Sunday, September 30, 2012

Activity : Mengenal hewan dengan buku mini - This Is Rabbit !!

matt dengan buku mininya  hadiah dari aunt erlina :)
19 July 2012
Sebelumnya, pernah kutulis dalam blogku, matt sudah mengetahui rupa kucing dalam buku mini nya, setiap kali aku bertanya, dia sudah mahir membolak-balikkan buku itu sampai menemukan dan menjawab pertanyaanku ketika kutanya "Cat " padanya.

kupikir, matt perlu naik step, dan belajar lebih lagi dan menguasainya. kali ini pelajaran masih tetap sama dalam buku mininya. aku mengenalkan " Rabbit " kepadanya. mengajarinya sambil menyerupai suara rabbit membuat dia semakin mengerti dan lebih mudah untuk mengingatnya.

Ya, benar dengan beberapa kali pengulangan, sambil meniru suara, dan mengulang kata " This is Rabbit " dan memberikan sedikit cerita tentang rabbit, dia berhasil mengerti dan paham kalau itu " Rabbit ". ketika saya menanyakan padanya " where is Rabbit?? " dia berhasil menunjukkan gambar Rabbit, dan langsung tepuk tangan sumringah, pertanda dia mampu menjawab pertanyaanku.

matt saat menunjukkan rabbit ketika saya bertanya

walaupun dia belum bisa merespon saya dengan bahasa verbal, saya percaya dia mengerti apa yang saya ucapkan, menangkap baik apa yang dia dengar, dan mengerti sesuai apa yang saya tanyakan.

setiap kali dia berhasil menjawabnya, saya selalu memberi " Aplause ", pujian untuknya, menghargai hasil jerih payahnya, dan mengajaknya untuk selalu melakukan hal yang baik. dengan pujian membuat dia semakin termotivasi melakukan hal baik :)

matt selalu memberikan aplause pada dirinya sendiri ketika saya bertanya. ada kebanggan dalam dirinya ketika dia berhasil melakukannya :) tak sengaja, karakter percaya diri tumbuh dalam dirinya. :)
saat itu, usia saat dia mengenal rabbit adalah 14,5 bulan, saya baru sempat memostingkannya sekarang. dan sekarang matt sudah mengenal Dog - Anjing yang merupakan hewan ketiga pada buku mininya.

Bagaimana cara saya mengajari " DOG " sebagai hewan berikutnya?? tunggu ya, saya pasti akan memostingkan cerita ini di waktu berikutnya :)

terkadang, saya berfikir ingin menjadi mommy sekaligus guru buat matt dirumah. semaksimal mungkin ingin memberikan yang terbaik untuknya. sebisa mungkin mengajarinya, memanfaatkan waktu yang ada, karena pertumbuhan dan perkembangan mereka sangat cepat dan tak bisa terulang.




No comments:

Post a Comment