Tuesday, April 3, 2012

11 Month Old baby matt ( 01 April 2012 ) - Matt bernyanyi :-D

Matt sudah besar mommy... :D


01 April 2012
11 Bulan usia Matt sekarang, bulan depan matt dapat julukan baru di ulang bulannya. genap 1 may 2012, mommy akan menyebutnya Happy Birthday !!!... ayoo sekarang kita telusuri perkembangan usia matt memasuki 11 bulan :D

Teeth
Gigi Matt masih 6 buah. belum bertambah, tapi mungkin bulan ini bisa bertambah, rasanya gusi matt mulai gatal, dan nafsu makannya mulai berkurang.. hmm,, tapi itu bukan menjadi masalah besar yang harus dikhawatirkan, itu hanya berlangsung beberapa hari, setelah itu keadaan akan kembali normal, dan nafsu makannya tentu akan kembali juga :D berharap.com :))))





Food
Masih sama seperti bulan lalu, matt masih makan bubur, cuma sudah mengarah bubur kental, jumlah airnya sudah saya kurangi, sekitar 30 cc. saya berencana sekitar 15 hari kedepan akan menaikkan tekstur makannya menjadi nasi lembek. agar matt bisa belajar untuk naik tekstur ke nasi biasa :) mudah-mudahan berhasil dan berjalan lancar jaya :D

menu makanannya masih sama, matt masih giat dan gencar makan ikan-ikanan yang mengandung omega-3, tetapi kali ini saya sudah menyelipkan beef ( daging khas dalam ) dan Belut ( Unagi ) untuk lauk nya. mestinya beef nya rencana saya akan memberikan genap usianya 12 bulan, tapi mommy nya uda gak sabar, jadi saya mencoba sekali saja terlebih dahulu, melihat tingkat alergi matt, pup dan sebagainya. ternyata responnya sangat baik, dan semua aman. jadi saya lanjutkan.

saya juga menyelipkan sup kacang merah di sela breakfast nya ataupun makan siang nya sebagai pengganti soup nya. rasanya matt sangat suka sekali. dan sekarang sup daging kacang merah menjadi salah satu favourite matt :)

Bulan ini, kebetulan saya mendapatkan alpukat mentega dengan kwalitas yang baik, jadi 2-3 hari sekali saya memberikan matt alpukat sebagai buah breakfast nya atau pun sebagai buah selingan di sore hari :)

berbagi sedikit informasi, alpukat adalah buah yang aman, memiliki kandungan gizi dan lemak yang tinggi.kabar baiknya lemak yang dikandung pada alpukat berasal dari lemak baik, oleh karena itu tidak mengandung kolesterol. alpukat juga memiliki vitamin dan mineral yang cukup komplit.

kandungan nutrisi alpukat dapat memenuhi kebutuhan bayi. setidaknya memiliki 11 Vitamin dan 14 mineral. antara lain vitamin A, vitamin B2, B3, B6, vitamin C,vitamin E, mineral kalium, zat besi, sodium. forfor, mangan, asam folat. serat lelulosa dan potasium.

lemak nabati pada  alpukat sangat baik untuk tubuh, ini dapat memenuhi kebutuhan lemak bayi tanpa khawatir kegemukan. :))

Nah sekarang kita beralih ke makanannya matt, porsi makan matt sudah upgrade dari 3 sendok  menjadi 3,5 sendok makan beras. sekarang setiap harinya habis di santap :) so far saya masih membutuhkan slow cooker untuk memasak makanannya :) slowcooker merupakan benda ajaib yang membantu saya untuk memasak makanan matt menjadi mudah dan praktis :D

Camilan Or snack
So far camilan or snack matt masih  Oatmeal Banana cookies and fruit pudding. dan 2 jenis snack ini merupakan snack favourite nya matt. khusus pudding saya selalu memasaknya di weekend atau akhir pekan, biasanya saya membawa pudding ke mall, atau restaurant ditempat kami lunch or dinner. kenapa saya membuatnya setiap akhir pekan?? karena saya ingin ada sesuatu yang beda untuk matt, mengenalkan hari yang special dengan cara yang sederhana :) sehingga matt bisa membedakan weekend dan weekday nantinya :P jadi setiap weekend saya selalu memasak menu khusus dan berbeda di hari weekday dengan sedikit lebih special :)

Skill
kemampuan secara verbal maupun non verbal sudah mulai bertambah, sekarang matt sedang giat-giatnya berceloteh, dan rasa ingin tau nya pun semakin tinggi. terkadang membuat saya sedikit kewalahan :P
apa saja yang sudah bisa dilakukan matt??? saya mencoba membongkar memory ingatan saya, dan menceritakan secara detail kepada anda :)

* Matt sudah bisa menyisipkan kata ketika bernyanyi cicak- cicak di dinding
terlalu hyperbola atau melebih-lebihkan jika saya mengatakan matt bisa menghafal seluruh lirik lagu ini. tetapi matt hanya cukup menghafal satu kata dari lagu ini yaitu " HAPPP " 
terlalu simple kedengarannya, tetapi buat saya sangat menarik. saya mengajarkannya cukup beberapa kali, ketika itu saya bernyanyi dan memperagakan gerakan " HAPP " kelamaan dia pun bisa mengikuti saya ketika saya bernyanyi :D

* Matt sudah bisa mempraktekkan gaya " PUSINGGGG " :P
hahhaha.. lucu kelihatannya ketika matt mempraktekkan gaya yang satu ini. mimik dan ekspresi pun menunjukkan kalau dia benar-benar seperti orang yang sedang pusing. kedua Tangannya diletakkan dia kiri kanan kepalanya, kepalanya sambil di turunkan sedikit memiring kesamping sekitar 45 derajat :D

pusingggg mommyy !!!!!!

* " ADUHHHH " Dia Pasti mengekpresikan bibirnya seperti sedang mencium anda !!!
sebenarnya untuk belajar hal ini merupakan satu bentuk ketidaksengajaan. ketika itu dia mengekspresikan diri seperti sedang mencium, lalu tidak sengaja saya mengucapkan kata aduhhh !!!! seolah-olah saya terhanyut dalam ciumannya. dia pun melakukan gerakan itu berkali-kali, tetapi berkali-kali jugalah saya mengucapkan kata aduhhh!!!  

saya menyadarinya beberapa hari yang lalu, ketika saya mengatakan kata " Aduhh " untuk hal yang lain, dia malah melakukan gerakan seperti mencium anda.  jadi saya baru sadar kalau saya mengatakan kata aduh.. !!! dia pasti melakukan gerakan itu :P  ala bisa karena biasa.. mungkin sudah biasa dan hampir setiap hari saya mengulangi kata itu, dan dia juga terbiasa melakukan gerakan itu :P

*Hallo... Hallo Matthew !!!!! 
Ya, gerakan ini sudah terbiasa dilakukannya. dia seolah-olah seperti memegang gagang telepon dan mau menelepon anda menggunakan tangan kanannya yang diletakkan diatas telinga. dia sudah mahir melakukan gerakan ini, dan hafal otomatis ketika kita mengatakan " Hallo... hallo matthew.. !!!! 

* Matt sudah berani berdiri Lepas Tangan .. Yeayyyyy !!!!!
ya ini lah hal yang ditunggu-tunggu. berdiri berpegangan rasanya sudah biasa, kita selalu menunggu moment bagaimana dia bisa melepaskkan alat bantunya, atau melepaskan kedua tangannya. beberapa lama berselang,matt akhirnya sudah bisa berdiri lepas tangan di tempat yang empuk, seperti kasur or playmat. tapi kali ini, beberapa hari yang lalu dia sudah berani lepas tangan dengan berdiri di dasar ubin, yang permukaannya keras.. yeayy !! kali ini kamu sudah berhasil matt... tetap semangat ya sayang :))

matt sudah bisa berdiri lepas tangan

* Matt sudah bisa berjalan sambil mendorong benda .. :D
kegiatan ini baru saja terjadi dalam 2 hari ini. matt sudah bisa berdiri dan berjalan sambil mendorong benda. tetapi dia belum bisa berjalan lepas tangan seperti kita orang dewasa. tapi ini sudah menunjukkan respon yang baik, matt sudah memiliki ketertarikan untuk berjalan, saya tinggal mengasahnya dan mengajaknya tatih-tatih berjalan :)

*Bye-bye
gerakan ini sudah biasa dilakukannya ketika dia bye-bye, ingin berpisah kepada orang yang dia lihat :)

* Nenen.. nenennn " aku Mau itu.. !!!!!
hahhhaa.. untuk hal ini sangat lucu sekali... dalam beberapa hari ini dia selalu memanggil kata nenen-nenen untuk setiap hal yang dia lihat dan inginkan. misalnya dia ingin ke suatu tempat, dia menunjukkan tempat itu, sambil menyebut kata nenen-nenen. jika tidak kita menggubris dia akan mengucapkannya lebih kuat dan kencang sampai kita mengantarnya ketempat itu :)

* Matt takut kepada orang yang jauh lebih besar darinya dan takut kepada orang yang memiliki face yang aneh :P
sebut saja Badut, atau boneka raksasa yang selalu ada di Mall  ketika sedang pameran, atau robot cartoon sepeerti transformers. dia akan nangis histeris ketakutan ketika melihat hal itu, sambil ingin menyelamatkan diri dengan memeluk saya. :P

* Matt sudah mengerti bagaimana menyelamatkan dirinya :P
Ini dalam bentuk permainan. saya meletakkan matt kedalam baby box. dan seperti biasa matt selalu berdiri sambil memegangi pagar baby box tersebut. kemudia saya membuat mimik yang lumayan mengerikan seolah-olah saya ingin menangkapnya. dan apa yang terjadi?? Dia bisa menyelamatkan dirinya. dia segera berlari dengan cepat ketempat yang lain, yang jauh dari jangkauan saya. kemudian saya mendatangi tempat itu kembali, dan matt berbalik arah untuk segera menjauhi saya :PP seru !!! adegan ini dia akan tertawa geli dan terbahak-bahak. dia tidak mau kalau saya bisa menangkapnya :P

* Matt tahu bagaimana cara memainkan mainannya :D
Beberapa mainannya membutuhkan keahlian tersendiri, bukan sekedar  dipegang dilempar atau dibanting. tetapi beberapa mainan matt memiliki musik. dia harus bisa menekan tombol ketika dia mau mendengarkan musiknya. matt bisa dan tahu persis dimana letak tombol itu, setiap alat main dengan setiap toombol yang berbeda. dia mengerti dan bisa melakukannya. dia juga bisa memutar mainannya. tahu persis bagian mana yang harus  diputar dan dimainkan. sekarang rasanya dia jauh lebih mengerti. saya bahagia, ternyata matt sudah tambah besar :D

Diatas beberapa contoh hal-hal yang biasa dia lakukan dalam kehidupan sehari-harinya. matt semakin pintar  dalam segala hal, dia mulai berceloteh, mengembangkan setiap bahasanya, melakukan gerakan step by step sesuai anak usianya. saya sangat bahagia dia tumbuh menjadi bayi yang sehat dan pintar :)

matt sudah bisa memainkan mainannya. dia tau tombol mana yang harus ditekan sehingga dapat mengeluarkan musik  :P

Matt sudah bisa menambah Bahasa baru Mommy !!!
ya matt sekarang sudah mengeksplore, dan kata-kata yang sudah terucap dari bibir mungilnya, menambah koleksi baru dalam kumpulan bahasanya.
dia sudah bisa mengucapkan :

Nenen nenen nenen

daddy daddy daddy

yeye yeye yeye

mamam mamam mamam


Happ

mana mana mana

Berat matt saat usianya 10,5 bulan adalah 9700 Gram :)

okayyy !!!! sekarang mommy semakin penasaran dengan tumbuh kembangmu matt !!!! mommy tak sabar, hal-hal baru apa yang mau matt tunjukkan pada mommy ...



ayooo matt .. ekspresikan dirimu.. kamu tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas dan pintar ya.. happy 11 month Old Baby matt... My Lil Prince

With love,

god Bless :)