Saturday, August 4, 2012

Tuna Nugget With Orange sauce - 12 Months ++

Tuna nugget with Orange sauce 
Ketika usia matt tepat 12 Bulan, saya mulai mengenalkan padanya fresh milk, dan beberapa macam makanan yang rasanya lebih berbeda.

saya senang bisa mengeksplore lebih banyak lagi menu yang beraneka ragam untuk matt. karena diatas usia 1 tahun adalah usia merdeka untuk mencoba beberapa makanan tepatnya bahan dasar yang sebelumnya masih terlarang. misalnya saja dengan bahan dasar susu sapi, telur ayam,garam, gula dan sebagainya.

Karena sudah saatnya berdasarkan pertumbuhannya, matt mulai boleh diperkenalkan dengan rasa dan upgrade tekstur. wah, ternyata bukan hanya saya yang merasa merdeka, tentunya my Lil boy juga mersakan kemerdekaan Juga :D

Kali ini saya membuat Tuna nugget dengan Orange Sauce ( Saus jeruk ). dengan bahan dasar yang super Bergizi dan tak kalah sehatnya, matt bisa menikmati rasa yang berbeda. Dimana mulai saya perkenalkan dengan gorengan supaya ada sensasi baru. Uppss... tapi gorengnya dengan Butter ya.. dan itu pun sedikit, karena kita sedang mencoba, memperkenalkan dan mengadaptasikan sensasi yang baru ini  dengan tenggorokannya untuk menghindar dari batuk dan lain sebagainya :D

Saya akan berbagi resep pada anda :) maaf ya kalau saya tidak bisa memberikan takaran, karena semuanya saya masak sesuai perkiraan saja dan takarannya berdasarkan insting :P

TUNA NUGGET WITH ORANGE SAUCE 


Tuna setelah di goreng dengan butter. anda boleh menyajikan seperti ini saja sebagai pilihan tanpa harus menggunakan saus sebagai  menu makan siangnya 


Bahan :

  • Tuna di hancurkan / dihaluskan
  • Pumpkin Butternut di kukus kemudian dihaluskan
  • Oatmeal  dihaluskan
  • telur dikocok lepas
  • Lada
  • Pala
  • Garam / anda boleh menggantinya dengan  cheese
  • Butter untuk menggoreng

Bahan Sauce :
  1. Jeruk Baby di peras
  2. Fresh Milk 
  3. tepung maizena
Cara membuat :
  • Campur adonan menjadi satu,kemudian, anda boleh mencetaknya dengan berbagai macam cetakan lucu. kali ini saya memilih cetakan bintang ( star ) 
  • Setelah di cetak, kemudian di kukus.
  • setelah itu anda boleh menggorengnya dengan butter sampai warnanya berubah menjadi kuning keemasan. Lalu angkat :)

Cara membuat Orange sauce :
  • Campur semua bahan menjadi satu, lalu masak hingga sedikit mengental. jika mendidih angkat
  • anda boleh menyiram saus diatas nugget yang sudah digoreng. 

nugget yang telah disiram dengan saus. ini juga bisa dijadikan sebagai menu tambahan untuk breakfast baby anda :) 
Tips  : setelah di kukus, anda boleh melumurkannya dengan telur, kemudiaan langkah kedua dengan tepung panir. tetapi harus lebih banyak minyak untuk menggorengnya. agar mendapatkan hasil gorengan yang lebih sempurna.

Nugget Yang telah dikukus. 

Tapi saya tidak pernah melakukannya dengan tepung panir, karena saya merasa usia matt masih belum siap untuk saya perkenalkan dengan banyak gorengan. untuk menghidari kerepotan dan gejala anak sakit, sehingga saya lebih mmengambil titik amannya saja :P

berdasarkan usianya kelak, saya pasti melakukannya dengan menggoreng dengan tepung panir. hasil lebih wangi dan lebih gurih !!

Menu yang satu ini juga terkadang saya jadikan sebagai menu breakfast nya, karena bahan dasarnya sudah mengandung oatmeal, dan susu. jadi bisa dijadikan makanan utama tanpa harus didampingi oleh nasi.


Matt sangat menyukainya, dan semoga baby anda juga !!!

Selamat mencoba :)





No comments:

Post a Comment