Wednesday, April 3, 2013

Bersyukur Didalam Kehilangan

Sulit ya rasanya ngucapin syukur kalau lagi sedih..

lagi kehilangan..

Dan itu bener-bener Jarang kita lakukan termasuk aku..

Aku punya cerita..

Tahun 2004
ketika kami pacaran kami sering tukeran Handphone. saat itu aku baru menukar HP ku dari yang butut ke yang baru. dulu Harga yang kubeli hampir tiga juta dengan type samsung flip.lumayan mahal untuk zaman 2004.  kebetulan Harya suka sekali dengan Hp flip, karena Hp kami berdua flip jadi kami sering tukeran. bedanya Hp harya sudah mulai butut, dan Hp ku masih baru.

Hari minggu nya ketika kami bertemu. sempet tukeran Hp. rencananya tukeran selama seminggu, dan dikembalikan sampai minggu depan ketika kami bertemu nanti. ok, proses tukeran HP pun terjadi.

Tahun 2004, waktu itu itu Harya masih bekerja di salah satu public consultant Jakarta. aku lupa dia naik busway atau bus 08 menuju tempat kerjanya didekat Semanggi itu. karena tempat itu adalah daerah 3 ini one, jadi gak ada alasan buat Harya untuk naik mobil pribadi. sebenernya bisa sih.. harya harus berangkat pagi-pagi sekali dan pulang diatas jam 7 Malam. malas rasanya melakoni kegiatan seperti itu. capek ..

Dengan bermodalkan semangat empat lima, sambil memegang HP baruku dia pergi kerja dengan angkutan umum. ntah kenapa, ketika turun dari bus, rasanya ada orang yang mengikutinya dari belakang. anehnya pagi itu Harya tak sedikitpun memamerkan Hp ini selama di perjalanan. Jadi Harya tidak menaruh curiga pada pria yang mengikutinya.

Ah. dia hanya berjalan tergesa-gesa. pikirnya. tapi tiba-tiba pria ini menarik celana panjang Harya, dan Harya langsung tersontak kaget. tak tau kejadiannya seperti apa. tiba-tiba saja HP itu lenyap dari kantongnya. Harya menebak tangannya sangat cepat menyelinap kekantongnya apalagi Harya kurang peka terhadap daerah sekitar.

Sampai kantor, segera dia menelpon kerumah berharap HP itu ketinggalan. eh ternyata Hp itu juga tidak berada dirumah. Ya, sudah pasti diambil orang itu. benar-benar dengan cara tak halal untuk mendapatkan sejumlah uang. sungguh sangat instant !!!

Kejadian kedua :

Harya sudah pindah kerja ke salah Satu Bank di Jakarta. persis dalam ingatanku, kejadiannya baru dua tahun yang lalu. ketika itu Harya sedang ngaudit di daerah Matraman Jakarta. tempat ini cukup rawan sih. tapi siapa yang menyangka bisa kejadian lagi.

kali ini Harya sedang membawa mobil mau berangkat kerja. sebelum sampai daerah matraman ada yang manggil harya seperti menyetop, memberitahu Ban mobilnya kempes. Harya pun cuek, ah.. pasti dia mau bohongi saya. Harya pun tampak waspada. jadi tetap melaju.

beberapa meter kemudian, ada juga yang ngasih tau ban mobilnya kempes lagi. ah, si Harya mulai tak PD, apa iya ban nya kempes. Harya pun mencoba bertahan pada pendiriannya dan tetap melaju. kemudian sudah dekat dengan matraman. ada yang menghentikan mobilnya lagi dan bilang. wahh kempesss mobilnya. akhirnya Harya pun kemakan omongan mereka dan mencoba percaya.

Jadi Harya mencoba turun dan mengecek ban mobilnya. dengan cepat dan sigap si Maling itu langsung buka pintu mobil harya dan mencuri tas beserta Laptopnya yang berada di kursi belakang mobil. Deggg !!!! kaget seketika. sial !! aku pun tertipu pikirnya. jadi lenyap untuk kedua kalinya. Hilanglah benda berharga untuk kedua kalinya yang diambil mirip dengan kejadian nomor satu. mirip yaitu sama-sama diambil dengan pencopet jalanan !!

Kejadian ketiga :

Tepat Tanggal 01 april 2013. fresh banget, karena kejadiannya baru kemarin. Harya janjian dengan dua orang temannya untuk dinner bersama. teman lama yang jarang ketemu, bolelah sesekali nostalgia. Tapi sebelumnya pagi hari harya sempat pinjam kamera pocket S90 ku, yang kubeli sejak Matt masih umur dua bulan. aku belain beli meskipun saat itu harganya masih mahal. sekitar empat jutaan. tapi gak papa namanya juga investasi buat anak, seneng rasanya ya jepretin dan mengabadikan perkembangan anak kita.

kebetulan kamera itu dipinjam Harya untuk urusan kantor, karena ingin jepret beberapa file penting. jadi aku izinkan dia membawa kameraku. padahal Harya hampir gak pernah loh minjam kameraku selama kamera itu menjadi milik kami. harya hanya beberapa kali tak lebih hitungan dari lima jariku meminjam kameraku.

Malam itu mereka dinner di daerah menteng. karena kesasar, jadi Harya parkir agak sedikit jauh dengan restaurantnya. tas beserta kamera ditinggal dibawah kursi belakang mobil. harya mengunci pintunya dan turun menuju restaurant.

betapa syok nya, sekembali dari resto itu. harya masuk ke dalam mobil, tampak berserakan Kaca pintu yang pecah. ya, Kaca pintu belakang dipecahkan oleh Maling itu!! dan tentu saja tas yang berisi Charger, token beberapa Bank beserta kamera pun lenyapp seolah ditelan bumi. tak satu pun yang berbekas. tapi yang anehnya hp harya E90 dan Nokia tertinggal dikursi depan selamat. tampaknya simaling terburu-buru sampai tak keliatan Hp harya dikursi depan.

Mestinya alarm nya berbunyi ya, tapi ntah kenapa tak ada satu orang pun yang merespon. atau orang-orang di Jakarta pada cuek bebek, atau alarm tak berfungsi semestinya? ntahlah. tak dipungkiri daerah tersebut emank rada sepi sih. tapi ketika harya menuju mobilnya tak seorang pun yang menghampiri.

Yang membuatku menyesal dengan kejadian ini adalah hilangnya beberapa foto Matt berserta video nya. karena ada beberapa foto terakhir yang belum sempat di move. saya merasa memory dan moments itu tak kan pernah terulang kembali. soalnya video beberapa bulan terakhir belum sempat kupindahkan. tapi selain ini kan sayang ya kamera hilang begitu saja :(

Bingung aja sama kejadian ini. Tingkat kejahatan di Jakarta semakin meningkat rasanya. berbagai cara dilakukan mereka untuk mendapatkan uang instant dan tak halal. bukan sekarang aja sih, sebenernya dari dulu juga yang namanya kejahatan ada dimana-mana, tapi rasanya jaman sekarang makin canggih aja gitu cara malingnya. banyak penipuan dimana-mana, lewat HP, lewat internet, door to door, banyak cara yang mereka lakukan. jadi kudu waspada ya sepertinya

Yang harus kita ambil hikmahnya adalah belajar iklas, bersyukur didalam kehilangan. buat aku, untung aja Harya gak kenapa-kenapa ya, malah banyak yang nasibnya lebih tragis. Harta benda bisa dicari, tapi nyawa takkan pernah kembali.

mesti ikhlas akan segala sesuatu, karena Tuhan selalu merencanakan kebaikan buat kita. setiap lumbung, Tuhan uda siapkan, jadi gak perlu khawatir. yang kita lakukan harus berusaha semaksimalnya. semoga si Maling cepet bertobat aja ya, dan sadar apa yang dia lakukan.

Harya sempet godain aku, karena aku suka bilang " untung aja yaa... bla bla bla. " dia bilang dasar orang indo, selalu untung yaa meskipun tertimpa musibah. Hahaha.. *menghibur diri*

Namanya juga berusaha positif thinking aja ya,, semoga tidak akan terjadi Hal-hal yang seperti ini lagi. dan semoga kita semakin waspada. dan bisa diambil hikmah dari semua ini

Sampai cerita ini ditulis, saya sudah ikhlas dengan apa yang hilang. dan bersyukur kepada Tuhan atas kejadian yang boleh terjadi dalam hidup kami. ya, mungkin ini sebuah teguran, dan pembelajaran untuk belajar ikhlas. mengambil hikmah dan pelajaran atas apa yang sudah terjadi. dan Tuhan tau apa yang terbaik untuk hidup kita.










.  



25 comments:

  1. ya ampun... :(
    tapi emang kok sebaiknya jangan ninggalin barang berharga atau tas di dalam mobil. karena memancing maling kalo di indo. kalo emang mau ditinggal mesti di dalem bagasi yang gak keliatan.

    well anyway, ya udah lah anggep aja buang sial ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mesti simpen di bagasi lain kali ya, bener juga ko idenya.. thanks buat infonya :)

      Iya,anggap saja buang sial. kudu ikhlas sih, mau ditangisi kayak apa juga kagak bisa balik. hehe..

      Delete
  2. Rennyyyy... yg sabar yah *hugs*
    Ngeri bener baca cerita kamu, semakin memperkuat kesanku kalo hidup di JKT tuh susah :( Ya udah, diikhlasin aja, next time lebih berhati-hati lagi, yang penting seperti katamu, orangnya gak kenapa2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Mayo..
      iya, uda diikhlasin skrang. emank lebih kejam ibukota dari pada ibu tiri yaa.. haha...
      bener, yang penting orangnya gk kenapa2. uang kan bisa dicari ya..

      Delete
  3. Ya ampun.. Jadi sedih bacanya.. :( jadi belajar untuk lebih waspada dimana dan kapan aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi py..
      iya aku yang ngerasain tadinya juga sedih. emank kita kudu waspada ya. dimana-mana banyak kejahatan :(

      Thanks for visiting this blog yah :)

      Delete
  4. Hi Renny.. iya bener kata Arman, jangan ninggalin barang2 berharga di mobil, mending taroh di bagasi karena memancing maling.. oh ya btw dulu Toma juga pernah kerja di KPMG hehe.. tp aku tanya dia gak inget yang namanya Harya...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi bonnita..
      iya nih, jadi pelajaran. idenya bagus taruh dibagasi :)
      oh ya? sepertinya bagiannya banyak ya di KPMG.toma dibagian apa ya?, dan angkatan berapa? takutnya gak ketemuan. hihi..
      Harya cuma 2 taon di KPMG.

      Delete
  5. ternyata banyak x karyawan di KPMG yah hahaha...banyak tmn dl kerja disana (mantan) krn jam kerja gila jd pd keluar ktnya mereka jd gak punya social life walaupun gajinya oke

    pelajaran yg dipetik jangan kemakan org gak dikenal..sama jangan taroh barang berharga apapun itu dalem mobil soalnya memancing orang buat ngambil, bisa aja kerja sama sama si satpam/tukang parkir masa iyah sih pecahin kaca heboh gitu gak ada yg liat

    soalnya dl pernah lagi parkir gedung daerah wtc mg 2 pas lg muter2 ngeliat yah ada satpam mukanya napsu banget cabut spion motor di puter2 gitu tangkai spionnya buat di cabut, sampe gak liat kita dalem mobil saking asyiknya hahaha...catat satpam berbaju biru tua itu yg suka atur parkiran

    yang penting dr semua itu untung haryanya gak kenapa2, masalah ban kempes pernah ngalamin dulu bgt, jadi pas berenti di kolong jembatan pesing terkenal rawan itu kondisi udah jam 8 malam,

    emg udah bocor jadi stop pdhl gak mau stop tp temen kekeh stop dr pd rusak velg mobil, eh ada yg samperin nanya ban kempes yah, disitu ada tuh...ternyata dia ngamat2in mobil kita...sialnya abis itu temen lupa konci...gak lama gerombolan dia bermotor lain tiba2 buka pintu ngacung2 pisau depan gw buset deh...sampe shok loh gw trus tarik2an tempat kartu nama sama temen dikira PDA jaman itu belom ada bb trend PDA, kebetulan tas pergi gw itu bentuknya celana jeans pendek gitu

    gw bahkan gak sadar gimana caranya gw pindahin itu tas ke blkg pas ada org di samping g ancung2 pisau..pdhl tas gw ada 2 hp ada duit byk ketimbang dompet temen..

    akhirnya ada 1 moment kita berdua dorong2 si rampok itu trus buru2 tutup pintu lgs konci, rampok 2 motor itu pun kabur...jd temennya nunggu di motor sementara motor lain di depan 10 meter yg td belaga nyamperin di awal

    trus panggil karyawan temen suruh dtg bawa org bengkel buat bantu ganti ban, mending bayar org dr pd kita kenapa2...kondisi dlm mobil ketakutan, gak ada mobil berenti nolong, kebelet pipis, batere hp mau habis, trus doa salam maria terus hahaha...

    pas sampe rumah ternyata telapak tangan gw kebeset pisau dia perih ada darah tapi saking panik dan tegang jd gak berasa hehe...trus ngalamin lg kedua kali di arah sunter ke gading yg jalanan apa sih tuh setellah danau ke arah gedung graha kirana kalo lurus udah ke arah gading..nah disitu siang2 jam 2-3 akhirnya panggil temen, menepi ke gedung trus digantiin ban di temenin temen

    sejak saat itu gak bakalan percaya itu tuh modus btw itu pengalaman semua th 2005 sama 2006 kl pun beneran emb ban bocor paksain aja gas pelan2 kl mau sampe berenti cari tpt aman atau masuk komplek gedung kek, restoran kek jgn tempat sepi pinggir jalan atau tambel ban pinggir jalan...itu yg gw petik wakakaka

    soalnya hidup disini kita harus berjuang sendiri kan, org gak kenal gak bakal nolongin kita. atau mrk mau tolong tapi takut apes juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduhh.. baca ceritamu lebih mengerikan lagi fel, sampe keluar itu senjata pisau. ahh.. serem!!

      makanya aku suka bilang ke Harya, yauda direlain yang penting kamunya gak kenapa2. orang kalau uda nafsu, apapun bisa dilakukan. edann bener ya!!

      gw gak nyangka loh gedung graha kirana juga serawan itu. keliatannya aman2 aja ya. yang pasti dimanapun kudu waspada ya.

      Thanks buat sharing nya fel. bener-bener berguna. jadi kita bisa lebih berhati-hati lagi. iya, apalagi di Jakarta kudu berjuang sendiri ya. mungkin mereka juga takut apes nolongin kita seperti yang kamu bilang.

      ahh... susahnya hidup di Jakarta.. hahaha..

      Delete
    2. Btw, iya, ternyata banyak lohh aku temuin karyawan KPMG di Blog ini.. setuju, kerja rodi banget di KPMG, suka keluar kota, itu yang nyebelin. lama lagi kalau keluar kotanya. untung Harya uda resign dari sono. uda lama banget sihh.. hahaha... :D

      Delete
  6. Ikut sedih atas kehilangan-kehilangannya. Semoga dikasih rejeki lebih untuk beli yang lebih bagus lagi. Dan berdos aja, semoga hasil jualan barang2 curian itu dipake pencuri buat hal2 yang baik, nyekolahin adiknya misalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks angel.. amin ya buat doa-doanya.
      iya, semoga buat yang baik, dan si pencuri segera sadar ya kalo yang dilakukan itu gak baik. semoga pencurinya diberikan pekerjaan yang baik, biar gak mencuri lagi. :)

      Delete
  7. Turut prihatin Ren :(.
    Dulu kejadian kedua pas terjadi didepan mataku sendiri. Waktu hampir masuk gerbang kantor, aku & temanku liat 2 pria naik motor ksh tau seorang bpk klo ban mobilnya kempes, keluarlah si bpk ngecek, sementara pria bermotor dari sebelah lain mobil buka pintu dan ambil tas dan langsung ngabur. Aku & temanku teriak2 ksh tau si bpk yg ada sebrang jalan, eh si bpk ga geh, dan pas sadar tasnya raib ya pasrah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks kak nella..
      aduhh sering banget ya kejadian modus ban kempes. kudu hati-hati ya kak. kalau sampe kejadian, amit-amit ya.. jangan sampe :D sekarang kita berusaha semaksimal mungkin terus jalan mobilnya walaupun orang bilang ban nya kempes. cari yang aman buat berhenti, baru dicek kalau tempatnya uda aman.

      Thanks kak buat sharingnya. membuat kita lebih hati-hati lagi ya :)

      Delete
  8. Jaman sekarang makin susah orang makin nekad yah....takutnya kalo pas ada orangnya malah dilukai, untung mobilnya lagi kosong *untung lagi yah orang indo* :D
    Gw dulu juga pernah kecopetan di TA, baru masuk mo duduk taruh tas di kursi kosong sebelah udah disamber, gw kejar orangnya ilang....pasrah deh...padahal baru nyampe dari sby semalemnya...hiks...yang males urus lagi surat2nya itu ribet, duit ma hp direlain deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, untung nya harya gak kenapa2. Iye, Harya suka godain aku, orang indo banyak untungnya. waakkaka :D

      aduhh.. serem ya, iya kalo duit, HP rela deh kalau ilang. tapi kalo SIM, ATM, KTP, aduhh ribet bangett,, malas ngurus-ngurus yang begituan ya kudu lapor kepolisian soalnya. mana kamu baru balik dari surabaya lagi. moso pulang lagi. ahh ribet ya fel.. :(

      Thanks fel buat sharingnya. buat kita lebih hati-hati lagi. Di Mall juga sering ya kejadian begitu.. aduh dimana-mana mesti extra hati-hati.

      Delete
  9. waaaa mesti lebih hati-hati lagi yaa mbak ..
    sekarang anggap lah barang-barang yang ilang itu buang sial

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dea, mesti extra hati-hati jaman sekarang ya.
      iya, sekarang da direlain. anggap aja buang sial. doain si Maling cepet bertobat dan dapet kerjaan, biar gak maling lagi. hehe..

      Delete
    2. kalo kata aku nih yaa dari pada maling kaya gtu mendingan ngamen yaa mbak ga merugikan orang laen :) yaa jaman sekarang emang susah

      Delete
    3. iya bener dea.. tapi zaman sekarang emank susah. maunya instant semua :)

      Delete
  10. Huaaa.. Emang kalau barang elektronik yg ilang itu bukan nilau materiilnya aja yang bikin sakit hati, tapi isinya bikin lebih sedih lagi.. :(

    Semoga dapet yang baru yaaah.. Btw. Posting terakhir soal kamera kok diapus Ren?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya be. isinya gak bisa diulang lagi soalnya. :(

      amin... hahaha.. tau aja si bebe, padahal postingnya cuma sebentar :P
      karena gak lama posting. Harya pulang, abis itu uda setengah kasih gambaran dentang DSLR and pocket. lagian juga takut gimana gituu tentang isinya kan belum past tense. *haha apa sih*
      btw, pengen minta pendapat bebe. menurutmu lebih baik kamera apa be? sebagai yang lumayan familiar dengan dunia kamera. aku skrg kan belum punya 2-2nya. hehe.. sedih.. mestinya uda bisa beli DSLR nih :(

      Delete
  11. Memang sakit hati banget ya kalau barang dicuri seperti itu. Aku sewaktu di Bandung dulu juga pernah barangku dicuri orang. Sekali di angkot (yang mana bikin trauma naik angkot dan semenjak itu gak pernah naik angkot lagi, nyahahaha) dan sekali di kos. Yang di kos karena aku teledor sih. Berpikir "Ah, cuma ditinggal sebentar aja" dan keluar kamar dengan nggak mengunci pintu.

    Yaa, akhirnya memang diikhlasin aja deh. Hitung-hitung aja membuang sial dan amal ke si pencuri itu, hahaha. Dan sebagai pengingat diri bahwa kita harus selalu waspada dan jangan pernah memberikan kesempatan bagi kriminal untuk memanfaatkan kelengahan kita.

    Di Eropa juga ada lho kadang kejadian perampokan gitu. Ya nggak sebrutal dan sesering cerita-cerita di Indo sih, tapi masih ada gitu.

    ReplyDelete
  12. Iya. kudu di ikhlasin ya ko.
    kalo angkot, aku pernah denger dari temenku juga. biasa suka sekongkolan gitu. HP nya sih dicuri, bukan satu tas nya. ntah gimana temenku sampe gak sadar. mungkin sambil diajak bicara kali ya.. modus pencuri ini macem2 ya.

    kalo tempat kos, dulu aku juga ngekos, kebetulan cew semua. dan jarang ngunci pintu kalau main ke kamar temen. wadoww.. untung gak papa ya. denger ceritamu jadi serem juga. termasuk teledor dulu aku ya..

    Iya. kejahatan dimana2 pasti ada ya. kalo indo emank sangat brutal. dan seringg lagi.. huhh.. Kacau deh !!

    ReplyDelete