Thursday, February 14, 2013

Happy Lunar New Year 2013 !!

Waduh telat banget ya postingannya, secara sekarang uda imlek hari ke-5. tapi ndak papalah, yang penting belum lewat cap go me. mending telat dari pada gak. Huahahha *ngeles*

Jadi Sekarang pengen ngucapin " Gong Xie Fat Chai - Angpao Tua tua kai :P " ( angpao gede-gede maksudnya :D
Gong Xi gong Xi..
Imlek kali ini kita gak kemana-kemana. biasanya kita selalu jalani tradisi ke Sukabumi - kampungnya si opa nya matt. semua pada ngumpul disukabumi. 8 bersodara. jadi selalu rame, dan kiong hie2 abis itu tukeran angpao. selain itu ada acara makan besar. bayangi aja, sodara papa ada 8. belum lagi pada punya anak minimal 2, belum lagi yang uda pada punya cucu. waduh uda berapa orang itu yang ngumpul. pusing itungnya.. hehehe.. intinya biasanya itu rame pisan di Sukabumi.

Tapi kali ini sungguh beda. emank papa kali ini ngumpul sama kita di Jakarta. tapi papa memutuskan gak ke sukabumi. mungkin karena macetnya gak ketulungan kali ya.. ampyunn deh, bisa 5 jam kalo kesana. dan papa takut Matt sakit, karena abis liburan dari Bali. jadi kita ngerayain sincia nya dirumah aja. bareng papa mama mertua, aku, Harya dan Matt. hanya 5 orang aja :)

Sepi ya.. tapi semangat menyambut imlek gak kalah sepinya kok.. papa tetep aja semangat. meskipun papa insomnia. tapi ntah kenapa menjelang imlek itu bangunnya pagi mulu, bahkan bisa normal seperti biasanya. kan aneh ya. :D mungkin karena semangatnya itu. papa langsung buka parabola, nungguin kembang api siaran TV china + pasang lagu-lagu yang bernuansa imlek. syukur juga ada papa mama di Jakarta. kalo cuma aku dan harya mungkin berasa gak ada yang special kali ya imleknya.. mungkin kami lebih milih ke Mall. atau ketempat lain buat jalan-jalan tok. hehehe..

Mama juga gak kalah sibuknya. mama bilang malam imlek nanti, makan besarnya kalo bisa makan dirumah.seru gitu kita masak-masak. eh, ternyata setelah kita gali pernyataannya, kita nanya emank napa begitu ma? bukannya praktis makan diluar? mama bilang males ngantri-ngantrinya.. apalagi cuma kami ber-4 orang dewasa makan di resto china itu susah. karena minimal ber-6 supaya bisa makan di meja restoran. Kemaren sempet nanya-nanya di resto Din tai Fung di MOI, katanya gak terima per orang, terimanya ber-6. atau makan diatas satu juta baru bisa masuk di resto itu. huhuhu.. akhirnya gak jadi deh, kata papa kita makan dirumah aja. lebih santai + gak ngantri. hehehe..

Yauda, acara belanja ke pasar dan masak memasak di Mulai. menunya sederhana. dan masaknya juga gak banyak. buat makan malam aja. sebagai menu pembuka kita masak Sup Hisit Kepiting.beli kepitingnya juga penuh perjuangan. kepitingnya susah dicari. pada abis mungkin uda disiapkan buat masuk kerestoran kali ya. akhirnya dapetnya di mall. 

makan tengahnya kita masak Tim Ikan Kakap. nah ntah kenapa, menu ikan itu kewajiban buat masakan china. katanya lambang kemakmuran gitu.. apa iya sihh?? mitos aja kali ya. cuma karena kebiasaan ya jadinya ikan sesuatu yang wajib!! tapi ikan yang kita pilih berbeda. ikan kakap. malah ada yang bilang sincia mesti ikan bandeng. wah.. jujur aku juga baru denger nih. repot rasanya pake ikan bandeng, uda banyak duri, di Tim rasanya kok gak cocok ya.. biasanya bandeng kita selalu dipindang :P tapi mana cocok malam imlek makan bandeng pindang. :D alhasil terpilih lah Tim Ikan Kakap.

Setelah itu kita juga masak Chunkien, alias Bakkien biasanya tiap sincia kita selalu buat ini. tapi kali ini chun kiannya beda, gak digoreng pake tepung. aku tanya mama kenapa? katanya lupa.. huahaha... jadilah chunkian tanpa lumur tepung :P

Barang wajib berikutnya adalam Mie. tapi mama lebih milih Soun dimasak pake Kinciam. bentuknya sih oriental banget. dan bahan-bahan yang digunakan juga oriental. hehehe..

Gak ketinggalan siomay udang. biar ada dimsum-dimsumnya gitu.. jadi komplit makanannya. :D
Tapi Maap ya.. semua makanannya gak ada fotonya. karena sungkan sama papa mama mertua moto2 in makanannya. menantunya ndak berani karena papa mama uda duduk dimeja makan. huahhaha... tadinya mau foto dulu, eh sangkin hebohnya sampe lupa :p.

ini aja menu kita selama sincia. sederhana banget ya.. tapi kita happy kok bisa makan rame-rame. liat senyum tawa papa mama bisa ngumpul dan ngabisin malem sincia sama Matt.

Malem sincia pengennya kita juga makan bareng satu meja sama matt. tapi kalo Matt suruh nunggu jam 7 makannya, matt gak kuat, karena jam 6 biasa Matt uda makan. alhasil kita kasih Matt pudding  supaya Matt duduk diem dan anteng selama kita makan. :D

Lahap dikasih pudding :)
setelah makan kita lanjutkan foto bersama nih.. Matt aku pakein baju cheongsam. ini baju sebenernya dari Matt umur 9 bulan, waktu sincia pertamanya. tapi sayang dipakenya cuma sekali doank tahun lalu. jadi sacapme kemaren aku pakein Matt baju cheongsam yang kemarin itu. masih cukup sih. cuma buat tahun depan rasanya da gak muat deh.. ( Mama ngirit :P ) besoknya pas tanggal 10 feb, hari imleknya matt dipakein baju yang baru. uda tradisi kali ya imlek dipakein baju baru sejak aku masih kecil dulu..

Matt bersama Opa
Nih, sempet Cari file fotonya matt pake baju yang sama ketika umur 9 Bulan

Matt ketika umur 9 Bulan. Masih Chubby ya... 
Family Picture :)

Happy Family..
oma nya dan aku juga gak Mau kalah nih.. sebelum foto kita tuker baju cheongsam dulu. jadi kita bertiga kompakan pake baju cheong sam.

Matt and mummy 
Nih sempet foto Matt ama omanya bercheongsam ria :)



hari imleknya kita ke gereja, ngikutin misa imlek. dan kumpul sama papa mama aja dirumah. karena sodara-sodara pada kesukabumi ngumpul. jadinya kita kiong hie2 sekeluarga doank dan Matt dapet angpao dari opa oma.

Gitu aja suasana imleknya kita. sederhana cuma ber-lima sama Matt. tapi happy bisa ngumpul bareng sama papa mama.karena hari imlek ke tiga mama papa uda balik ke Medan lagi.

Semoga di Tahun ular ini, kita lebih baik dari tahun sebelumnya ya.. dan diberi berkat yang berkelimpahan. amin... :)










6 comments:

  1. Mampir balik nih...salam kenal yah ren :)
    Gong Xi Fa Cai for you & family...
    kudu makan ikan kayanya, soalnya nyokap pas di suruh makan resto hanamasa gak mau hahaha...mau cr yg ada menu ikan..kan ada ucapannya nian nian you yu (ikan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks ya fel da mampir :)
      Gong Xi Fa Chai juga buat fel and Family :)
      Iya ya, ditempatku juga ikan itu jd menu wajib tiap taon. berarti emank kudu ada ya itu ikan.
      Makanya, pas Mau sinciaan, Harga ikan naik melonjak muahall ya... hohoho - Panen si dagang ikan :P

      Delete
  2. gong xi fa cai!!!
    iya kalo lagi malem sincia enakan makan2 di rumah. lebih nyantai... :)
    dulu pas kita di jakarta juga selalu makannya di rumah mertua. mertua masak2 banyak banget. jadi kita bisa santai2 makan sampe kekenyangan. huahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gong Xi fa Chai juga ko arman and Famz :)
      Iya ya. makan dirumah banyak keuntungannya, gak usah ngantri, Makannya buanyak, gak pake Mahall lagi.. dan lebih puas kongko2 nya sama keluarga :D

      Delete
  3. gong xi fa chai yaaa :)
    waaa matt lucu banget :D

    ReplyDelete