Tuesday, June 5, 2012

13 Month Old - Matt sudah bisa berjalan :)

My Lovely Matt 
13 Month Old - 1 June 2012
Rasanya sangat cepat, baru saja bulan lalu dia meniupkan lilin ulang tahun pertamanya, saat ini matt sudah menginjak tahun kedua kehidupannya.

sangat excited !!! matt sudah bisa melakukan banyak hal..  mulai dari bahasa sampai pergerakannya, rasanya tumbuh kembangnya sangat cepat. saya sampai takjub dengan perkembangannya memasuki bulan ke -13 ini.

Saatnya Berbicara
Matt sekarang sudah mmenguasai beberapa kosa kata tunggal. sebut saja contoh nya :
Mama, daddy, mamam, mba, ada, yeye. dan juga ada beberapa kata yang masih kurang jelas pelafalannya, tetapi matt sudah aktif berceloteh.

Suatu hari saat matt haus berat, dia bisa memanggil saya sambil mengatakan " Mama mama nenen "
Hahaha.. Lucu rasanya, dan  hati saya terasa luluh tak berdaya ketika baby kecilku bisa memanggilku mama.

sekarang matt lebih aktif memanggilku mama. apalagi kalau dia tidak bisa mengambil sesuatu barang, atau sesuatu yang dia mau, dia pasti memanggilku mama

rasanya hari-hari dirumah sangat ramai, dan kami tidak pernah merasa kesepian lagi sejak kehadiran matt. matt sudah bisa merespon apa yang kami ucapkan, dan terkadang dia juga bisa mengutarakan apa maunya, dengan cara menunjuk benda yang dia inginkan. Dia sudah tau apa yang dia mau !!


Menakjubkan, usia 13 bulan matt sudah menguasai gambar.
Ya, ini sangat menakjubkan untuk saya dan suami. matt sudah menguasai 1 gambar dan 1 jenis hewan yang terdapat pada buku animals nya.

beberapa bulan silam, matt mendapatkan hadiah buku animals dari aunty erlina ketika datang bermain kerumah kami. dan matt sangat suka membolak balikkan buku tersebut meskipun usianya masih dini, walaupun dia belum mengerti artinya, tapi setidaknya kelincahan tangannya membolak-balikkan buku sudah mulai terlatih.

buku animals, gift dari aunty erlina :)

seperti yang sudah pernah bahas bulan lalu dalam blog saya yaitu saya selalu mengajarkan matt pada alam. melalui alam sekitar, kita bisa banyak belajar. saya mengenalkan padanya beberapa jenis benda hidup, yaitu tumbuhan dan hewan. dan beberapa benda mati seperti mobil, bajaj, kancil,. dan sepeda motor.

ketertarikan matt terhadap hewan sangat tinggi. kebetulan setiap harinya baik siang maupun sore banyak kucing yang wara-wiri depan rumah kami. ketika saya mengajak matt jalan sore sekitar kompleks rumah, matt selalu melihat kucing yang lewat.

lalu saya memperkenalkan kucing padanya, saya menyebutkan bahwa itu cat, dan memcontohkan suara kucing seperti " Meongg " dan kebetulan terkadang kucing juga mengeluarkan suara meongg dihadapan matt. jadi matt langsung melihat nyata, " benar ternyata kucing mengeluarkan suara yang sama seperti apa yg mommy praktekan pada saya "

setelah itu sampai dirumah, saya selalu mengajarkan pada matt hal-hal yang baru saat makan siang atau makan malamnya. menurut saya itu merupakan waktu yang lebih konsentrasi atau fokus karena matt bisa duduk diam di meja makannya. karena matt anak yang sangat aktif. jadi diwaktu bermainnya dia type anak yang jarang bisa diam. :P

disela makan siangnya, matt suka menunjukkan gambar kucing pada saya.. yeayy kamu berhasil matt :)

Bagaimana saya mengajarinya jenis hewan lewat buku animalsnya ??
terlebih dahulu saya membuka lembaran yang bergambar kucing, lalu saya memberitahukan padanya kalau ini adalah kucing yang setiap harinya kita lihat ketika kita berjalan pagi maupun sore hari.

lalu saya mempraktekkan suara " meong " kemudian saya menutup buku itu, dan mengajaknya untuk menunjukkan pada kita yang mana "Cat ' yang kita lihat.

pertama-tamaya dia masih bingung, dan menunjukkan hewan lain. saya bilang itu salah. yang benar adalah yang ini.. ini dalah kucing. setelah dilakukan berulang-ulang 2-3 kali akhirnya matt paham, dan bisa menunjuukan  kucing, tepat pada gambarnya.

sungguh sangat menakjubkan, 13 bulan matt sudah bisa membuka buku dan mengenal gambar. apabila dia berhasil menemukan kucing pada bukunya, dia seperi tertawa bangga, kemudian tak lama mukanya mesem-mesem seperti malu-malu. rasanya dia ingin " Aplause " dari saya :P

Karena setiap dia bisa melakukan apapun, saya selalu memujinya dan memberikan aplause, itu salah satu bentuk penghargaan saya terhadap dirinya :)

Thanks aunty erlina, matt sangat suka bukunya, mudah-mudahan matt bisa belajar banyak, dan nantinya bisa mengenal dan mengerti semua jenis binatang dalam buku itu :D

saya akan berbagi pada anda step by step ketika matt menemukan gambar kucing dalam bukunya :)

matt mulai mencari gambar kucing, ketika saya mengatakan " Show to mommy the cat picture Please.. " 


matt berhasil menemukannya sambil tertawa bangga 



inilah gambar kucing yang berhasil ditemukannya 


yeayy.. matt berhasil!!!  tentunya saya sudah memberikan aplause untuknya, dan matt sangat senang sekali

Matt sudah bisa berjalan
Wahh.. sangat terkesima rasanya.. melihat langkah pertamanya !!
Tepat usianya 13 bulan, ingat betul dalam memory saya, tepat 1 June 2012 matt sudah bisa berjalan. 10 langkah lebih sudah dilampaui nya.. ya putraku sekarang sudah bisa berjalan.

matt sudah bisa berjalan selangkah demi selangkah

meskipun butuh keseimbangan, dan masih sedikit lambat dan terasa lebih hati-hati, tapi dia sudah memulainya dengan baik, matt sudah punya nyali, dan memberanikan diri dari duduk, berdiri sendiri tanpa alat bantu, dan kemudian berjalan :)

Bangga, matt sudah berhasil melakukannya, tapi perlu banyak belajar dan latihan, supanya semuanya lancar, matt bisa berjalan dengan baik :)

sebelumnya, saat usianya menginjak 10 bulan, saya sudah punya firasat kalau matt bisa berjalan saat usianya 13 bulan, kebetulan suami saya tugas diluwuk sulawesi tengah tgl 20 may-2 june 2012. suami saya pun pernah bermimpi saat dia luwuk, mimpinya adalah matt bisa berjalan menghampirinya perlahan-lahan ketika pertama kali dia pulang kerumah.

suami saya berpesan pada matt, kalau daddy sudah pulang, matt bisa jalan yaa...


Ntah lah apa ini semuanya kebetulan, yang pasti matt bisa berjalan tepat usianya 13 bulan, 1 june 2012, 1 hari sebelum suami saya kembali ke jakarta.

matt ingin memberikan hadiah special untuk daddy. ternyata semuanya benar, ketika daddy pulang, matt menunjukkan aksinya berjalan pada daddy. daddy senang luar biasa :)

ayoo matt lancarkan jalannya, supaya kita bisa jalan-jalan keluar kota. mommy gak capek gendong, dan gak butuh stroller lagi :P

Matt's Food
saya sudah memberikan nasi sebagai karbohidratnya matt. saya sudah melepas bubur ketika usianya genap 12 bulan. sekarang matt sudah terbiasa makan nasi + soup + vegetable.

Matt juga makan biskuit  sebagai camilannya, tidak sering, tapi sesekali saya memberikannya pada saat dirumah, atau terkadang di mall saat dia lapar dan sebagai pengganti asi. matt sekarang jarang minum asi di mall, jadi saya lebih leluasa mengajaknya jalan-jalan. dan saya sudah bisa mengenakan baju terusan.. asikk :PP

saya sudah mencoba fresh milk saat usia matt 12,5 bulan. bersyukur matt tidak alergi susu  sapi. matt merasa cocok. minumnya masih belum banyak, saya masih mencobanya 50 - 80 ml. karena masih tahap pengenalan terhadap fresh milk, dan matt masih pro asi :)

Buah kesukaan matt sekarang berganti ke pisang. matt sangat lahap makan pisang, bahkan dia bisa tau dimana tempat pisang yang kami simpan, dan dia bisa menunjuk sambil mengatakan " Mamam " 

matt makan pisang sambil duduk bersantai



wahh lahapnya matt makan pisang.. :P


About Teeth
Gigi matt masih tetap 8 buah.

ini gigiku mommy.. coba hitung... :P

 tapi sekarang gusi bawahnya sudah bengkak teramat sangat, rasanya matt mau nambah gigi lagi. kurang nafsu makan, dan gusinya gatal, sehingga lebih sering mengorek makanan dari mulutnya.

jadi untuk mengantisipasi itu semua, saya mencoba masak yang lembut-lembut, seperti pie, nasi nya lebih di lembutin, atau apalah yang membuatnya lebih mudah di konsumsi.

Syukurlah, matt sekarang sudah mulai lancar dan mau makan lagi. bersyukur masa ini tidak lama, jadi makanan matt sudah kembali normal seperti dulu :)

sekarang matt lebih lengket padaku seperti perangko, mungkin dia sudah mengenal orang terdekatnya. tak jarang dia memelukku dengan erat... dan terkadang dia suka bermanja-manja denganku.. :D




Bersyukur selalu kepada Tuhan melihat perkembangan matt dari hari ke hari, tak sabar melihat baby kecilku bisa berlari kesana kemari.. ( yang pasti mommy semakin rumit menjagamu, karena kita bermain Lomba lari setiap harinya matt )

Finally. Happy 13 Month Old baby matt.. Mommy and daddy Love you.... muachh !!!!




No comments:

Post a Comment