Tuesday, February 5, 2013

Matt - 21 Months old !!

01 February 2012 

Berat : 12,5 Kg
Tinggi : 89 cm

Matt uda genap 21 bulan. waktu cepet berlalu ya.. ngerasa baru kemaren aja ngelahirin si Matt, eh sebentar lagi Matt uda mau sekolah :P gak berasa waktu cepat sekali berputar, selain matt tambah besar, aku ngerasa  tambah tuaaa *hahayy_lebayy*

seperti tradisi tiap bulannya, awal bulan postingan pertamaku ini selalu postingin perkembangan matt pas genap di Ulbul alias ulang bulannya, secara tanggal lahirnya itu tanggal 1, jadi mau gak mau pasti post tentang yang satu ini dulu :P

Nah, genap 21 Bulannya ini aku ngerasa Matt ini banyak kemajuan yang superr.. super dasyat, super mantapp, super Ok, dan superr..... :D

Kenapa begitu yaaa???

aku juga bingung. :D lohh !!!

Nah, ini alaskanku napa dia kubilang superr buatku...

1. Berhasil mengulang kata-kata yang kita ucapkan
Matt ini sekarang suka mengulang kata-kata yang kita ucapkan, bukan hanya suka, tapi disaat dia mengulangnya dia berhasil :D 70 persen mencapai sempurna. cuma ada beberapa huruf yang masih sulit diucapkan. contohnya saja bilang busway. matt suka banget ngeliat busway kalo kita jalan-jalan ke daerah sudirman, atau central park. dia bisa jerit-jerit sambil bilang Ba-way.. tapi ucapannya masih kurang huruf "S" mestinya "Buswayyy" tapi ndak papalah yaa.. yang penting uda ada ketertarikan dalam mengucapkan kata-kata ( haha... mamanya maksa nihh :P )nah itu dia, maksudnya 70 persen itu... masih belum sempurna gituu.. :P

2. Bukan hanya mengucapkan, tapi Mengerti.
Nah, Matt ini bukan hanya sekedar ikut-ikut dalam melafalkan sesuatu, tapi dia uda ngerti apa yang dia ucapkan. contohnya nih : Tahun lalu aku ada beliin Matt baju Tiongsam, jadi karena berhubung dalam beberapa hari lagi uda mau sincia, jadi kupakein baju tiongsam nya. dan abis itu aku bilang ke Matt " Matt pamer donk bajunya ke yeye dan nai-nai.. " eh tau gak, Matt itu nyamperin yeye bilang " Bajuu.. baju.. Nana... nana.. (maksudnya celana)" ( sambil nunjuk-nunjuk baju dan celana barunya ) lucu deh ngeliatnya.. jadi Matt itu ngerti kalo itu baju dan celana baru, dan ngerti kalo dia mau pamerin sama yeye dan nai-nainya.. :D

3. Sifatnya tertib dan Rapi
wahh.. ini sebenernya jarang dan aneh ya sifat yang satu ini, apalagi masih kecil, Tapi bakat sifat tertib dan rapi nya itu keliatan dari Matt umur setahunan. kadang seneng sih dia bisa tertib dan rapi. tapi sangkin rapinya aku sempet kewalahan :D

kenapa kewalahan ya?? ini kejadiannya baru kemarin digereja. Matt itu paling gak bisa liat orang buka pintu tapi gak ditutup kembali, buka lemari gak ditutup, pokoknya yang sembrono-sembrono gitu.. dia gak tahan liat berantakan-berantakan. eh, dirumah kalau saya buka lemari pakaian abis itu lupa tutup dia bisa teriak bilang " tutupp.. tutupp " kalau nai-nai abis buat kue, kitchen buffet nya lupa tutup, pasti diomelin sama Matt, teriak Bilang " tutup-tutup " ndak papa lah ya kalau dirumah, sekalian Matt yang ngajarin kita hidup tertib *aduh malah kebalik, kok anaknya yang ngajarin yang tua ya :P " malu dewee...

Dan yang repotnya, yang buat saya kewalahan, pas kemaren lagi Misa digereja. si romo lagi homili. biasa kalo romo homili, umat banyak yang suka ke toilet. dan mereka keluar dari pintu Utama. nah ada umat keluar abis itu lupa nutup tuh pintu. tau gak sodara-sodara apa yang terjadi?? Matt teriak dan bilang " Tutupp tutup ntu.. " ( maksudnya tutup pintu ) dubrakk... semua pada ngeliatin, ditengah keheningan suara Matt yang nyaring sendiri, gak kebayang kan ekpresi orang-orang terpelongo liat si Matt :p otomatis pintunya langsung ditutup sama petugas tata tertib gereja.. Hahhaa.. aku sampe gimana gitu,, bisikin matt.. ssstttt... abis pintunya ditutup dia malah jerit " udaaaaa " ampyunn gakk.... :DD *tepokjidad*

Bukan cuma itu. kemaren ada yang parkir mobil depan rumah kita. abis itu orangnya buka pintu mobilnya, tapi gak ditutup, eh malah Matt yang jerit-jerit bilang Tutupp.. suruh tutup pintunya. secara kita gak mungkin kan ngatur yang punya mobil minta ditutup pintunya. hehhee.. alhasil aku jelasin ke Matt bilang "om nya mau masukin barang, sebentar lagi ditutup ' eh gak lama emank langsung ditutup pintunya sama si om. aku sampe bilang.. wah syukurlah.. sambil elus dada :p kalo gak bisa teriak-teriak si Matt gak legawa liat pintu kebuka :P

Kalo masalah rapi, ini anak Rapii banget. Matt selalu menyusun mainannya sehabis main. selalu menyusun mainan dikamar mandi sehabis mandi, dan sering bantu saya beresin kamar. misalnya menaruh barang-barang pada tempatnya. Matt hafal lohh barang itu biasanya taruh dimana. nih anak gak bisa liat barang berantakan dimana-mana.  bener-bener superr rapi dah..

4. Uda bisa nyanyi sepenggal
Seperti lagu standart sewaktu kukecil, aku selalu dinyanyiin lagu burung kakak tua sama mamaku. ntah apa specialnya lagu itu, tapi berawal dari lagu itu aku malah bisa ngikutin dan nyanyi. eh, tanpa sengaja aku suka nyanyi lagu itu buat Matt. tanpa disadari juga dia malah bisa ngikut aku sambil nyanyi. tapi cuma akhir-akhirnya doang..
Gini nih kata-katanya ;
Mommy : Burung kakak..
Matt : tuaaaaaa
Mommy : tinggal dijendela..
Matt : nenekkk..
Mommy : sudahh tuaaa.. giginya tinggal..
Matt : duaaaa...

hehehe... meskipun sepotong-sepotong bisa ngikutin tapi seneng dia uda tau sebuah lagu. kalo aku muterin lagu buat matt, dia bisa ngomong-ngomong sambil nyanyi gak jelas gitu.. :)

5.Uda bisa kumur-kumur kalau sikat gigi.
Matt terbilang anak yang gak sulit kalau suruh sikat gigi, selalu mau kalau diajak sikat gigi. tapi kan kita mesti ngajarin kumur-kumur yaa biar kebiasaan. jadi sejak dua minggu yang lalu aku mulai rutin ajak Matt kumur-kumur nih.. karena resiko takut ditelan airnya, jadi aku pake air matang dan bersih, aku taruh digelas, dan aku praktekkan disebelahnya, aku lakukan adegan kumur-kumur, eh abis itu Matt ngikutin dan bisa lohh.. pertamanya ditelan dulu. abis itu gak lama airnya dimasukkan lagi digoyang-goyang dimulut abis itu di buang, nah pas dibuang aku kasih aplause dan pujian semangat.. eh, dari situ dia tau itu yang bener,, mesti dukumur-kumur. sejak dari itu Matt sudah bisa kumur-kumur sendiri dehh... :D

6 Uda mengerti bentuk. 
Punya niat buat preschool in si Matt sih ada. cuma gak sekarang pikirku, ntar masih mikir dan sedang konsultasi ke beberapa temen, kapan waktu ideal buat Matt bisa skul dan gak ngebosenin. tapi dirumah aku ada ajarin Matt bermain sambil belajar, karena kami belajar sambil bermain, jadi bawaannya lebih fun. Matt aku ajarin bentuk triangle, Square and Circle, Matt uda lumayan mahir dan mengerti kalo kita nanya :) dan Matt uda tau bentuk star juga lohh...

7. Sadar Kamera :p
Nah ini nihh yang bingung dewe. Matt ini type orang yang sadar kamera. doyan difoto. mungkin karena dari baby uda akrab sama kamera kali ya,.. ndak tau juga. tapi kalo kita abis jepret dia bergaya, eh dia ngotot minta kameranya pengen liat hasilnya. kadang suka bilang " jelek..jelekk" dikasih lagi kameranya minta kita jepret ulang. *bisa pingsan gak tuh??*

8. Uda Bisa panggil Nai-nai
wahh ini point plus buat Matt. gimana gak?? matt bisa aja buat si nai-nai bangga nya minta ampyun..
sebelumnya Matt itu panggil nai-nai dengan sebutan mama. karena menurutnya sulit panggil nai-nai dan dia tidak pernah berhasil mengucapkannya,. jadi ngeliat aku panggil mami mertua dengan sebutan mama alhasil Matt jadi ngikut deh manggil mama. mungkin lebih gampang kali yaa... jadi kalo butuh apa-apa sama nai-nai pasti Matt panggil Mama. tapi kita tetep aja ajak Matt terus panggil Nai-nainya dengan sebutan nai-nai misalnya  bilang bye-bye nai-nai.. Matt bilangnya bye-bye Mama..

Dan yang buat kita kaget itu, tiba-tiba pas mau bobok, Matt itu suka bye-bye sama semua orang. yeye, mba, daddy semuanya dibye-bye in kecuali aku. karena kalo aku dibye-bye in dia bingung dewe, siapa yang ngoncoin aku bobok ya rek... hehhee.. jadi seperti tradisi mau bobok,  aku suka bilang Bye-bye nai-nai. eh tau-tau Matt bisa bilang " bye-bye nai-nai: gak ada angin, gak ada ujan aku sampe terpelongo sendiri. kebingungan. tapi reaksi nai-nai beda lohh.. nai-nai langsung ' Plok...Plokk..Plokk,, " tepuk tangan buat cucunya dengan rasa bangga sambil tertawa lebar bilang " Matt pinter " hahha.. sejak dari itu Matt manggilnya uda nai-nai. genap 21 bulan passsss dia bisa panggil nai-nai.. hehehe..

9. Uda makan seperti makanan orang dewasa.
Maksudnya nih bukan uda bisa makan cabe seperti kita-kita :P tapi Matt uda bisa makan wortel, daging, ayam gak perlu dipotong kecil-kecil lagi. makan fetuccini juga uda bisa panjang-panjang gak usah dipotong lagi. makan sayur juga uda bisa gak perlu diiris lagi, sekarang Matt uda bisa makan menggunakan gigi gerahamnya, uda bisa mengunyahh dengan maksimal. seneng liatnya....

10. uda tau apa yang dia mau.
Matt uda bisa bilang Mau kalau dia menginginkan sesuatu. bilang gak Mau kalo dia gak suka. bilang NO, kalo gak sesuai hatinya, bilang yes, kalo itu " ya " menurut hatinya, uda bisa bedain ya dan gak. uda bisa nolak juga tentunya, huhuhu.. karena dengan mudah dia akan jawab No, or Gak mau kalo emank dia gak mau..

nah 10 point diatas buatku penting banget dan kudu aku catet dalam perkembangan bulannya. sesuatu yang luar biasa setiap hari buatku bisa menulis perkembangan detailnya Matt, terkadang waktu nulis sambil nginget dia ngapain aja yaa,, buatku bisa tertawa sendiri.. lucu sekali dan aku terhibur olehnya.

Btw, aku baru aja mengambil gambar tanggal 3 February ketika Matt bergaya di central Park Jakarta. gak berasa Matt sudah besar yaa..


Terkadang tanpa sesuatu hal yang penting, bibir mungilnya bisa menempel dipipiku. tanpa seorang pun yang menyuruhnya. tapi dia bisa membuatku terpesona dengan kecupan mungilnya. mungkin terkadang dia ingin mengekspresikan rasa sayangnya padaku. dan saat hal itu dilakukan olehnya, aku seolah menjadi Mama yang paling bahagia di dunia ini.

Happy 21 Months Old Lil Matt !!

Matt akan selalu menjadi malaikat kecil dalam hati Mummy.. dan Tumbuhlah menjadi anak yang luar biasa buat mummy and daddy. terlebih Tuhan ya sayang :)

We  Love You....









6 comments:

  1. happy 21 months old matt!
    wah udah pinter ngomong ya.... :)

    tentang yang suka nutup2 itu... gua jadi inget si andrew dulu pas kecil juga gitu tuh. udah kayak polisi. huahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks uncle arman :)

      huahaha... ternyata andrew juga gitu yaa... ada-ada saja sianak kecil ini :P
      seruu juga liat perkembangan mereka :)

      Delete
  2. Wah Matt hebat yah dari kecil udah bakat rapi, padahal anak cowok!! *kagum*
    Trus makannya dan sikat giginya juga pinter yah... bagi tips nya dong Ren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..Thanks aunty mayo :) iya, kadang-kadang sangkin rapinya jadi repot sendiri karena mami daddy nya suka diperintahin nyusun barang Matt dulu sebelum bobo. :P

      tentang persikat gigian karena berhubung Matt dari lahir sering dibersihin mulutnya pake kasa tiap hari. jadi Matt uda biasa sendiri mayo, abis itu sejak setahun mulai kenalin Matt sikat gigi. tapi pagi aku masih pake kasa takut gak bersih nyikatnya. ( resikonya tangan kita suka digigit :( kalo malem baru pake sikat gigi.

      hmm... gak ada tips khusus sih. cuma aku sering kasih liat Matt ketika aku sikat gigi, Matt perhatiin sampe gak berkedip, seru... kali ya liat mulut mummynya berbusa :P abis itu aku kasih Matt pegang sikat sendiri. ya itung-itung sambil belajar nyikat, lumayan Matt demen dan antusias :)

      Kalo masalah kumur-kumur, aku disebelahnya praktekin, abis aku lakuin, aku suruh Matt lakuin. eh gak lama sukses deh kumur-kumurnya :)
      mudah-mudahan alice juga gitu yaa... pinter sikat giginya. :)

      kalo makannya ini lagi masa jayanya Matt makan. mungkin giginya lagi enak ya, belum ada yang mau numbuh lagi.. alice gmn? doyan makan juga kan? :)

      Delete
    2. Huhuhu... aku jg sdh berkali-kali nyontohin Alice sikat gigi tapi dia niruin cuman bentar trs sikatnya dilempar >_<
      Sikat gigi udah diganti bbrp kali berharap dia suka tapi tetep aja...
      Makannya susah susah gampang. Kalo lg mood ya cepat, tapi sering juga sampe sejam gak habis2 juga... Seneng yah kalo anaknya suka makan, aku kalo Alice lg suka makan sampe minta nambah2 gitu rasanya seneng banget (yg mana jarang terjadi hahaha)

      Delete
    3. gak boleh putus asa ya mummy mayo..tetap seangat !! iya nihh perjuangan kadang-kadang kitanya ya.. kalo Matt juga gak pernah sampe nambah nih,, cuma dikasih makan ya abis aja. jadi kalo Matt sampe nambah2 juga aku seneng banget..( setuju - jarang terjadi :D )

      Delete