Wednesday, September 19, 2012

16,5 Months - Matt menolak minum susu

hmm...menuju 17 bulannya matt, saya mengalami kesulitan untuk menawarkan pada matt segelas fresh milk, berbagai cara telah kucoba tapi selalu gagal. dia menggelengkan kepalanya, bahkan menolak dengan kedua tangannya :(

sempat olehku untuk memberikan sufor ( susu Formula ) pada matt, dalam benakku, mungkin saja matt kurang suka dengan fresh milk, untuk apa saya paksakan memberikan fresh milk padanya. jadi saya mencoba memberikan susu formula.

Hmm... Bagaimana reaksinya?? dia menolak lebih parah dari segelas fresh milk. dengan mencium bau sufor, Matt segera menolakkan sufor tersebut dengan kedua tangannya, belum sempat tercicipi, dia enggan mencobanya. mungkin sufor memiliki aroma lebih pekat dan rasa yang lebih creamy, sehingga matt kurang menyukainya.

alasan untuknya menolak sufor, apakah karena matt sebelumnya adalah bayi Asi? dimana asi merupakan susu ibu yang teksturnya lebih encer, tidak manis dan tidak creamy? saya pun belum menemukan jawaban yang pasti.

Mungkin karena setiap anak memiliki selera yang berbeda. saya tidak bisa memaksa matt harus menyukainya.

Jadi apakah saya khawatir ketika matt tidak mau minum susu??

jawaban sebelumnya adalah iya. jelas saya sangat khawatir ketika ia tidak mau minum susu, apalagi sebelunmnya saya berniat akan menyapih asi maksimal usianya genap 2 tahun. jadi saya berharap perlahan saya mengenalkan fresh milk atau sufor sebagai susu lanjutannya.

ketika dia menolak, dan tidak mau minum susu, saya sempat dilanda stress,, Ohh.. kenapa bisa begini?? sebelumnya dia mau minum fresh milk sejak usianya 12 bulan, kenapa sekarang mendadak tidak mau???
apa yang terjadi pada baby keciku?? berbagai pertanyaan menyelimutiku, ya, pengalaman pertama sebagai ibu membuatku bingung. dan saya mencoba tenang mengahadapi masalah ini walaupun sulit.

perlu untuk saya mencari tau via internet, dimana zaman sudah canggih, dan lebih memilih berkonsultasi kepada teman untuk menghadapi kejadian ini.

Ya, lumayan membuat saya tenang, saya menemukan jawaban yang sangat sederhana, tetapi menenangkan jiwa.

untuk baby diatas satu tahun, susu hanya merupakan asupan pelengkap, bukan yang utama.jika anda yakin dengan segala asupan yang dimakan oleh bayi anda merupakan makanan sehat dan bergizi, anda tidak perlu khawatir dengan susu.

Susu bukan suatu keharusan, tapi memang baik jika dikonsumsi. kenapa susu baik?? karena kita membutuhkan kalsium untuk tumbuh kembang anak.

Jadi, ketika baby anda tidak mau minum susu, apakah ini merupakan jalan buntu dalam menghambat pemberian kalsium?

jawabannya adalah tidak !!!

Jangan pernah paksakan mereka untuk harus minum susu, semua ada masanya. sebuah paksaan tidak baik, karena dapat menimbulkan trauma. jadi sebaiknya kita mencari jalan untuk memenuhi asupann gizinya, sambil menunggu selera minum susu nya kembali.

ketika ini terjadi pada babyku matt, aku berusaha memodifikasi susu menjadi bentuk makanan yang menarik.


  • aku bisa membuatkan untuknya pudding yang merupakan makanan kesukaannya. tentu saja kali ini saya membuatkan pudding susu - ya, dia sangat menyukainya. semua lahap, habis sekejap :)


  • aku juga bisa memberikan padanya youghurt yang tentunya terbuat dari bahan dasar susu juga dan merupakan asupan yang memiliki vitamin D, untuk pertumbuhan tulangnya :)


  • aku bisa memberikan keju, sebagai pengganti susu, aku bisa membuatkan cookies, cake, dan keju juga bisa dicampurkan ke bahan makanan yang lain sebagai penambah rasa asin dan gurih. ya, matt juga menyukai nya.


jadi, sementara sambil menunggu mood matt membaik, saya berinovasi memberikan asupan pengganti susu, berharap kebutuhan kalsium matt tetap terpenuhi, walaupun mood minum susunya belum kembali.

berharap masa ini berakhir, dan matt bisa kembali seperti dulu :)


No comments:

Post a Comment