Thursday, April 19, 2012

Ketika Matt memaksa ingin " sesuatu "

Sesuai perkembangan matt sekarang, Matt bukanlah matt yang dulu hanya tidur berbaring, melihat kita melakukan sesuatu, tidur sesuai jadwal tidurnya, dan sibuk melakukan aksi tengkurepnya.

kali ini matt sungguh sudah berbeda, dia sudah tumbuh besar bukan hanya gerakan fisiknya yang berkembang pesat, tapi gerakan psikis nya juga ikut berkembang kritis.

Matt sudah tahu apa yang dia mau, dia sudah mengerti dan memaksa kita untuk memberikan apa yang dia mau. jika kita tidak memberikannya dia akan ingat, dan menangis, merengek, memaksa kita untuk memberikannya. apalagi ketika anda mencoba mengalihkan sesuatu yang dia mau, tak segampang yang anda kira !! dia akan ingat, dan akan menangis lebih keras ketika anda mencoba melakukan hal itu.

Ya, baru saya sadari matt sudah tumbuh pesat, dia bukan bayi mungil yang hanya " iya-iya " saja ketika anda memberikan sesuatu. dia sudah bisa merespon perkataan anda. dia sudah bisa mencoba mengutarakan apa yang dia mau baik dengan jemarinya menunjukkan sesuatu yang dia mau, atau pun dengan bahasa verbal. dia coba berkata-kata. meskipun masih belepotan, tapi dia sudah ada respon yang baik, dia mulai berbicara pada anda apa yang dia inginkan  :)

Matt sekarang begitu kritis, perkembangannya begitu pesat, terkadang mmembuat saya memutar otak bagaimana menghadapinya dengan baik, mengajarinya arti kedisiplinan, tetap menyayanginya dengan cinta kasih, tetapi tidak untuk dimanja. 

ketika dimalam hari sesuai dengan kebiasaan, kami selalu makan buah. hari itu matt tidak bisa tidur cepat, saya menitipkan matt kepada daddy sejenak, karena saya ingin ke toilet. seketika daddy memberikan matt melon. dan mencicipi nya. matt sangat ketagihan. mau lagi dan mau lagi.

saya memberikannya beberapa kali, dan setelah itu saya men-stop nya. apa yang terjadi, dia menangis histeris, menunjuk ke arah melon itu, sambil berceloteh tak jelas, mungkin yang dimaksud dia mau lagi !!!

aku tetap pada pendirianku, untuk menyetopnya.aku berusaha mengalihkan sesuatu, dia tetap ingat, dia menangis dan tetap menunjuk melon itu. wahh... membuat saya kewalahan apa yang harus saya lakukan??

saya berusaha menjelaskannya. saya berbicara 4 mata kepadanya. saya katakan padanya " MOmmy pasti kasih matt melon besok pagi sebagai menu breakfast ya.. And Now, Time to  sleep. Bsok kita breakfast enak. " sambil berkata seperti itu saya mencoba menghiburnya membuat suatu permainan "

tak lama nangisnya berhenti, dan saya mencoba mengajaknya untuk tidur. dan tak lama matt pun ketiduran dengan lelapnya.

esok harinya, sesuai dengan janji saya, saya memberikan menu breakfast oatmeal Melon. dia makan dengan lahap sampai habis. ternyata buah favorite nya sekarang adalah melon. dia sangat suka sekali :P

saya mencoba memberikan penjelasan, pengertian kepada matt, dari pada saya harus marah-marah untuk menyetop nya. saya merasa matt juga mengerti apa yang saya jelaskan, dia mengerti, meskipun belum lancar berbicara,

Hindari " amarah " anda, karena akan membuat bayi anda semakin tertekan, dan keras kepala. coba berikan pengertian kepada bayi  anda, dan mengajaknya berbicara seperti seorang sahabat.

Karena tanpa kita sadari, 0-2 tahun adalah pembentukan karakter yang sangat pesat. anak anda tumbuh sesuai kehidupan sekelilingnya. anda hidup dengan damai dan tentram, otomatis baby anda juga tumbuh tidak dalam " ke-stress-an"

With Love,

God Bless :)

No comments:

Post a Comment