Monday, October 1, 2012

17 months Old - yeayy !! aku bisa melakukannya sendiri :D

01 October 2012
Yeayy !!! 17 Bulan usianya sekarang. setiap bulan saya merasa pertumbuhan matt sangat cepat, Matt sedang menikmati Golden Period-nya. aku tidak boleh mengabaikannya begitu saja. aku harus memanfaatkan kesempatan emas ini. dan memaksimalkannya :)

17 Months Old Now :D

Apa saja perkembangan terbaru saat usianya tepat 17 bulan?? tak sabar saya ingin bercerita pada anda :D

" AKU BISA MELAKUKANNYA SENDIRI DAN IZINKAN AKU UNTUK MELAKUKANNYA "

Ya, 17 bulan genap usianya, tema ini tepat untuk mewakili perkembangannya.

Aku bisa makan sendiri dan minum dari gelasku :)
 Sekarang matt lebih memilih makan dan minum sendiri. terkadang saat saya suapi matt makan, dia lebih memilih membungkam mulutnya, sampai saya memberikan sendok dan piring sendiri yang berisikan makanan untuknya. itu pertanda dia juga ingin melakukannya sendiri.

Setelah itu, saya menemukan solusi yang tepat. Membiarkannya makan sendiri, menikmati perkembangannya, sekaligus saya menyuapi dia dengan piring yang berbeda.

sedikit ribet dan memakan waktu jika kita mengikuti apa mau nya, tapi ini semua demi perkembangan yang baik dalam dirinya, Kami berusaha mendukung setiap apa yang dilakukan jika menurut kami baik. saya juga ingin matt bisa mandiri dan melakukannya sendiri.

Solusi yang terbaik, saya menyediakan 2 piring makan. 1 piring dan sendok berisikan makanan untuknya, dan sepering lagi untukku, yang kusiapkan untuk menyuapinya. sambil aku menyuapi, matt juga bisa belajar makan sendiri.

Kita harus siap dengan resiko yang ada. siap dengan lantai yang menjadi kotor, dengan mulut yang belepotan, dengan baju dan kursi yang kotor juga. tapi semua ini untuk melatihnya menjadi anak yang mandiri, terlebih membiarkannya untuk melakukan apa yang dia mau selama baik sehingga dia bisa mengeksplore dirinya.

Sekarang, saya bisa melihat dia untuk makan makanannya sendiri meskipun belepotan dan terkadang jatuh kelantai, melihat nya memakan potongan buah di sore hari, bahkan berhasil membagi makanannya dan menyuapi saya. moment yang indah untuk kami :)

Aku bisa Sikat Gigi Sendiri
 Matt termasuk anak yang tidak sulit untuk sikat gigi. bahkan dia sering meminta pada saya sikat gigi dan pastanya. jika saya mengatakan padanya " ayo matt sikat gigi " dia segera menunjuk giginya, dan mengarah untuk mengambil sikat gigi dan pasta nya.

matt bisa sikat gigi sendiri mommy.. :))

dia sangat tenang ketika saya menyikatnya, dan apabila sudah selesai, bahkan terkadang masih belum selesai, dia ingin menyikatnya sendiri. tapi semuanya tetap dalam pantauan mata saya. menjaganya memegang sikat agar tidak tertusuk terlalu dalam ke rongga mulut.

Tapi Niat dan keinginan untuk sikat gigi, sudah saya dapati dalam dirinya sejak dini. benih itu sudah ada, saya ingin bisa memupuknya, agar dia bisa dan rajin melakukannya. jadi, dalam satu hari saya membiasakan matt menyikat gigi pagi pada saat bangun tidur, dan malam hari sebelum tidur :)

Aku Bisa berjalan sendiri, tak perlu menuntunku
 Wahh... Gaya ya matt... tapi itu benar adanya.. sekarang, jarang sekali matt mau digandeng oleh kami ketika berjalan. dia merasa bisa melakukannya, dan mungkin ingin menunjukkan pada kami kalau dia bisa melakukannya.

Terkadang ketika kita ingin menggandengnya, dia segera membuang dan menolak tangan kita, kemudian dia berjalan sendiri dengan langkah yang lebih cepat.

Tapi, tetap saja, semuanya dalam pengawasan kita. boleh melepaskannya berjalan sendiri selama tempat yang dia lalui  itu aman untuknya. apabila menuju tempat yang berbahaya, pastikan untuk tidak membiarkannya berjalan sendiri. karena untuk seusia nya sekarang, mereka masih belum bisa mengenal rasa bahaya, sehingga perlu dipantau setiap langkahnya.

Jadi kita harus memilah apa yang terbaik untuk mereka. membiarkan dan mendukung langkahnya apa yang menurut kita baik, itu juga tanpa sengaja kita membangun karakter rasa percaya diri.

Jumlah gigi matt sekarang 16 Buah.. Gigi depan, dan taring sudah mulai lengkap :P. Nafsu makan matt sekarang Lahap, dan matt mulai menyukai susu kembali. Masa Jaya dan emas nya dalam melahap makanan untuk sekarang ini. Yippie!!!


Kesempatan dan anugerah luar biasa untuk bisa memiliki, merawat dan memantau setiap perkembangannya.

Happy 17 Months Old Matt - Yeayy... next month 1,5 tahun :DD



No comments:

Post a Comment