Friday, December 9, 2011

Makanan Pendamping Asi ( MPASI ) pertama untuk matt

EXCITED !!!!!!


itulah pertama kali yang aku rasakan menyambut MPASI ( makanan pendamping  asi untuk matt ).. ya rasanya saya ingin memberikan semua menu yg baru dan tentunya enak untuk buah  hatiku. tapi syukurlah sebelumnya saya sudah di peringatkan oleh sebagian temanku untuk memberi makan secara bertahap dengan alasan menjaga pencernaanya supaya ususnya tidak besar, dan biasanya perubahan siklus MPASI membuat baby sulit BAB. karena perhatian teman-temanku jadinya saya tahu batasan-batasan pemberian MPASI.


zaman sekarang  sudah modern, banyak pengetahuan yang bisa kita kutip lewab jejaringan internet, sebelumnya saya sudah mempelajari lewat browsing-browsing ke beberapa situs untuk memberikan menu makanan yang terbaik untuk putra pertamaku. 


disaaat putra saya berusia 4 bulan, saya mulai mempelajari MPASi, supaya saya tidak kaget dan siap untuk menyambut perdana putraku mengenal makanan. ,maklum lah saya hanya seorang ibu yang amatir, merawat baby saya dengan pengetahuan yang 0 BESARR.... dan tidak menggunakan jasa sitter, dengan sekuat tenaga dan tangan sayalah, saya mengasuh si kecil. jadi Guru terbaik buat saya adalah orang tua saya, situs internet, majalah-majalah langganan saya misalnya mother and baby, dan terlebih yang sangat-sangat terbaik adalah sahabat-sahabat saya dengan segala pengalamannya.


senang rasanya baby saya sudah tumbuh besar, menjadi baby yang cerdas,dan perkembangannya termasuk sangat cepat. disaat usianya 3 bulan dia sudah bisa tengkurep, 5 bulan dia sudah bisa membalikkan badannya sendiri alias guling-guling. dan 7 bulan dia sudah bisa merangkak. Terima kasih kepada Tuhan Yesus yang sudah membimbing Putraku tumbuh menjadi baby yang cerdas dan layaknya perkembangan seorang baby sesuai dengan usianya.


ada beberapa menu yang saya siapkan untuk baby saya. buah yang saya pakai adalah peer xiang lie, apel washington, jeruk baby java,pisang cavendish, dan beberapa sayuran seperti pumpkin, baby buncis, brokoli, wortel, bayam, ubi-ubian,kentang, dan bahan karbohidrat utama adalah beras merah.


kenapa saya memakai beras merah? karena beras merah banyak mengandung serat sehingga baby kemungkinan kecil mengurangi sembelit.. :)





matt dengan lahap makan MPASI nya. 




Untuk baby 6 bulan pertama sebaiknya diberi makan bubur saring, seluruh makanan harus disaring terlebih dahulu. kapan masuk ke bentuk TIM??? ketika baby sudah mulai mengunyah, maka anda  boleh mencobanya ke tahap bubur tim. untuk mempermudah sebaiknya anda menggunakan slow cooker. dengan cara ini anda tidak akan kerepotan, karena anda bisa memulainya beberapa jam sebelumnya, bubur akan dimasak secara perlahan lahan sampai menyerap dan merasuk.


jika baby anda sembeliit sebaiknya stop memberikan pisang dan wortel sementara waktu. karena pisang memiliki zat olyn, sehingga membuat Pup nya menjadi keras. jika anda sudah terbiasa memasak menu menggunakan wortel, anda bisa menggantikannya dengan pumpkin. :)






matt selalu melihat menu makanannya sebelum dia makan :)


sebaiknya untuk memulai memberikan MPASi biasakan anak anda  untuk duduk di kursi makan, dan janganlah memulai memberi makanan dengan cara berkeliling ruangan atau digendong. karena selain makannan tersebut tidak higienis, anda akan lelah mengikuti baby anda makan :P. jadi mulailah sejak dini. seperti pepatah mengatakan ala bisa ,karena biasa :)


ya sedikit pengalaman yang bisa saya bagi, dan semoga bermanfaat, dan bisa menjadikan sedikit tips tips untuk memulai baby anda masuk fase MPASI.


selamat mencoba, God Bless :)