Monday, August 6, 2012

Matt - Daya Tarik menjelajah daerah sekitar


Menyusun dan merapikan seluruh barang yang berantakan secara berulang-ulang telah menjadi kewajibanku akhir-akhir ini. Karena matt sedang memiliki daya tarik yang tinggi dimana ia ingin mengetahui apa pun yang berada  disekitarnya.

Apakah saya ingin melarangnya, membatasi dan menginginkan dia untuk berhenti menjelajahinya?? sejauh ini saya lebih memilih mengikuti apa mau nya sesuai dengan batas kewajaran.

saya ingin dia tumbuh menjadi anak yang lebih bebas tetapi terkendali. bebas dalam arti kata, saya ingin dia mengeksplore kemampuan yang ada dalam dirinya dengan jauh dari rasa takut, dan thrauma. tetapi tetap dalam batasan yang wajar.

Dibalik penjelajahannya, saya sekalian menjelaskan sesuatu yang belum dia mengerti. sambil menjelajah, matt juga bisa banyak belajar dengan apa yang dia lihat, pegang, rasakan, bahkan dengar dari ucapan kita.

Kita bisa memberitahukan padanya mana yang boleh dan tidak, mana barang yang berbahaya, mana yang mestinya dia bisa lakukan dan tidak. dengan ucapan kita dalam menjelaskan sesuatu, dia bisa banyak lebih mendengar bahkan mengerti. Jadi saya lebih memilih dia untuk belajar sambil menjelajah meskipun sedikit lebih repot untuk saya.

Saya bisa menjelaskan setiap benda apapun yang dia sentuh. memberikan pengertian yang baik, dan Puji Tuhan sampai sekarang matt selalu mendengar perkataanku. Matt boleh bebas melakukan sesuatu, tapi saya berprinsip apapun yang dia lakukan harus terkendali. tidak suka-suka, tidak semena-mena, dan lebih terarah.

saya mengabadikan sebuah moment dimana anak saya aktif menjelajah lemari pakaian saya :P

matt perlahan naik keatas kursi, dan akhirnya dia bisa berdiri dengan baik :)


tahap berikutnya matt berhasil membuka lemari pakaian saya kemudian menjelajahinya satu persatu :P

Disiplin tetap menjadi prioritas utama. setiap harinya saya selalu mengajarinya bagaimana memasukkan barang mainannya setelah bermain, menyusun kembali barang yang telah ia bongkar. tetapi saya sadar kalau baby saya masih kecil, saya juga membatasi pekerjaannya. tidak seluruhnya dia bisa melakukannya.

Dengan menyusun kembali mainanan yang dia mainkan, setidaknya dia bisa hidup lebih disiplin. bertanggung jawab apa yang dia lakukan. Saya berusaha menanamkan sejak dini, tetapi tidak di forsir berlebihan mengingat usianya yang masih dini. :)

matt membuka kotak mineral water dalam kemasan gelas, kemudian mengeluarkannya satu persatu


setelah bermain, saya mengajari matt bagaimana menyusun kembali barang yang ia mainkan :)
disaat dia menjelajah setiap barang yang dia sentuh, selalu saya menjelaskan padanya jangan pernah memasukkan barang kedalam mulut, terutama barang kecil, karena itu sangat berbahaya. sambil menjelajah kita harus berada disampingnya. disaat dia menemukan benda kecil, maka saya dengan segera mengatakan " berikan pada mommy, Jangan masukkan kedalam mulut "

Ternyata matt sudah terbiasa, jadi setiap dia menemukan benda yang dia pegang dengan segera dia memanggil saya " Mama.. mama " dan menyodorkan benda yang berada dalam genggamannya pada saya.

ya, menurut saya semua itu pembelajaran. " Ala bisa karena biasa " Biasa melakukannya maka dia akan lebih terkendali lagi untuk melakukan hal tersebut.

Saya juga sedang belajar menjadi Mommy terbaik untuk Anakku Matt. Saya merasa bahagia, karena saya diberikan kesempatan untuk belajar banyak ilmu parenting ini, dan sampai detik ini saya ingin terus belajar, berharap saya bisa memberikan yang terbaik untuk matt.

Dibalik Penjelajahannya, semoga matt menjadi anak yang pemberani, tidak trauma, dan tidak mudah takut. :)





No comments:

Post a Comment