Thursday, July 19, 2012

Bath Time - Yukk... bermain air..

kamu kelihatan cute matt... :DD 


Yuhu.....
Matt sekarang sangat bersemangat ketika saya mengajaknya untuk mandi. saya sengaja membelikan ember yang bentuknya lebih bulat dan meninggi agar matt bisa berendam lebih tinggi sampai kedadanya.masalahnya, ember tersebut diameternya lebih kecil dibandingkan ember baby yang biasa digunakan berbentuk oval sehingga lebih sempit dan kurang leluasa.

Tapi matt lebih fun, ini adalah hal yang menakjubkan dan baru, karena matt merasakan sensasi yang berbeda. Wow... matt bisa berendam sampai ke dadanya...

saya mencoba melakukannya, karena sebelumnya saya berniat mau melakukan training yang suatu saat matt mau saya ajak berendam dan bermain di swimming pool, pasti matt akan berendam sampai dadanya, secara logika saya, mungkin saya secara tidak langsung dapat melatih paru-parunya agar lebih terbuka akibat tekanan dari air itu sendiri :)




hmmm.. semuanya hanya pemikiran saya berdasarkan logika saya..:))


Apa yang terjadi???

Matt jauh lebih bersemangat bermain dengan ember tinggi dan penuh air. matt bisa memukul air dengan kerasa, sampai air bercipratan,  matt bisa memindahkan air dengan gayungnya sambil berdiri, bahkan matt bisa mencobanya untuk mandi sendiri dengan mangambil air dengan gayungnya, kemudian membuang air tersebut kearah badannya, selayaknya kita mandi :)




Dengan saya membiarkannya bermain air saat dia mandi, secara tidak langsung matt dapat belajar beberapa hal :


- Matt belajar untuk mengambil air dengan gayung, kemudian memindahkan air tersebut ketempat lain.

- Matt dapat belajar bagaimana mandi sendiri, karena posisi ember yang lebih tinggi sehingga lebih leuasa mandi, dengan berdiri dan ember sesuai tingginya matt bisa mandi lebih luwes..

Membiarkan anak untuk mengeksplore setiap kemampuannya jauh lebih baik, dan kita mengawasi setiap tingkah lakunya. kita dapat melatihnya menjadi anak yang mandiri dan bisa bertanggung jawab atas apa yang dia lakukan.

sekarang matt senang bermain air, dan sangat bergairah ketika saya mengajaknya untuk mandi. bahkan setelah saya menggosokkan sabun di badannya, biasanya saya melakukan ritual berendam. dan matt sangat menunggu-nunggu saya untuk mengangkatnya, dan memasukkan badannya kedalam ember untuk berendam.




jadi, kita bisa mengajaknya untuk menyukai " Mandi " dan mengajaknya untuk hidup bersih dan sehat :)

bagaimana kita sebisa mungkin melakukan sesuatu kegiatan yang bersifat mendidik, tetapi mengajarinya dengan cara yang fun agar anak ingin dan menyukai kegiatan itu.

hal tersebut merupakan dorongan saya untuk mengajarkan matt melakukan sesuatu dan matt bisa menyukainya :D




2 comments:

  1. hahaha lucu matt. Ren, mestinya ada ember yang lebih besar lagi deh.. :)

    ReplyDelete
  2. Iya er.. mestinya beli ember yang lebih besar lagi ya er... kekecilan matt gak bisa bergerak,, :DD

    ReplyDelete