Thursday, March 7, 2013

Matt - 22 Months Old !!

Cepet banget ya, gak berasa Matt uda 22 bulan aja..  apa karena postingannya saban bulan, ngupdate perkembangannya, jadi rasanya jadi cepet banget, baru aja kemaren posting, sekarang uda posting lagi deh :P

tapi kali ini telat seminggu postingnya... (emank selalu telat :P )

ngomongi 22 bulan. berarti 2 bulan lagi Matt ultah kan ya? nah, sebenernya ni waktu yang pas buat kita mikir, Mau dirayain apa gak birthday nya si Matt, kalau Mau dirayain Konsepnya seperti apa. karena kalau mikirnya ntar uda 23 bulanan rasanya tergesa-gesa ya.. jadi coba dipikirin dari sekarang supaya konsepnya bener2 mateng. yah.. PR lagi dahh ini... kudu punya waktu extra buat ngurusin ini deh :P

Ok, seperti biasa pengen sharing perkembangan Matt diusia 22 bulan. :D

Gak banyak yang berubah sih, Cuma ngerasa Matt makin pinter ngomong ya. uda mulai bisa menggabungkan kata meskipun belum banyak, tapi 2 atau 3 kata sudah bisa digabungkan. uda banyak pembendaharaan kata-katanya, uda bisa ngikutin apa yang kita ngomong. sebagian bisa jawab, tapi pertanyaannya kudu yang simple-simple.

Misalnya :

Matt, uda mamam belom? - jawabnya : uda mami..
Matt, mamamnya abis gak ? - Jawabnya : abiss mami..
Matt, mami ke toilet dulu ya, jangan nakal, duduk kwai-kwai ( artinya baik-baik) - Jawabnya : Iya Mami..

Nah, kenapa belakangnya selalu ada mami? sebenernya bukan hanya mami sih, tergantung siapa yang nanyain dia, kalo daddy nya yang nanya, jawaban belakangnya biasa ada daddy juga, kalo yeye ( opa) or Nai-nai ( oma ) yang nanya,belakangnya juga ada yeye dan na-nai. jadi tergantung siapa yang nanya.

aku sengaja pengen ngajarin gitu ke Matt, supaya Matt belajar lebih Sopan aja ngomongnya. gak sembarang menjawab uda, Iya, atau apapun, tetapi pengen Matt juga memperhatikan siapa yang nanyain dia. karena aku merasa sikap dan tingkah laku kudu diajarkan dari dini. tapi kalau sifat emank gak bisa dirubah. uda dari lahir. ya susah :P

yang membuat aku merasa ada kemajuan dalam ulang bulannya adalah Matt uda mengerti tentang Rasa, peka terhadap sekitarnya. aku sempet kaget waktu Matt bilang " Mami atit ( sakit) " ketika dia menunjuk gusinya. bener saja, Grahamnya mau tumbuh saat itu. berarti Matt sudah tau rasa sakit itu seperti apa.

Dia juga pernah bilang " mami atit " sambil nunjuk kakinya yang lecet digigit nyamuk. ya, bener saja kudapati kakinya merah, dan agak lecet berdarah akibat digaruk. dan ternyata dia sudah mengenal rasa sakit dan bisa ngomong Mana yang sakit.

Bukan hanya itu, Matt juga bisa tau kalo itu panas dan dingin. contohnya : Matt sekarang uda gak mandi di bak ember lagi, kupikir dia mulai beranjak besar, jadi aku memandikan dia dengan shower, eh disaat airnya hangat, dia bisa bilang airnya panas. disaat kuputar kearah dingin, dia juga bisa bilang kalau airnya dingin.

contoh lainnya, ketika siang hari dipanas yang terik, aku, harya dan Matt pergi ke Pusat perbelanjaan buah. namanya toko " Total Buah" nah dalam perjalanan, Matt memegang kaca jendela, dan bilang " Anas - yang berarti panas " aku juga gak ngeh, apa itu anas. dasar si mama rada telat mikir nih.. aku cuma jawab iya, dan Matt pun kurang puas dan kurang terima dengan jawabanku, terus dia berteriak " anas.. anas " berharap aku mengerti ucapannya. setelah kupegang kaca mobil disampingku, ternyata bener loh, kacanya Panas, dan kujawab " iya Matt, kacanya panas " setelah mendengar jawabanku dia langsung senyum ketawa menunjukkan kepuasan tersendiri, mungkin dia seneng kali ya aku ngerti dengan apa yang dia ucapkan. hehe.. dasar anak kecil :P

Matt juga tau tentang basah dan kering. terkadang meskipun matt sudah terbiasa di catur waktu pee, ada suatu waktu yang namanya kebablasan juga :P dan akhirnya Matt ngompol. hehe. dia akan bilang " mami pee, basah " dan dia tau itu basah, maka dia tidak akan menginjak daerah yang basah.

waktu jalan santai mengelilingi kompleks rumah dipagi hari, kalau kita jalan, Matt juga termasuk anak yang extra hati-hati. dia juga suka melihat kebawah, melihat jalan yang dia lalui. apabila ada genangan air, maka dia tidak akan injak yang basah, dan dia bisa bilang ": mami basah.. jijik " katanya

Nah, Matt ini ntah kenapa bisa ngadu loh sama aku. suatu hari aku tinggalin Matt sama mbak nya, sedangkan aku mau mandi sebentar. eh, gak lama Matt kejedot ditempat tidur kamar bawah. kayaknya si nangis, tapi karena aku mandi di kamar mandi yang dalam kamar, jadi aku gak denger. karena pintu dalam pintu. berlapiss.. jadi gak denger. Eh, setelah aku turun, aku liat wajahnya Matt seperti abis nangis. eh, sebelum mbaknya bilang ke aku. Matt uda ngadu duluan sama aku, dia tarik tanganku, dia tunjuk tempat yang jatuh sambil nunjuk kepala yang terbentur.

Seneng sih matt bisa melakukan seperti itu, jadi aku gak perlu takut kalo ninggalin matt, tapi jarang banget ya ninggalin,karena kebanyakan aku selalu ajak dia kemanapun aku pergi. tapi Matt bisa ngadu ke aku rasanya aku lega, karena mbak nya jadi gak bisa boong kan? hehe.. anak kecil kan ndak mungkin boong ya.. bener-bener jujur gitu :P

Nah sekarang beralih ke Music.
Soal Musik, dia masih menyukainya. setiap malam aku selalu memperdengarkan musik klasik Mozart, Beethoven,Bach, atau beberapa Music dari CD bible songs - lagu favorite nya. suatu hari aku lupa memasang lagu ini. maka dia pun kecarian dengan lagunya. dia bilang : " Mami.. lagu... " Oh, aku baru inget kalau belum kupasangkan lagu pengiring tidurnya.

kebiasaan mendengarkan music uda terbiasa sejak dalam rahimku, ternyata terbawa sampe sekarang ya.. senang Matt bisa Mencintai Music.

Matt uda bisa nulis zero ( 0 ) loh..
wah, ini ngajarinnya gak sengaja, bukan aku sebagai mama yang memaksakan anak seusia dini harus bisa menulis ya. tapi ketertarikan dia sendiri untuk pegang alat tulis. karena dia sering liat aku menulis dengan pena.
lalu dia kepengen nulis sendiri. nah waktu umurnya 15 bulan Matt sudah bisa memegang pena dengan baik. tapi tau nya masih coret-coret doank.

Matt- 15 Months Old
eh, sampai sekarang dia tetep aktif mencoret-coret, tapi di buku loh ya, aku tidak pernah mengajarkan Matt mencoret didinding. dan aku sudah bilang dari awal kalau itu tidak boleh. sampai sekarang dia gak pernah melakukan itu. mudah-mudahan seterusnya ya.. hehe

waktu sebulan yang lalu, pas si oma stay di jakarta sebelum imlek, si oma sempet ngajari Matt gambar eye. karena ntah kenapa dia suka ngomongi " eye-eye " melulu. nah si oma menggambar bulat. tapi bulatnya seperti lingkaran yang tak putus berkali-kali lipat. eh gak lama matt bisa melakukan itu juga. mungkin lebih gampang ya..

Nah iseng. pengennya lebih terarah, jadi aku bilang ke Matt kalo ini Zero ( 0 ) nulisnya lebih kecil., dan bulat cukup sekali aja. eh cuma sebentar belajar dia bisa nuling zero. dan karena berhubung belum punya buku yang bagus. jadi aku ambil kertas HVS buat kotak2, supaya lebih terarah nulisnya. eh, si matt bisa nulis zero kedalam kolom kotak-kotak ini.

Hasil Karya nya Matt nulis ( 0 )
Ekspresi Matt yang sedang menulis

tangannya uda keliatan luwes ya megang pena 



Tapi aku gak berani terlalu sering sih dia pegang pena, karena masih kecil. takut matanya rusak ya. jadi cuma 15-20 menit sehari dia kuizinkan pegang pena dan aktivitas menulis. :)

dan, sekarang aku Punya PR besar nih... PR buat semua mama yang menyusui anaknya. apa itu???

PR untuk mulai Menyapih !!

Sangat sulit dan masih sulit walaupun sudah kucoba. sampai sekarang Matt masih menyusui. emank sih aku punya target 2 tahun menyusui. dan sejak 20 Bulan aku sudah mencampur jadwal minum susu nya dengan Fresh Milk, tapi tetep aja dia masih doyan ASI :D

sementara takaran susu fresh Milk yang diminum adalah 150cc fresh milk untuk pagi hari dan 150 cc susu pada malam hari.  terkadang lebih, jadi total susu yang diminum perhari adalah 300 - 400 cc fresh milk.

Sedangkan proses penyapihan sudah mulai kucoba, aku memberikan salah satu obat cina sariawan cap semangka, katanya aman sih buat baby juga, tapi tetep aja gak tembus, meskipun dia bilang mami pait.. mami bau.. tapi nafsu untuk minum asi jauh lebih kuat bahkan bisa mengalahkan pait dan bau nya obat itu *mami tak berdaya geleng-geleng kepala *

ada yang bilang di leletin jeruk nipis ntar gak mau lagi anaknya. heheh.. tapi aku belum tega ya.. haha,.. *dilema*

Tapi kata orang kudu ditegain, dan emaknya harus berkomitmen loh buat bisa nyapih. emank sih 2 atau 3 hari rewel, hmm.. terkadang sedih sih liat dia nangis rengek2 minta ASI. tapi aku harus siapin hati ya buat bisa nyapih dia.

Jadi ini adalah PR besar buat ku, aku harus bisa dan mampu menyapih dia maksimal genap usianya 2 tahun. bagi bloggers yang punya pengalaman, bagi tips nya ya... semoga aku bisa melakukannya juga :)

Nah itu dulu ya seputar 22 bulannya matt.. tetep harapannya selalu sama bulan ke bulan, menjadi Anak yang Luar biasa Untuk Tuhan dan Untuk sesama. :D

Happy 22 Months Old Matt the Rabbit !!
We Love You !!

Muachh!!!

















10 comments:

  1. wow matt hebat udah bisa nulis 0!!! pinter banget ya... :) ngomongnya juga keliatannya udah banyak ya.

    moga2 bisa segera disapih dan gampang ya...

    met ulbul ya matt! semoga sehat2 terus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks uncle arman :)

      iya, ngomongnya uda lumayan sekarang. tambah hari tambah bawel :P

      iya, semoga nyapihnya lancar ya, kudu tega nih, ngeliat Matt rewel beberapa hari buat nyapih :(

      Delete
  2. happy ulbul matt .. iiiii hebat yaa udah bisa nulis O sebentar lagi nulis I xixixix :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks auntie dea.
      hehe.. iya, semoga matt cepet bisa ya :)

      Delete
  3. Selamat ulbul, Matt!!! Sehat-sehat terus.

    Wah hebat ya Matt, udah bisa nulis 0 di dalam kotak lagi. Good job! Bener ya kata orang kalo anak itu spons, semuanya ditiru semuanya dicontoh.

    Nanti kalo udah sukses nyapih bagi-bagi tips yaaa...

    Btw ultahnya dirayain aja *kompor*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks ya auntie angela :)
      iya, aku juga sebenernya takjub karena didalam kotak itu juga. jadi keinget waktu dulu skul kita nulis angka dalam kotak ya, pas belajar nulis :P

      iya nih, semoga gampang disapih nya ya, kalo sampe sukses tanpa gangguan, aku pasti share di blog :p
      semangat menyusui ya angel, karena asi bener2 susu terbaik. Matt hampir jarang sakit karena asi. Asi imun terbaik :)

      baiklah, sekarang aku lanjutin jadi kompor daddy nya, karena pengen ultahnya Matt dirayain. Kapan lagi emaknya narsis?? Loh???? :DDD

      Delete
  4. Selamat ulang bulan ke-22 ya buat Matt!! :D

    ReplyDelete
  5. hi met ulbul ya Matt.. pinter nih udah bisa nulis, ngomongnya juga banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks ya auntie bonnita :)
      iya nih, jadi makin bawel ya. sekarang banyak ngikut apa yang kita ngomong. jadi setiap apa yang kita bicarain ke dia, di ulang-ulang sama dia :P

      Delete