Monday, July 23, 2012

Anak-Anak adalah Peniru sejati..

Our First Son - Matt 
kali ini saya mengangkat tema ini seiring pertumbuhan putra pertama saya.

Putra saya sekarang usianya 14 months 23 days. yang saya dapati sekarang adalah Matt semakin cepat meniru dan sangat tanggap terhadap daerah sekitarnya.

Matt sekarang bukanlah bayi mungil yang hanya bisa terlentang ditempat tidur seperti usianya 0-2 bulan, bukanlah bayi yang cukup, hanya bisa tengkurep seperti usianya 3 bulan. bukanlah  bayi yang hanya bisa duduk manis seperti usianya 6 bulan. tapi sekarang matt sudah bisa lari kesana kemari, sudah bisa meniru setiap perbuatan kita dan mengulangi apa yang kita lakukan.

Hal yang sangat berbahaya dan extra hati-hati untuk saya dan suami dirumah. kami berusaha menjadi Contoh terbaik untuk matt. matt sangat tanggap dan cepat meniru apa yang kami lakukan.

Dibalik rasa penasaran, tak kalah juga rasa ingin tahu nya yang tinggi. dia selalu melihat detail apa yang kita lakukan, cukup beberapa menit, dia langsung bisa dan Mampu mempraktekkan !!

Wahhh... Menakjubkan !!! saya tidak tau harus senang atau tidak dengan  kabar ini ... yang pasti saya mengambil sisi positifnya, kalau matt sudah peka terhadap daerah sekitar. sekarang kami sebagai yang tua, harus lebih disiplin dan extra hati-hati melakukan sesuatu hal, didepan Putra pertama kami.

kami harus memilah hal yang baik, agar matt meniru yang baik juga. ada baiknya sih untuk kami seperti ini. kami jadi belajar lebih disiplin, lebih tidak senonoh dan lebih hati-hati dan berusaha melakukan hal-hal yang terbaik. lebih sabar dalam segala hal demi Putra kami Matt :)

saya mempunyai beberapa contoh kecil yang sempat saya abadikan dengan kamera pocket saya ketika matt beraktivitas setiap harinya baik dirumah maupun diluar rumah.

Matt meniru  daddy yang sedang Olahraga Treadmill

Hal yang simple, dari mata dengan penglihatannya langsung bergerak ke tangan dengan perbuatannya. ketika itu di weekend pagi hari, suami saya selalu olahraga treadmill dirumah. matt melihat suami saya sedang berlari dengan treadmill nya, kemudian matt memperhatikan dengan serius.

Tak lama kemudian acara olahraga dengan treadmill selesai, kemudian suami saya turun, dan mematikan setiap tombol On/OFF yang berada dimesin itu.

tak lebih dari 1 menit suami saya beranjak, matt segera ingin naik ke treadmill yang baru saja dipergunakan oleh suami saya. matt bisa meniru bahkan gayanya, gerak tubuhnya  sudah bisa mengikuti persis bagaimana orang treadmill :P


Matt meniru daddy yang sedang treadmill 





NB : anda harus mematikan setiap tombol atau apapun yang berbahaya untuk sikecil, dan ada selalu mengawasi setiap perbuatannya, dan jangan pernah mencoba meninggalkan mereka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. 

Matt meniru Kopo Menyapu 

okayy... melanjutkan cerita yang pernah saya angkat di blog saya bulan July 2012 dengan tema " Cutest matt in the park " saat itu kami sedang berkunjung kerumah Kopoh matt -Harya's aunty

ketika sore hari, seusai matt bangun dari tidur siangnya, kami bermain di taman. matt melihat kopoh sedang menyapu, dan bebereskan beberapa jepitan jemuran yang berserakan dilantai. matt memperhatikan dengan jelas dan detail.

kemudian setelah Kopoh melepaskan sapu dari tangannya, dan meletakkan sapu itu pada tempatnya, matt pun tergesa-gesa ingin segera mengambil sapu tersebut. dan matt meniru bagaimana gaya kopoh sedang menyapu bahkan meniru bagaimana kopoh membereskan jepitan baju yang berserakan di lantai.


Matt meniru sedang menyapu

sebelumnya matt membuang jepitan itu dilantai, dan dia meniru membereskannya juga :P Rasa  ingin tahunya yang tinggi membuat dia ingin terus belajar dan menyontoh apa yang kita lakukan.


Matt meniru sedang membereskan jepitan pakaian dengan cara memasukkan ketempatnya 


Apa yang harus kita lakukan ?? dan bagaimana penyelesaiannya???

Diatas adalah beberapa contoh sangat simple, tetapi sudah lebih jelas terarah dan tepat sasaran apa yang dilakukan baby kami, sudah persis sama apa yang kami lakukan.

Hal yang sangat berbahaya jika saya melakukan hal buruk tepat didepan matanya. tidak menutup kemungkinan dia melakukan hal yang buruk juga.

Jadi, sejak saya sadar bahwa putra pertama saya " MATT " mulai meniru apa yang kami lakukan, sekarang kami lebih terkendali dalam melakukan sesuatu. menunjukkan hal baik dan secara tak sadar itu mendatangkan sisi positive juga untuk kami.

Emosi lebih tercontrol, kita lebih disiplin misalnya saja dengan contoh kecil, kita mengambil barang dan kemudian berusaha menaruh barang itu kembali pada tempatnya.

Ini adalah bukti nyata, saya sering melihat matt mengambil wireless ( telepon genggam ) dan bermain dengan berpura-pura memencet tombol itu, kemudian berpura-pura berbicara ( mengoceh sendiri), setelah itu, jika dia selesai mengoceh-ngoceh, maka dia akan mengembalikan wireless itu pada tempatnya.

ya.. ini adalah benar, dia meniru apa yang kita lakukan. dia pernah melihat saya bagaimana mengambil telepon genggam, kemudian saya menelepon customer saya atau siapapun, kemudian saya berbicara. setelah selesai saya taruh kembali pada tempatnya. bahkan kronologis sepanjang itu saja dia mampu menirunya .. sungguh-sungguh membuat saya terperangah !!!

Berita baik datang,.. anda tau?? matt tidak sengaja telah belajar disiplin, bagaimana dia memakai wireless lalu meletakkan kembali pada tempatnya.

dengan hal-hal dan pengalaman yang pernah saya alami, peneyelesaiannya dalah berada pada diri kita sendiri. bermula dari kita untuk mengontrol setiap tingkah laku kita, kemudian mengajarkan anak kita hal yang baik dan disiplin. berharap mereka akan menjadi anak yang baik juga kedepannya  :)

Anak-anak adalah peniru Sejati  :D

No comments:

Post a Comment