Saturday, March 30, 2013

Keluhan punya ART Yayasan

Setelah Maid aku pulang yang bernama dessy. aku sempat menceritakannya disini . kemarin itu bingung kita harus nyari dimana. karena zaman sekarang bener-bener susah loh cari ART. aduh.. bingung deh. akhirnya aku dan Harya memutuskan mengambil ART dari sebuah yayasan di Tangerang.

Maklum, aku belum pernah mengambil ART dari yayasan. selama ini ngambilnya dari ART temen. jadi kalau Maidnya pulang, aku nitip gitu. Tapi kali ini susah. gak dapet sama sekali. lebaran uda lewat dua minggu. tetep aja gak dapet. nah kebetulan kalau dari yayasan kan lumayan banyak ya ART yang baru. jadi aku dapet deh satu.

Tadinya mau ditawarin dua orang. aku gak berani dua-duanya ambil dari yayasan,seremm... Apalagi Harya sering keluar kota. dan terkadang aku suka menyusul kalau kotanya familiar buatku.

Sebut saja si I. akhirnya aku memilih dia untuk menjadi ART ku, berasal dari yayasan, yang mengaku masih berumur 30-an, tapi kenyataan nya tidak. lihat aslinya ternyata aku ditipu. wajahnya seperti 40-an. dan dia tidak berani menunjukkan KTP nya alasan ketinggalan di kampung.

yaudalah, tak apa pikirku. aku cuma bilang kalau gak betah bilang ya, jangan pake acara kabur. aku pasti kasih pulang kok. kesepakatan bersama, akhirnya dia bekerja dirumahku. dan aku  baru tau kalau dia itu bekas TKI dari Malaysia.

Mertuaku tak mengizinkan jika ART ini bekerja sendirian, takut gak betah, nantinya akan kewalahan. dia pun menitip kepada ART teman baiknya. akhirnya kami dapet satu ART yang masih muda. berumur 16 tahun. penampilannya bersih, dan polos. tapi bekerjanya belum mahir. tapi dia senang dengan anak kecil. bisa mengajak matt berkomunikasi, akhirnya aku memutuskan dia sambil mengasuh Matt. sebut saja dia si L.

Ternyata. si I kurang bisa menerima kehadirannya si L. dia merasa tersaingi. dan terkadang membuat onar. ada saja tingkahnya yang membuat si L ini tidak betah. memarahi L bagaikan seorang majikan, memerintah si L bak seorang pemilik rumah. sampai si L diaduin olehku yang tidak-tidak. kenyataa ini terlihat oleh mataku sendiri. aku merasa ada yang aneh dengan si I. tapi si L tidak pernah mengadu apapun tentang si I, dia menerima ocehan si I dengan lapang dada. mungkin masih polos kali ya, atau masih anak-anak. aku kok merasa si L ini jadi tertindas..

Yasudah. akhirnya pekerjaan pun kubagi. agar si I  tidak mengurusi si L lagi. setiap pekerjaan mereka, silahkan masing-masing bertanggung jawab. jadi jangan pernah mengurusinya lagi. dan kupikir ini cukup sukses yaa dengan pembagian pekerjaan. si L pegang pekerjaan lantai bawah. dan si I memegang pekerjaan lantai atas.

berjalan hampir 7 bulan. aku pikir sudah tidak ada masalah. emank sih aku melihat gelagat si I seperti ART bak penguasa dan tak mau kalah. tak mau ditegur walau salah. selalu ada saja pembelaan dirinya atas kesalahan tersebut. kalau bajuku rusak dicuci olehnya dia menyalahkan ARTku yang lama si dessy itu. katanya aku dulu tidak memperhatikan ART ku. padahal si dessy sudah 3 tahun lebih bekerja bersamaku. moso mataku buta selama 3 tahun lebih ??

belum lagi baju robek kena setrikaan. bukan hanya bajuku tapi baju mertuaku. dia pun menuduh pembantu mertuaku yang di Medan melakukannya. moso mertuaku tidak tau selama di medan. sungguh ku akui mertuaku cukup teliti soal baju-bajunya. jadi mertuaku merasa dia bohong.

dan aku sering menemui si I ini sering menelepon sampai tengah malam. gak tidur mboo.. bayangkan umurnya 40 tahunan. tau gak dia nelpon siapa?? aku tanya si L. dia takut menjawabnya. akhirnya dia bilang si I genit, suka nelpon cowok-cowok. sambil bercentil ria. aduhh.. aku bisa bilang dia neponholic. bener-bener suka nelponn... pulsanya suka abis, gajinya suka diambil buat nelpon.
biarlahh..

jadi masalahnya apa donk denganku??beberapa hari yang lalu aku baru aja mendengar suatu kabar yang sangat membuatku mules, aku sampe sakit perut dengernya. bukan karena lucu, tapi karena shockkk.. apa itu??

Si L baru berani cerita ke aku. kalau si I ini ternyata :
1 suka nelpon an sama cowok-cowok gak jelas. mending kenal ya. ini juga baru kenalan. dan kebetulan depan rumah lagi renovasi. ternyata dia suka contact-contactan sama tukang bangunan. serem yaa..

2. kalau aku minta tolong si I ke superindo, supermarket terdekat. ternyata si I ini suka ketemu sama cowok yang baru dikenal itu. dan terkadang kalau aku lagi pergi, si I ini bisa nyelonong pergi tanpa izin. ternyata dia ke supermarket itu. ketemuan. sempat kepergok olehku dia gak dirumah. ngakunya beli pulsa. capee dee.

3.  si I suka ngomongi kita sebagai majikan hal-hal yang buruk. contohnya kalau aku gak pernah naikin gajinya lah, suka protes atas pekerjaannya lah. padahal dia bohong. bulan lalu aku baru aja naikin gajinya, tapi beberapa hari yang lalu dia telpon ke yayasannya " boro-boro naikin gaji. gak ada " aduhh boong gedee nih orang yaaa.. ampyunn

4. mending ya cerita diatas aku masih bisa tolerir. nah yang parahnya dia berani pake barang-barangku kalau aku lagi keluar sama Harya atau keluar kota. dia berani pake sandalku, peralatan-peralatan pribadiku. gilee yaa... esmosi tingkat dewa dengernya.

5. ini yang paling buatku syok. dia ngajak si L tidur di AC, dikamar abang iparku. pengen tidur diranjang, sambil nyalain ac. gimana gak shock dengernya?? aduhh aku bener-bener stress lohh  sekarang sampe gak bisa berkata-kata

6. si I juga keluar rumah tanpa izin waktu aku liburan di Bali dan di Malang. dia keluar jalan-jalan sama cowok gak jelasnya itu ke ancol. berangkat jam 1 siang, baru balik rumah jam 10 malam. gilee yaaa...

7. dia berani pakai HP aku, yang sengaja aku tinggal di lemari ketika aku ke bali kemarin. ternyata dia bisa copot kartuku diganti dengan kartunya buat nelponan. dipinjam selama aku dibali tanpa pemberitahuan. si L tanya dia " bilang dulu aja ke non" dan I langsung menjawab " ngapain bilang, kalo elu gak bilang dia juga gak bakal tau " *tepokjidad*

beberapa hari yang lalu  si L ngaduin sama aku karena si I bilangnya mau berhenti bekerja. dia bilang dirumahku gak bebas.dan aku semakin cerewet. ya iyalah. wong makin hari kerjanya makin gak beres. mungkin ngantuk atau apalah karena telponan. suruh beli A yang di beli B. ntah lah, tindakannya makin ngawur aja..

dan  kata si L kalo si I mau bilang samaku kalo I mau berhenti kerja. aduhh.. aku terus terang uda ngarepin banget yaa.. mau mecat juga gak enak. kalo berhenti sendiri kan lega yaa..

emank akhir-akhir ini aku liat keanehan dengan si I. anehnya I ini depanku baik banget lohh.. tapi seolah seperti ular berkepala dua. kurang baik apa coba sama mereka berdua ini. makanan apapun yang aku makan aku pasti bagi. dan gaji si I termasuk tinggi ya. karena gaji si I bukan aku yang ngasih patokan, tapi dia yang minta segitu. harusnya gak ada masalah soal gaji.

Akhirnya tanggal 27 kemaren pagi hari dia datang dan bilang mau berhenti. aduhh senengnya... yang kutunggu-tunggu tiba juga. ya kembali lagi, alasannya dengan berjuta alasan, dia bilang anaknya lagi sakit. pake drama menangis pula. bilang kalau gak disuruh pulang, juga gak mau pulang. katanya betah banget disini.

aku ketawa aja dalam hati. untung saja di L sudah menceritakannya lebih dulu. dia kemarin bilang ke L. kalau aku pasti syok denger kalo dia mau keluar. dan aku pasti menahannya. dan dia bilang ke L jangan ceritain semuanya ke aku alasan dia keluar, bilang aja kalau anaknya lagi sakit gitu..

aku pun tanpa basa basi bilang. iya gak masalah kalau keluar.. yauda kalau anaknya lagi sakit. dia tadinya bilang mau keluar tanggal 30. aku ingin dia segera menyudahi pekerjaannya. aku bilang besok aja yah pulangnya. pagi. karena Jumat sampai minggu saya mau gereja, Paskah.gajinya tetep saya bayar full.

yauda, akhirnya dia pun angkat kaki dari rumah saya tanggal 28 maret. ntah kenapa, selepas dia pergi dari rumah saya hati ini rasanya lega dan plong.. meskipun sekarang aku harus membantu L mengerjakan beberapa pekerjaan rumah tangga dan memasak. tapi hati ini gembira, karena batin gak tertekan dengan ulah si ART itu.

dan ini juga alasan aku untuk beberapa hari yang lalu vacum dari blog ini. sibuk, masih beradaptasi dengan tugas rumah. kalau mau nulis blog uda keburu capek dan ngantuk.

Semoga aku bisa berkomitmen untuk terus menuliss ya.. 

Dan aku berterima kasih sekali kepada Tuhan, atas segala yang terjadi. ntah apa jadinya kalau si I bekerja sendirian dirumahku, dan merajai rumahku sampai bertahun-tahun.

Btw,
Happy Easter  !!! :D



 




16 comments:

  1. Yaaa, menurutku sih kalau udah merasa ada yang nggak beres sama satu ART ya sebaiknya mulai ambil tindakan lah, hehe. Nggak usah takut kan untuk "memecat" karena kan ini rumah kita gitu, bukan rumahnya si ART :) . Masa kita di rumah sendiri jadi ngerasa nggak aman :D . Cuma ya mungkin kita mesti ada sedikit rasa toleran sih ya sama keinginannya si ART :) . Cuma kalo dia pergi-pergi tanpa izin ya memang agak kurang ajar sih...

    Dan memang sih, denger-denger makin kesini nyari ART makin susah ya.

    Tapi masih mending lho ada ART. Disini boro-boro ada ART, apa-apa mesti dikerjain sendiri! Hahahaha :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih ko. kadang hati ini gak enak gitu buat mecat orang. :(
      tapi untunglah si ART itu ngomong duluan yaa.. dia keluar rasanya plongg banget..

      iya susah ko cari ART. pada mau kerja di pabrik sekarang. mendingan kerja di pabrik katanya dari pada jadi ART. hehe..

      Iya, Indo emank gaya hidupnya manja yaa.. kalo disana boro-boro ada ART ya.. makanya gaya hidup orang sono simple, kalo kita ribett.. apa-apa masih manual. hahahahaaa... :D

      Delete
  2. hehehe kalo art nya nyebelin gitu malah lega ya kalo dia minta pulang.. :)

    happy easter ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lega bangett ko.. gak papa capek sekarang, tapi hati ini plongg gak usah kek khi.. :P

      Happy easter juga ko :)

      Delete
  3. Jaman sekarang susahhh dapat art yg bener. Dulh adikku punya art eh nyolong cincin adikku, untung ketauan tempat dia ngumpetin cincinnya. Ttus dipecat deh. Temanku baru2 ini katanya ketipu penyalur, msh byk cerita2 art lainnya, mostly ga baik ya. Happy easter ;).

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh.. serem bangett ya kak nella sampe nyolong cincin gitu.. untungnya barang berhargaku masih lengkapp sih.. Puji Tuha banget.

      Iya, sekarang pada gak bener ya kak, sekalinya ambil penyalur malah dapet ART yang begini. fiuhh... sekarang masih rada trauma sih kak ngambil ART dari penyalur :(

      Btw, Happy Easter juga kak nella :)

      Delete
  4. emang bner susah banget cari ART yang jujur adiL dan makmur *apasih
    tapi menujrut sya nih mbak yaa kalo masih bisa sendiri ga usah lah pake ART ..

    happy easter :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya susah dea. apalagi zaman sekarang gini.. seribu satu dapet yang jujur, adil dan makmur.. hahaha.. :D

      Thanks dea :)

      Delete
  5. Sekarang ART keknya pada ngelunjak karena ngerasa dibutuhin yah....emang gada yang perfect sih, tapi kalo udah berani masukin orang luar ke dalam rumah apalagi sembunyi2 bahaya tuh....untung aja udah keluar ya.

    Met paskah yak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sekarang pada ngelunjak fel, bener, ngerasa dibutuhin. malah bisa matok harga. bener2 belagu. hehe
      lega plongg rasanya dia uda keluar. gpp capek, dari pada melihara ART yang begitu ya..

      Met paskah juga fel :)

      Delete
  6. Waduh, yg pernah aku alami terjadi juga ke kamu Ren?
    Emang kalo ambil dari yayasan lebih byk trouble drpd kalo titipan tp gak selalu jg sih, yg titipan pun juga byk yg bermasalah :( Aku jg dah jera sama urusan pembantu, kalo bs semua taklakukan sendiri biar ga usah bergantung sama mrk.. Tapi untung yah masih ada 1 yg baik (si L).

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mayo, aku juga jadi teringet dirimu setelah mengalaminya. haha..
      iya,kalo bisa melakukannya sendiri ya. tapi sepertinya tak sanggup :( kalo sendirian semuanya. untung ada si L. jadi aku tetep bagi tugas sama L dan tidak ada rencana buat ngambil pengganti si I. masih trauma. gpp de aku juga ikut capek.

      Delete
  7. hi Renny.. wah untungnya masih ada 1 yang baik.. ART yang baik itu langka ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi bonnita..
      iya untung saja ya. kalau dua-duanya jahat ntah gimana nasib rumahku. :(
      iye, bener-bener langkah cari yang baik. kudu di entertaint juga nih ART yang baik biar betah. haha..

      Delete
  8. never ending stories kalo soal ART, bs sama yayasan hahahah
    gayanya mrk lbh tengil ketimbang kita jadi karyawan di kantor kan hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, gak ada akhirnya ya fel..
      iye, tengil karena mereka merasa kita butuh ama mereka.
      sampe ada yang bilang. nyonya2 dirumah lebih takut sama pembantu dari pada guru sekolah anaknya. kalo guru salah gampang marahinya wong kita bayar. tapi kalau ART yang salah cuma bisa elus dada takut gak ada ART yang mau kerja.padahal sama2 bayar kan ya?
      Jadi Tragis ya nasib guru lebih rendah dari ART. HAhaha... :P

      Delete