Wednesday, April 4, 2012

Belajar mandiri - Matt sudah bisa minum sendiri :)

botol minum favorite matt :)

Pada dasarnya saya ingin mengajarkan matt untuk hidup mandiri sejak dini. saya memulainya dari hal yang sangat sederhana yaitu saya mengajarinya bagaimana cara minum sendiri tanpa bantuan orang lain.

menginjak usianya 8-bulanan saya mulai mengajarinya bagaimana memegang minumannya sendiri, tanpa harus saya yang memegang. awalnya agak sulit untuknya, tetapi sekarang menjadi kebiasaannya. saya selalu mengatakan " Hold Your self " jadi, setiap dia minum, saya katakan hal itu padanya dia langsung mengerti, dan memegang minumannya sendiri :)








ketika usianya menginjak 10 bulanan. saya mulai mengajarinya bagaimana membuka tutup minum, meminumnya, hingga menutup kembali tempat minumnya. dan dia berhasil melakukannya. sekarang matt sudah bisa melakukannya sendiri, terkadang masih  butuh bantuan saya.kalau dia melakukannya sendiri, saya tetap mengawasinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan :)

matt sedang belajar mommy :)

Untuk hal-hal yang sangat sederhana, saya selalu mengajarinya dari awal. dia sudah berhasil memegang makanannya sendiri, biskuit yang hendak dimakan, dia berhasil minum sendiri, ketika dia pup saya tidak perlu memeganginya, karena dia bisa duduk diam dan bermain dengan training toiletnya sendiri. jika sudah selesai dia akan memanggil saya dengan caranya. dia mulai gelisah, dan beranjak dari training toiletnya atau berteriak akhh akhh akh... sambil memanggil kita .

Diatas merupakan hal yang simple dimana dari awal saya mulai mengajarkan pada matt. matt sekarang mulai terbiasa melakukan semuanya senndirian. tetapi saya juga harus berada didekatnya  untuk mengawasinya :)

Saya berharap suatu hari matt akan menajadi anak yang kuat dan mandiri. semuanya dilatih sejak usianya yang dini. mulailah dari hal yang kecil, karena dari hal kecil, kita bisa melakukan hal yang jauh lebih besar :)

saya akan berbagi pada anda step by step bagaimana awal mulanya matt membuka tutup minum, dan meminumnya hingga dia bisa menutupnya kembali :)






" Ala Bisa karena biasa " itu merupakan motto yang saya terapkan dalam mengasuh dan mendidik matt :)

With Love,

God Bless :)