Wednesday, September 5, 2012

I can Eat and Drink By Myself :)

sejak usia matt genap satu tahun, saya sudah melatih matt untuk belajar makan sendiri. tapi jenis makanan yang dilatih masih saya pilah.

Seperti nasi dan jenis makanan berkuah sebaiknya saya menunda terlebih dahulu. karena saya mengharapkan matt dapat belajar sesuai step by step dari termudah sampai tersulit. Jadi saya lebih setuju untuk memberikan jenis buah potongan atau makanan yang berbentuk dadu, karena membuatnya lebih gampang jika mengambilnya dengan menggunakan sendok / garpu.

Kali ini saya memilih buah pepaya. saya memotong buah dalam bentuk kotak atau dadu, lalu saya sajikan dengan garpu khusus baby yang ujungnya tumpul untuk menghindari cedera atau bahaya.

sebelumnya saya mengajari matt step by step bagaimana cara menusuk tepat pada buahnya. dan apabila berhasil tertusuk pada garpu. maka lebih mudah untuk melahapnya. tidak butuh  waktu yang lama untuk mengajarinya, karena setelah melakukan pengulangan atau pembelajaran beberapa kali, dia berhasil melakukannya.


matt bisa menusuk makanannya dan makan sendiri. Yeahh !!! matt bisa melakukannya. Foto yang saya ambil ketika saat itu matt berusia 14 bulan. :)



untuk sekarang matt sudah lebih mahir makan makanannya sendiri dengan menggunakan sendok, saya sudah meletakkan nasi pada piringnya untuk dilahap, meskipun tampak belum sempurna, masih belepotan dan masih sebagian jatuh ke lantai. tapi ini adalah pembelajaran dari yang belum sempurna menuju hal yang sempurna. dan berharap kedepannya dia bisa makan dengan lebih baik :)

Sedangkan matt sudah bisa minum sendiri dengan menggunakan gelasnya saat usianya tepat 12 bulan. tidak tumpah, dan matt sudah mahir melakukannya juga. sejak usianya 9 bulan matt sudah bisa mengunakan sedotan sendiri. dan 12 bulan saya mengalihkan ke gelas.


Dari Gelas, matt bisa minum air mineral, fresh milk, jus buah dan sebagainya. oh ya, teringat olehku jika matt hampir tidak pernah menggunakan botol susu dot. matt hanya menggunakan botol susu dot pada bulan pertama saja. itupun hanya malam hari karena saya menggunakan jasa pengasuh yang merawat aku dan babyku pasca melahirkan.dimana pada malam hari selama sebulan, saya harus istirahat full untuk merecover tubuhku. jadi sebelumnya saya sudah memompa asi dan stock di freezer.

setelah jasa pengasuhku pulang, saya melepaskan dot, karena saya tidak bisa memberikan matt dot. ntah kenapa saya bingung. apa karena saya kurang mahir bagaimana memberikan matt sebuah dot botol susu,. atau karena matt yang kurang suka menggunakan dot botol susu. yang pasti dia menolaknya, dan tidak bisa minum asi lewat botol susu dimana dia lebih merasa nyaman dan memilih lewat nippleku. :D








No comments:

Post a Comment