihara itu.langka juga orang yang memeliharanya. hehe aku meihara anggrek yang hidup di arang dan pakis. pot nya biasanya dari tanah liat.jadi karena anggrek tak mmenggunakan tanah, aku merasa unik untuk memeliharanya.

kelemahannya, anggrek ini susah banget berbunga. ada yang bertahun-tahun juga gak kunjung berbunga. ngeselin kan??? hehehe.. tapi sekali berbunga bisa berbulan-bulan. makanya mesti telaten ngerawat si anggrek ini. mesti disiram, dipupuk, disayang-sayang. nyiiramnya, ngerawatnya kudu dengan hati yang gembira supaya anggreknya rajin ngembang. *mulai ngawur tipsnya :P *hahhaa

Aku sekarang melihara 30 pot anggrek, dan dalam 30 pot ini anggrekku selalu berkembang silih berganti. jadi gak pernah putus bunga, ya meskipun dibulan tertentu gak banyak yang ngembang, tapi selalu ada aja yang ngembang, dan kenapa postingan di april spesial?? karena di april ini anggrekku banyak yang berbunga terlebih jenis bunga yang aneh-aneh buatku.

semoga lain kali tidak hanya di april saja ya ngembangnya banyak, setiap bulan ngembang, panen dan banyak berbunga.. *diaminkan ya* :)

Btw, nama-nama bunga diatas buatanku, kalo cari ke toko bunga tak ada nama itu karena aku gak tau jenis-jenis anggrek. taunya cuma merawatnya saja. jadi nama-nama bunga nya harap diabaikan saja ya :P
Smile..

Postingan ini juga aku ikut sertakan pada GA nya si angel mana tau dapet koleksi pororo buat si Matt. hehehe.. Aminn !!



























25 comments:

  1. Hahaha, pas juga ya. Disini juga sudah mulai masuk musim semi jadi mulai banyak bunga-bunga bermekaran gitu deh :D . Btw, anggreknya keren-keren ya! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ko, bisa pas ya.. :D
      seneng ya disana musim semi. bisa liat bunga bermekaran. kotanya jadi cantikk ya !!

      Thanks ko :)

      Delete
  2. Anggreknya cantik2 banget Ren... Pinter ngerawatnya niiiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks be..
      gak ada gawe aja dirumah. buat ngisi waktu luang be :)

      Delete
  3. wah anggreknya banyak ya... bagus2.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ko, soalnya kalau uda ada anaknya suka dipindahin ke pot lain, jadi beranak pinak :P

      Thanks ko arman :)

      Delete
  4. Wah Ren, bagus-bagus nih anggreknya. Passs... banget, kemaren-kemaren itu aku lagi pengen banget beli anggrek. Udah sempet cari-cari cara ngerawatnya segala. Katanya kalo nyiram pake es batu aja ditaro diatasnya ya?? Kamu ngasih namanya kreatif banget deh, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi candela..
      thanks ya.
      wahh pas banget nih. mudah2an terealisasi ya pelihara anggreknya. :D
      kalau pakai es batu aku pernah denger sih, tapi gak pernah nyoba. kalau ndak salah es itu untuk meransang pertumbuhan bunga baru. dan katanya ndak boleh sering sih. sebulan sekali aja. sebaiknya disiram dengan air mengalir saja. CMIIW ya..

      hehe.. iya nih iseng candela, soale ndak tau namanya. tau nanam e tok.. jadi buat nama sendiri hahhaa.. gak ada gawe :P

      Delete
  5. waaaaaa beautiful yaa mbak bunga anggrek nya ..
    kalo udah tau gini jadi pengen punya bunga anggrek sendiri di rumah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks dea :)
      wahh... ayo ayo pelihara anggrek.. seneng lohh bisa bunga. bunganya awet dea bisa berbulan-bulan. :P

      Delete
    2. iya mbak pengen nya sih gtu ..
      tapi disini jarang banget yang jual benih anggrek,.
      terus siapa yang mau ngerawat nya xixix aku kan acuhan gtu :D

      Delete
    3. iya sih.. sebenernya dea seneng bunga ya. coba aja dimulai dari melihara yang gampang dea. yang gak usah dipelihara sampai terlalu intensive. :D

      Delete
  6. waaahh..bagus banget anggreknya..coba bisa dikirim ke sini yaa... :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks mba laura..
      keburu layu sampe disana ya mba. hehe.. yauda, diabadikan difoto aja deh :P

      Delete
  7. Ren semua koleksi anggrekmu bagus2, warnya juga ada yg unik :).
    Aku baru tau tunas bakal daun bisa numbuh dibagian atas, lucu lihatnya.
    Sampai sekarang aku masih berjuang menumbuhkan bubga2 oada anggrek ku. Minggi lalu aku beli media tanam yg baru mahal deh :( kemasan 2, 5 L hrgnya klo dirupiahkan rp.90.000 ga apa2 deh demi si anggrek.. saat ini aku punya 3 anggrek, yg satu anaknya, trus ada 1 anak lg blm ku pisahkan, mau tunggu agak besar dulu.

    Lo di Jerman, anggrek jadi tanaman rumah, klo taruh luar dingin, kecuali mungkin pas summer bisa ya diluar. Oh ya kita bisa ga sih bikin sendiri mefia tanam anggrek? Klo beli mahal :(.
    Ekrang aku tahu kenapa anggrek hrhnya muahal, 1. Susah merawatnya, butuh perhatian 2. Media tanam mahal, 3. Pupuknya mahal. Pastinya sebandibg lah klo anggreknya berhasil berbunga.

    Aku naksir banget liat anggrek biru tua, tp ga naksir lihat hrgnya dirupiahkan rp. 380.000. Berharap ada diskonan hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi kak nella.
      iya kali ini ngembangnya yang langka2 kak, yang unik :)
      iya bisa dari atas. aku pikir makah udah mati. anggrek kalau bagian atas ntar berakar, itu bisa dijadikan anaknya kak, ntar kalo akarnya sudah kuat dan banyak, bisa dipotong, dipisah dari induknya.
      media tana, anggrek apa ya kak? adohh aku payah ya.. gak tau bahasa kerennya. semacam apa bentuknya?
      iya mungkin dijerman ada musim dingin ya. anggrek juga kalo panasnya gak pas sulit bunga. coba aja di pupukin kak.

      emank bener nih.. itu salah satu alasan kenapa anggrek mahal. sulit, karena angrrek salah satu tanaman yang rewel.

      hmm.. anggrek biru tua? aku belum pernah liat. kebanyakan ungu. ayoo cepetan diskon, biar kak nella nanem, abis itu ngembang diposting deh. biar aku bisa liat, menghapus rasa penasaranku :D

      Delete
  8. Wiiiih... Keren-keren! Salut bisa ngerawat Anggrek sampe berbunga gitu! Dulu mamaku pernah sempet kena demam Anggrek, beli banyak Anggrek. Tapi terus udahannya mati satu per satu, tapi emang nggak dirawat kaya kamu gitu sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks gel. iya karena gak punya gawe nih dirumah. hmm.. ada sih namanya anggrek bulan. itu emank susah banget ngerawatnya. dan aku juga gak bisa. aku pernah pelihara anggrek bulan, ujungnya mati juga. bener2 susah.. hehehe

      Delete
  9. hah gile niat banget....tapi bagus banget ren anggrek2nya jadi mupeng hu....
    dirumah adanya kamboja jepang sama kamboja biasa bunganya pink kinclong dl sempet ada yg kuning tapi susah berbunga jd tebang aja wakakaka...kamboja gampang sih gak neko2 piaranya haha...
    pengen anggrek tapi takut mati trus ribet ngurus kayanya yah...itu asal muasalnya beli dulu yah sama tukang jualan taneman? paling suka yg anggrek ungu tua trus putih ungu mahkota memanjang soalnya kaya meronce gitu menjuntai hahaha pas berbunga

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhe.. thanks fel :)
      kamboja bongsai jaman dulu tahun 2000an awal, kan lagi heboh2nya tuh.. mahal pisan itu kembang ya. masih inget sampe ratusan ribu. hahaha..

      gak fel, asal muasalnya dikasih sama mama mertua. anggrek mama mertuaku ada 300 pot loh. *Percaya gak percaya* tapi bukan dijual ya, dipiara sendiri.hehe.. pertamanya aku dikasih sama mama, abis itu aku piara, nah ada beberapa yang beli di tukang kembang, biasa laper mata. hehe.. ada 3 pot kayaknya. sisanya dari mama mertuaku.

      Iya, yang anggrek putih mahkota itu baguss aslinya. ungu tua kalau bunganya banyak kayak diatas bagus banget. aku juga sukaa.. hihihi..

      Delete
  10. cantik sekali anggrek2nya, pasti orang yg memeliharanya telaten dalam memberikan nutrisinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you ya :)
      seminggu sekali dikasih pupuk bunga dan pupuk daun :)

      Delete
  11. Hebat lho Ren bisa jadi cantik2 anggreknya, katanya kan kalo berkebun itu cocok2an...mesti bertangan dingin baru bisa jadi cantik :)
    Aku mo melihara lidah buaya aja suka lupa nyiramin, yang ada mati. Ntar ribet ditaruh mana, kalo summer kepanasan, kalo winter dalam rumah trus...hehe...ga bakat berkebun :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. aku pernah denger sih tentang tangan dingin, dan cocok2an. mudah2an bisa cocok terus ya. soalnya aku suka bunga :)

      iya nih, diluar kan 4 musim. jadi bener2 ribet ya melihara bunga. kalo winter kudu dimasukin. jadi keluar masuk gitu. rada repot ya fel. ^^
      sebenernya beruntung ya sama cuaca di indo. kadang gak dipelihara aja, dibiarkan gitu bisa idup. hehe

      Delete
  12. yetty triana tariganAugust 8, 2013 at 1:44 PM

    salam kenal mb Renny tania. anggreknya semarak ya. sama, saya jg suka bgt dgn yg namanya anggrek. gak bosan2 jongkok di pekarangan hanya untuk liatin anggrek yg tunas,kuncup maupun mekar. klo awal bulan april byk yg mekar. krn pergantian musim. senang membaca blog anda. jadi makin semangat merawat dan memelihara anggrek:) GBU

    ReplyDelete