Saturday, October 13, 2012

17,5 Months - Daya Tarik Berbicara

" Matt Mau Roti?? " Kataku tadi Pagi.
"OTI " Dengan cepat dan jelas disambutnya. aku pun terkejut mendengarnya, karena itu adalah kosa kata baru yang keluar dari bibir mungilnya.

" Matt Mamam ya.. duduk di Taman.. " aku mengajaknya sambil membawa sepotong roti.
" MAMAM.. " dengan cepat dia mengatakannya, dan sangat jelas. karena itu adalah kata yang sangat dikuasainya. dia sudah mahir mengatakannya.

" Matt kangen yeye ?? " kulanjutkan bertanya karena penasaran ingin melihat responnya dalam menangkap kata-kata
" YEYE " sambil menunjuk foto yeye yang tergantung pada dinding ruang tamuku. Ya, ini sangat jelas terdengar. Sempurna!! dia tanggap sambil mengatakan kata " YEYE " padaku.

" Matt, Daddy mana?? " sambil ku bertanya apakah dia merindukannya? karena kami sudah ditinggal selama 3 minggu karena daddy dinas audit keluar kota.
" DIDI.. " sambil menunjuk foto pernikahan kami. meskipun daddy sedang tidak dirumah, tapi dia  mengingatnya dan pasti merindukannya.

" Matt ayo panggil Mba Las " mengajaknya memanggil Maid saya
" MBA.. " kata yang satu ini pun sangat jelas terdengar, karena dari kecil dia sudah terbiasa memanggil " Mba " jika dia membutuhkan sesuatu :P

" Matt bapak mana ?? " Ini sebutan untuk supir tetangga rumahku, yang setiap harinya supir ini selalu menyapa matt apabila matt bermain dihalaman rumah kami.
" PAK.. " dia hanya bisa menyebut bagian akhirnya. tapi aku cukup senang dengan responnya, dia mulai membalas dan mengajakku berbicara :P

" Matt Panggil BABE... " Kataku..
dia memanggil supir tetangga yang berbeda. bapak tua yang selalu kami panggill babe..
" BE.... " dia bisa melakukannya. dan setiap kali dia panggil Be, kami selalu tertawa geli karena dia memanggilnya dengan suara keras dan lantang.

" INI.... " kata ini selalu diucapkan padanya ketika dia menunjuk sesuatu. kata " INI " adalah kata favoritenya yang dia ucapkan berulang ulang :)

" NENENN.... " Tak seorang pun mengajarinya. Dia sangat mahir mengucapkannya. karena dia sangat membutuhkan kata yang satu ini.. dan dia memanggilnya dengan sangat sempurna.:D

' Ayo Matt, bisa panggil Mommy???  tanyaku, berharap dia bisa melakukannya.
" MA..MI... " Yeayyy !!!! sangat sangat sempurna. aku sangat riang dan excited pertama kali dia memanggilku mami... biasanya jika dia membutukan bantuan memanggilku ma.. ma... sekarang dia memanggilku mami... yang terkadang ' mi.. Mi.. Mi.. " :DD

" BOLA.. " Tanpa kutanyakan padanya dia langsung menyebutnya. setiap hari dia pasti memanggil bola. matt belum bisa memfilter yang mana bola, yang pasti setiap benda bulat dia selalu memanggilnya " BOLA " :D
dan terkadang, karena kami sering mengatakan " BALL " padanya. dia pun sering hanya menyebutkan " BALL " dalam bahasa inggris yang sama artinya adalah Bola :)

diatas contoh sebagian kecil dari celotehan matt. dia sudah memiliki daya darik berbicara.Berbicara berkaitan erat dengan mendengar.apa yang dia dengar, berusaha diserap dengan baik, sehingga ada rasa ingin mempraktekkannya juga dalam bentuk ucapan. 

Senang melihat pertumbuhan dan perkembangannya. Matt mulai bisa merespon setiap kata-kata yang kita ucapkan.dan saya harus rajin berceloteh, lebih aktif lagi untuk mengajaknya berbicara agar kosa katanya lebih berkembang. :D

Semangat berbicara matt !!!








No comments:

Post a Comment