Thursday, August 2, 2012

15 Months old - Matt berkenalan dengan " EMOSI "

Yeayy !!!  15 Month Old Now !!! 


01 Agustus 2012  - 15 Months Old Now !!

Apa yang saya dapati atas perubahan diri Matt sekarang??? sulit untuk saya menghadapi situasi ini. matt sudah menemukan emosinya. matt sudah bisa menunjukkan hal yang dia suka atau  tidak suka pada anda. dia bahkan sudah bisa beraksi marah ketika anda tidak menuruti kemauannya. Oh.. saya harus banyak belajar mencari jalan yang terbaik untuk baby saya.

Sebelumnya saya akan berbagi tentang perubahan Fisik dan motorik kasarnya :)

Teeth
Giginya Matt sekarang sudah berjumlah 10 buah. sebelumnya 8 buah, dimana tumbuh merata pada 4 gigi atas dan 4 gigi bawah.

kemarin saya menemukan 2 geraham samping kiri dan kanan sudah keluar, dan bentuknya lebih besar.saya bisa merasakan dia sangat kesakitan karena gusinya bengkak. Matt sangat rewel akhir-akhir ini, dan dia sering memasukkan tangannya kedalam mulut karena giginya yang gatal, dan matt merasa kurang nyaman.

Kebetulan, saya selalu berlangganan satu majalah yang membantu menambah wawasan tentang  ilmu parenting. Ada beberapa topik yang diangkat dan diceritakan tepat apa yang sedang dialami oleh putra pertama saya tentang masalah gigi.

saya mencoba berbagi pada anda ..

beberapa tanda atau gejala tumbuh gigi menurut www.motherandbaby.co.id :
  1. Rewel dan Mudah marah
  2. Nafsu makan berkurang
  3. kadang-kadang disertai demam
  4. senang menggigit-gigit karena gusi terasa gatal
  5. air liur lebih banyak
  6. pipinya memerah
  7. sering menarik-narik telinga
  8. Gusinya membengkak dan berwarna kemerah-merahan
Yang Mana yang lebih dahulu tumbuh???

Selain Usia, urutan munculnya gigi pun berbeda pada setiap baby, namun berdasarkan pengalaman yang paling umum, urutannya adalah :
  • 4-10 Bulan    : Gusi Baby mulai terlihat bengkak dan berwarna sedikit lebih merah
  • 6-10 Bulan    : sepasang gigi seri bawah bagian tengah.
  • 8-12 bulan     : Sepasang gigi seri atas bagian tengah
  • 9-13 bulan     : Gigi seri atas bagian sisi
  • 10 - 16 bulan  : Gigi seri bawah bagian sisi
  • 13 - 18 Bulan : Gigi Geraham Pertama
  • 16 - 22 Bulan : Gigi taring
  • 23 - 31 Bulan  : Gigi Geraham Kedua 
Perlu Kita ketahui bersama Fakta tentang gigi :)

@ Gigi pertama yang muncul biasanya sepasang gigi tengah pada gusi bawah

@ Bayi Perempuan biasanya lebih dahulu tumbuh gigi dari pada bayi laki-laki

@ Umumnya gigi muncul berpasangan, satu dikanan dan satu dikiri.

@ Gigi bayi / susu lebih putih dan lebih kecil dibandingkan dengan gigi permanen

@ Dalam Kasus yang sangat jarang, 1 : 2000, ada giig yang sudah muncul ketika bayi dilahirkan, disebut dengan gigi natal.

@ Gigi susu berjumlah 20.sebanyak 10 gigi tumbuh di gusi atas dan 10 dibawah. yang baru akan lengkap saat anak usia 3 tahun. 

Okay, mari kita hubungkan antara survey dari majalah Mother and Baby dengan kondisi matt :)

Matt mengikuti apa yang dialami oleh sebagian baby pada umumnya. tanda-tanda yang dialami setiap baby sama persis apa yang dialami oleh putra kecilku matt. terkadang saya kasihan dan tak kuasa apabila mattt mulai menunjukkan kegelisahannya. Itu pertanda bahwa dia sedang sakit dan merasa tidak nyaman  dengan giginya :(

Kalau membahas gigi mana yang duluan tumbuh?? Matt mengikuti label yang berwarna merah. sekarang jumlahnya 10 buah. saat usia matt 15 bulan, Gigi Geraham pertamanya muncul. :)

Kalau tentang makanan yang dikonsumsi matt masih tidak ada yang berubah terlalu signifikan, semua menu masih sama. saya hanya menambahkan beberapa menu baru seperti nugget, Fish ball hasil olahan saya, dan mencoba beberapa jenis rempah sebagai pengenalan rasa agar matt tidak bosan dengan menu makanannya.

Matt menyukai roti gandum sebagai finger foodnya, dan tentu alpukat susu sebagai buah di sore harinya. melon dan banana tidak kalah populer sebagai buah langganan yang dikonsumsi. matt menyukai setiap buah yang saya berikan, kecuali buah naga, matt kurang menyukainya.

Aktivitas apa yang dilakukan saat usianya menginjak 15 bulan??

Percaya kah anda  bahwa baby adalah peniru sejati??? dia mampu meniru hampir setiap apapun yang kita lakukan. Otak mereka bekerja dengan sangat dasyat, merekam setiap apa yang mereka lihat, dan praktekkan.

Saya sedang melakukan renovasi atau pembetulan  rumah, jadi mandor setiap harinya berbicara pada saya dan terkadang dia melakukan beberapa hal untuk mengecek kondisi rumah. contohnya mengecek setiap lantai dengan mengetok ubin. dan tukang bangunan menghancurkan dinding dengan palu,dan beberapa hal lain.

Tahukah anda apa yang dilakukan oleh baby kecilku setelah melihatnya???
dengan sangat terkejut saya melihat dia mengetok ubin dengan tangannya beberapa kali sambil menunjukkan pada saya ubin yang dia ketok. dia juga segera mengambil sendok dan mulai memukul setiap dinding rumah saya, seolah dia menghancuran dinding sama persis apa yang dilakukan oleh tukang bangunan rumah saya :D

okay, contoh yang kedua adalah : ketika suami saya mulai batuk mengeluarkan suara, kemudian segera mengambil tissue untuk mengelap hidungnya. Matt juga tak lama kemudian segera menirukan suami saya yang sedang batuk. dan segera menngambil tissue untuk mengelap hidungnya juga. :D

Keadaan yang sangat kritis, Otak yang dengan 100 persen mampu merekam setiap kejadian, dan meniru apa yang kita perbuat. saya sangat extra hati-hati untuk melakukan setiap kejadian didepan anak saya.

2 Tahun ( 24 Bulan ) adalah masa Golden periode setiap anak artinya 100 persen Brain mereka akan berkembang pesat, dan diatas 24 bulan turun menjadi 70 persen sesuai pertumbuhan dan usianya.

Jadi saya membiarkan matt mengeksplore setiap kegiatannya, dan tentunya memantau apa yang dilakukannya,, Disiplin tetap menjadi Dasar utama yang saya terapkan padanya. meskipun matt adalah anak pertama saya, dan saya masih memiliki seorang putra, saya harus menyampingkan keegoisan saya, dan saya harus mampu menjadi mommy yang  berkata " Tidak " Untuk Hal yang salah,  dan tidak memanjakannya.

Bagaimana respon Matt bertemu dengan orang lain?? 
Matt bukanlah orang penakut yang terlahir, dan itu jauh dari sifat aslinya. Matt sangat tertarik kepada setiap orang yang dia temui terutama teman sebaya nya . sampai sekarang matt sangat tertarik pada setiap orang yang dia temui, dan apabila dia suka dengan anda, dia akan mengajak anda bermain.

Matt and Josh 


Tetapi ada yang berubah dalam dirinya, Matt sekarang memilih untuk digendong. tidak seperti dulu yang tidak pemilih, dan mau digendong oleh siapa saja. sekarang matt lebih bisa memilih dan dia hanya mau digendong oleh orang yang dia kenal saja. ya, seiring pertumbuhannya matt sudah mengenal beberapa orang terdekatnya :) jadi matt merasa aman dengan orang yang dia kenal :D

Perkembangan Apa yang membuat kami terperangah?? 

Mat sekarang bisa mengeluarkan emosinya. dia suka dan tidak suka, maka dia akan menunjukkan aksinya pada anda. sering saya dapati apabila dia menginkan suatu barang, terkadang saya melarang untuk memberikan padanya dia akan ngotot menangis, merengek bahkan mengguling-gulingkan badannya agar saya memberikan barang itu padanya.  Ya itu hal yang lumrah bagi anak  kecil, karena masih menuruti isi hatinya dan kemauannya :P aku tahu itu ..

suatu hal yang salah jika saya memberikan barang yang berbahaya padanya. saya akan menjelaskan padanya  bahwa hal itu tidak boleh dengan bahasa yang sederhana. saya berusaha menggendongnya, meredam emosinya dan membawanya bermain ke balkon rumah saya. Saya berharap cara saya tak salah untuk mendidiknya.

Wahh ... Baby kecilku sekarang sudah bisa menunjukkan aksinya.  dia sudah bisa mengutarakan apa menjadi maunya. tak hanya itu, aksi bahagia pun tak jarang terlontar dari dirinya. Apabila matt sedang suka terhadap suatu hal, dia akan tertawa lepas.

Ya Dia sekarang sudah besar :) Sangat cepat pertumbuhannya.

Heii.. Matt sekarang sudah bisa diajak bermain. kami sering bermain sembunyi - tangkap ( bahasa sehari-harinya adalah alep umpet :P ) Matt juga sering bermain cilukba dengan kedua tangannya.

Matt sekarang sedang gemar memindahkan barang dari satu ke tempat ketempat lainnya. senang memindahkan air yang berada dalam ember, memasukkan dan mengeluarkan bola  dalam ember atau keranjang. ya dia sudah melakukan banyak aktivitas sekarang.

bermain Bola dalam ember. Pelajaran yang diambil adalah : memasukkan, mengeluarkan, mengangkat dan memindahkan bola. Belajar keterampilan tangan :)

Menulis. Apa kah dia bisa melakukannya.??

matt sekarang hobby menulis. nantinya saya akan mengupas tuntas dalam satu blog perjalanan tentang matt tertarik dengan menulis.  dia sudah mahir memegang pena, dan mencoret-coret buku yang dihadapannya. Meskipun belum terarah, tapi itu sudah pertanda baik untuk perkembangannya :)

Matt mahir memegang pena saat usianya menginjak 15 Bulan
Matt sekarang berjalan lebih tergesa-gesa. mungkin mau masuk tahap "Berlari " saya menemukan matt berjalan lebih kencang dari biasanya tapi tak terjatuh, saya juga menemukan matt naik tangga tidak dengan merangkak lagi. matt sudah bisa melangkap step by step pada setiap anak tangga, dan lebih hati-hati sambil memegang penyanggah samping tangga.

15 Bulan usianya sekarang, Berharap dia akan bertumbuh dengan baik. Menjadi anak yang pintar, sehat, terlebih sayang dengan Tuhan dan sekitarnya..

Happy 15 Months Old Our Lil Matt..
Mom and dad Love you matt !!! Forever .. Muachh !!!









No comments:

Post a Comment