Sunday, June 3, 2012

Apa yang anda lakukan ketika baby anda mogok minum asi????

Apakah anda pernah mengalaminya??

ya itu terjadi pada baby saya Matt. :(

Tepatnya tanggal 30 may 2012 sore hari, matt berumur 12 bulan 30 hari,  matt nyaris tidak mau minum asi. dia menutup mulutnya rapat-rapat, bahkan dia bisa menolak dengan tangannya, bahkan membuang mukanya, karena tidak mau minum asi.

Saya bingung, apa yang terjadi pada matt dan apa yang harus saya lakukan. umur matt masih mau menginjak 13 bulan. asi saya masih banyak, sungguh sayang kalau saya menyapihnya dengan cara mendadak.

Ketika saya menyodorkan asi, dia menolak dan marah, bahkan dia mengigit sekeras-kerasnya nipple saya. berulang-ulang kali matt melakukannya, bahkan akhirnya timbul luka, ya itu salah satu konsekuensi  ibu menyusui ketika baby anda sudah mempunyai beberapa gigi.

Ntah kenapa sore itu matt tidak mau tidur, biasanya 1 hari matt tidur 2x. 3 jam adalah waktu paling lama untuknya bermain, tapi kali ini matt sungguh bisa menahan matanya selama 8 jam. oh.. aku tidak tau apa yang terjadi pada baby kecilku, tapi saat itu dia benar tidak nyaman sekali.

Baiklah,saatnya matt tidur malam, pukul 8.30 saya coba menidurinya, karena hari itu matt tidak tidur sore hari untuk kedua kalinya. matt ternyata tidak mau tidur sambil menyusui,  jadi saya mencoba menggendongnya, akhirnya dia tertidur.

Yupp.. perjuangan tidak berhenti sampai disitu, lepas dari gendongan, kemudiian saya mencoba menaruh matt ketempat tidur,  tapi matt terbangun, karena dia merasa ada yang kurang, yaitu Minum asi, tapi dia tetap ngotot untuk tidak minum, akhirnya memilih untuk bermain kembali.

Ohh tidakk... jika saya mengajak matt bermain, dia tidak akan tidur lagi dalam waktu beberapa jam, dan rasa ngantuknya pasti hilang, baiklah saya mencoba untuk menimang-nimangnya, tidur dalam pangkuan saya sambil saya peluk dan menyanyikan beberapa lagu yang lembut.

akhirnya matt tertidur dalam belaian saya. dan dalam keadaan tidak sadarlah, perlahan saya mencoba memberinya asi. dan ternyata trik ini sukses, beberapa kali sampai tengah malam saya bisa memberikan asi sambil tertidur, tanpa adanya penolakan.

keesokan harinya matt bangun, saya mengharapkan matt lupa dengan kejadian kemarin. tapi ternyata tidak, matt masih mengingatnya, dan langsung menolak asi yang saya sodorkan.. hmm saya semakin bingung denga kejadian ini. beberapa kali saya menawarkan dengan lembut, tetap saja dia menolaknya, jadi sementara saya memberikan breakfast untuk mengisi perutnya yang masih kosong..

Singkat cerita, intinya beberapa hari dia mogok asi, akhirnya saya memberikan asi kepadanya saat itu dalam keadaan tidak sadar, tidur terlelap. sementara cara itu berhasil.

saya tidak bisa berdiam diri dengan kondisi seperti ini. saya tidak siap matt disapih secepat ini, sangat mendadak untuk saya, dan asi saya masih berlimpah ruah, dan masih produktif. Tidak !!, ini bukan saat yang tepat. usianya masih 13 bulan, dan saya masih mencoba sedikit demi sedikit fresh milk. untuk matt bergantung pada fresh milk, rasanya moment ini masih belum tepat.

saya memperhatikan gerakannya beberapa hari, ternyata Matt juga  kurang nafsu makan, dia selalu mengorek, mengeluarkan beberapa makanan yang masuk dalam mulutnya. dan terkadang di sembur. OH !!! ada yang kurang beres pada giginya. saya mencoba mencari tau.

hmm benar saja, saya menemukan gusinya sangat bengkak, ternyata matt mau tumbuh gigi. rasanya sakit dan kurang nyaman terkadang gatal, dan tumbuh gigi kali ini, efeknya sangat rewel, dibandingkan tumbuh gigi depan sebelumnya.

Ya puji Tuhan, waktunya tidak lama. hanya 3 hari. saya bersyukur telah menemukan akar permasalahannya, jadi saya tidak ragu untuk mencoba kembali asi untuk matt.

Perlahan saya memberikan pengertian, dan memberikan asi dengan cara yang lembut sambil membelainya. akhirnya matt mau minum kembali asi saya.

Saya sangat bahagia, telah menemukan moment yang hilang. saya merasakan kehilangan saat matt tidak minum asi saya  sambil bermanja-manja. tapi kehilangan itu telah kembali, putra saya bisa bermanja diri dalam pelukan saya sambil minum asi.

sabar ya matt.. gigi harus tumbuh, sakit di awal, tapi untuk kebaikanmu matt..
Supaya bisa mengunyah dengan mantapp dan bisa makan banyak jenis makanan !! Yess.. semuanya harus dilalui ya nakk... :)

Matt pasti Kuat !!!




No comments:

Post a Comment