Thursday, October 4, 2012

Toddler Activity : Pouring water into the cups

pouring water
Untuk menghindari kebosanan dirumah, saya ingin mengajarkan matt belajar sambil bermain. selagi matt masih belum masuk sekolah, mungkin untuk mengisi kesibukannya kami bisa bermain dan belajar hal yang menyenangkan.

Sudah saatnya matt memiliki aktivitas yang menarik sambil belajar. berusaha menjadi mommy sekaligus guru dan teman bermainnya adalah suatu kebanggaan buatku.


Setiap anak-anak pasti senang bermain air. ini adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi mereka, jika mereka sudah bermain air, sulit untuk kita mengajak mereka beranjak dari area permainan airnya :). Dan aktivitas toddler kami hari ini : Pouring water into the cups. Matt sangat menikmatinya..

memiliki ide, " bermain air ". kebetulan matt sangat menyukai air. saya berinisitiatif untuk mengajarkan padanya menuang air kedalam beberapa cups yang beragam bentuknya.


Matt dan alat-alat yang digunakan

kita membutuhkan beberapa alat yaitu :
1. Ember
2. beberapa cups dengan beragam bentuk dari kecil hingga besar
3. teko, pitcher atau ceret.
4. Air

Cups yang sudah berisi air 

sebaiknya memulai aktivitasnya sebelum mandi, karena beresiko bermain basah. jadi setelah mereka bermain, kita bisa memandikan mereka supaya bersih.

Hal sangat sederhana, maengajarkan pada mereka bagaimana cara menuang air yang baik dan tidak tumpah. sebelumnya kita mengisi air kedalam satu ember besar dahulu.

tunjukkan pada mereka, bagaimana cara menuang air kedalam wadah yang lebih besar sampai yang lebih kecil dengan hati-hati dengan menuju kesempurnaan sampai jarang terlihat kita menemukan tumpah.

matt menikmati permainan ini

setelah itu, saya mengajak matt bagaimana mempraktekkannya, dan matt bisa melakukannya. meskipun saya sering melihat matt menuang air dengan berantakan dan tumpah, itu adalah hal yang wajar buatku.

Menuang yukkk !!!
hal yang menarik dari permainan ini, mereka bisa menuang air dengan beberapa tingkat kesulitan. menuang kedalam wadah yang lebih besar dahulu, sampai wadah yang lebih kecil.

matt menuang ke wadah yang paling besar



matt menuang ke wadah yang ke-2 terlebih lebih kecil


matt menuang ke wadah yang ke-3


matt menuang kewadah yang ke-4
saya tidak mengharapkan hal yang berlebihan, menginginkan semuanya dengan sempurna, karena itu tidak mungkin untuk saat ini. tapi setidaknya matt bisa belajar bagaimana cara menuang air dengan baik untuk melatih motorik halusnya. insting nya dilatih, dimana kita harus memberitahunya Stop, atau berhenti disaat dia mengisi air kedalam cups-cups sampai penuh. jadi matt bisa belajar peka :)

love this picture
Belajar hal yang menyenangkan, dengan cara yang sederhana. saya pun menemukan senyum nya yang sering lepas dari bibir mungilnya. dia tampak sangat bahagia. dia merasa bebas bereksperimen melakukan sesuatu. ya, dia bermain lebih lama dan fokus. sekitar 45 menitan saat itu.

ekspesi matt

ini adalah permainan favorite nya, keuntungan dari permainan ini, dengan belajar menuang air tanpa tumpah, matt juga bisa belajar mandiri melakukannya semua sendiri ketika usia nya sedikit lebih besar, dan tentunya kita bisa membawa permainan ini kedalam bentuk realnya yaitu bisa dipraktekkan ke meja makan kelak, ketika dia siap untuk duduk makan bersama kita nantinya :) matt bisa menuang soup, menuang air, atau apapun jenisnya. jadi dia lebih mandiri :D

gaya matt menuang dari teko

Siap dengan resiko yang ada, siap dengan keadaan yang berantakan dirumah.tapi lebih baik anak anda bermain dengan alam, bermain kotor, dari pada mereka menikmati PS nya, IPad nya dan lainnya :DD

harus siap dengan kondisi berantakan :P
Tips : sebaiknya lakukan kegiatan ini di Outdoor atau area luar rumah, sehingga lebih mudah membereskannya ketika selesai bermain :)

No comments:

Post a Comment