Sunday, May 13, 2012

Matt menemukan barang yang hilang :D - matt berhasil memecahkan satu masalah :)


matt bermain bola sampai lelah berkeringat :P
ketika  umur matt  11 bulan ...
Semakin rumit dan pastinya semakin seru dengan segala aktivitas matt yang sekarang, semakin besar matt semakin kritis dalam penglihatan maupun pemikiran.

aku merasa baby yang sesuai umur matt, suka mencari barang yang tersembunyi atau barang yang hilang. kegemaran matt sekarang adalah bermain bola, tapi ketika dia melempar bola, dan matt merasa bola itu hilang, maka dia mencarinya.

Matt mencari sampai ke segala sudut. matt sampai berlutut bahkan meniarap-kan tubuhnya, seperti orang yang sedang mencari benda jatuh kedalam kolong.


matt serius mengintip, dia tiarap dan berusaha ingin mendapatkan bola yang hilang.

Lucu rasanya, banyak tingkah aneh yang dibuat oleh babyku ketika umurnya 11 bulan, matt sudah mulai kreatif mencari barang yang hilang. apabila matt berhasil menemukannya, maka dia akan kegirangan,  bahkan terkadang bertepuk tangan sebagai pertanda dia telah " berhasil " 

Bermain Bola 
kali ini, saya mengambil contoh bola. matt bermain bola, dia akan melempar bola, kemudian mengejarnya dan menangkapnya, setelah itu dilempar kembali. dia akan melakukan hal ini berulang-ulang.

suatu ketika bola yang dilemparnya masuk kedalam kolong meja komputer. dia merasa bola itu lepas dari pandangannya, dan bola itu hilang.

matt mencari kemana arah bola itu pergi, segera dia tiarap-kan tubuhnya, dan mengintip kemana bola itu menggelinding. hmmm.. akhirnya dia menemukannya. bola itu terdapat didalam kolong.

Matt merangkak menghampiri bola yang hilang, jatuh kedalam kolong 

kemudian matt segera memanggil saya, " ma ma ma " saya melihat, ya benar, bola itu didalam kolong.

saya membiarkan matt berkreativitas sendiri, melihat apa yang ingin matt lakukan,saya berharap matt bisa mengambil sendiri bola yang jatuh kedalam kolong, tanpa bantuan saya. supaya matt belajar memecahkan satu masalah tanpa bantuan saya..

tebak apa yang dia lakukan???benar, dia segera meniarap-kan tubuhnya dan menjulurkan tangannya untuk menggapai bola merah itu. diia menjulurkan panjang-panjang, beraharap mendapatkannya.

Matt berusaha mengambil bola, digeser perlahan-lahan menggunakan tangannya :P

akhirnya matt berhasil melakukannya. matt mampu mengambil bola dalam kolong tanpa bantuan saya, dan tentu matt memutar " otak " dan mengasah kemampuannya, bagaiamana caranya dia bisa mengambil bola itu.


terlihat jelas bola merah yang berhasil didapatkannya :)

saya menganalisa apa yang dilakukan matt ketika dia mengambil bola. ada beberapa ilmu yang dapat dipetik, dan kemampuan yang terus dapat di asah ..


  • Matt belajar mandiri, tidak berharap pada saya untuk terus membantunya. ada usaha dan kerja keras yang ditanamkan sejak dini dalam dirinya.
  • Matt mulai kritis dengan penglihatannya. dia sudah mulai tau benda itu lepas dari pengihatannya, dan dia segera mencarinya. dan ada niat ingin mendapatkannya kembali.
  • Matt berhasil memecahkan masalahnya, dia tau bagaimana trik-trik untuk memndapatkan bolanya kembali. seperti tiarap, menjulurkan tangannya, perlahan dia menggapainya. 


satu contoh dan bentuk permainan yang sangat sederhana. tapi matt bisa banyak belajar dan mendapat ilmu yang luar biasa  lewat permainan bola yang simple.

saya berharap matt terus belajar dan mengasah kemampuannya. :)





No comments:

Post a Comment