Wednesday, May 9, 2012

Happy Birthday matt - 1 Year Old !!!


Yeayyy.. sekarang matt genap 12 bulan. hmm.. apa saja perkembangan matt sekarang??? ayo kita telusuri bersama-sama :)

Teeth
Ya, gigi matt sekarang bertambah 2 buah lagi. total keselurihan gigi matt adalah 8 buah. yang terdiri dari 4 buah gigi atas dan 4 buah gigi bawah.artinya??? matt sudah mantap mengunyah, matt sudah makan makanan jenis kasar :)





Food's Tekstur
tekstur makanan matt sekarang sudah diupgrade dari bubur kental ke nasi lunak. sementara aku membiarkan matt untuk beradaptasi terhadap nasi lunak sampai matt bisa enjoy dengan makanannya.

tekstur buah yang dimakan oleh matt juga sudah diupgrade berupa potongan atau parutan yang lebih kasar dari parutan keju. perlahan aku mengajarinya untuk mengunyah, tapi aku tidak mau memaksa pencernaannya bekerja keras secara berlebihan. biarlah semuanya berjalan sesuai waktu :)

Makanan yang sudah boleh dimakan
ya. 1 tahun adalah usia merdeka dalam makanan. merdeka karena telah bebas mengkonsumsi gula dan garam, merdeka untuk mencoba fresh milk,dan merdeka dalam beberapa jenis makanan. :) bahkan matt sudah saya cicipi roti tawar dikala di lapar saat kita hang out :P  Yippie...

tapi, saya masih bertahan untuk free sugar and salt. selama matt masih belum protes, saya masih menggunakan keju sebagai tambahan rasa asin, dan tomat sebagai tambahan rasa masam. sampai kapan saya bertahan??? semuanya nanti akan di jawab matt sesuai perkembangannya :P

Favorite Food and drink
buah kesukaan matt sekarang adalah " MELON " untuk buah yang satu ini matt sangat antusias melahapnya. bahkan habis dalam sekejap. terkadang melon, saya padukan dengan oatmeal sebagai menu breakfast nya.

" PUDDING " masih duduk di posisi teratas sebagai camilan favorite nya. matt sangat suka sekali dengan pudding buah yang saya buat, terkadang melon atau alpukat saya gunakan sebagai pengganti " Fla " pudding :)

minuman favorite nya masih " ASI " :P asi belum bisa tergantikan oleh apapun. matt masih lahap minum asi, jikalau matt sedang nangis, ngambek, senjata andalan saya adalah asi, ketika saya menyodorkan asi, tangisan hebatnya langsung terhenti seketika, matanya berbinar-binar jika melihat " asi, sebagai minuman andalannya " hahhaa :))

Lauk yang matt sukai adalah chicken dan unagi. saya tidak tau detail mengapa dia menyukai makanan ini, yang pasti matt lahap jika saya menyuapinya :P

" Pumpkin butternut squash " masih menduduki rangking satu sebagai favorite's vegetable nya matt.. dan tentunya menjadi vegetable andalan saya jika memasak menu yang hambar. karena pumpkin jenis ini sangat manis, dan menurut saya cocok dicampurkan di daging sapi yang rasanya hambar :))

Permainan
Melempar dan mengejar bola menduduki peringkat satu, sebagai  permainan yang matt sukai. dia bisa melempar dan mengejar bola sesuka hatinya, kemanapun bola itu berada, dia akan merangkak secepat mungkin, lalu menangkapnya dan melemparnya kembali :)

matt masih suka bermain Cilukba, dia seolah-olah menyembunyikan wajahnya nya, ketika anda mengatakan " BA " dia akan memamerkan wajahnya kembali sambil tersenyum atau tertawa lebar :)

Matt suka menggulingkan gelas plastik, kemudian mengejarnya, jika tertangkap dia akan menggulingkannya kembali, kemudian menangkapnya dilakukan secara berulang-ulang.

kebiasaan
Matt masih senang membuka lemari atau laci saya, kemudian mengacaknya. kepuasan tersendiri dalam hatinya ketika dia berhasil melakukan itu :)

Matt masih suka menari sambil mengangkat tangannya keatas ketika mendengar musik atau ketika anda bernyanyi lagu tempo cepat :P

matt suka mendorong kursi atau benda apapun yang bisa di dorong olehnya, terkadang baik menurutku, karena matt belajar berjalan sambil berpegangan :)

Ketika waktunya makan, matt suka mmengintip menu makanannya, kemudian matt selalu mengucapkan kata " mamam " ketika ingin makan

Matt bisa mengatakan " nenen ": ketika dia haus ingin minum.. hahhaha :DDD

ketika matt bangun tidur, dia tidak akan turun dari ranjang, matt pasti menunggu saya meskipun saya tiba lebih lama untuk menghampirnya, hal yang buruk terjadi adalah " dia menangis sambil menunggu saya " dan sampai sekarang, saya tidak pernah takut meninggalkannya diranjang sendirian. karena saya yakin matt akan menunggu saya dan memeluknya ketika saya datang menghampirinya. :D

Matt selalu tertawa lebar menyambut kedatangan daddy sepulang kerja. dan ingin segera digendong oleh Daddy :)

Matt suka mencari dan mengintip setiap barang yang jatuh kedalam kolong. dia akan berusaha mengambilnya, sesuai jangkauannya. jika matt tidak bisa mengambilnya, dia akan berteriak sambil memanggil orang yang berada disekitarnya untuk membantu mengambil barang tersebut :)

Perkembangan matt
Matt sudah pinter mengambek, dia sudah bisa merajuk jikalau kita tidak memberi barang yang dia mau.. dia akan menangis keras, dan menutup mukanya dengan guling... ahhh... kamu sudah pintar matt.. tau caranya merajuk.. :((((


Matt sudah bisa membuka lemari pakaian saya yang besar dan tinggii... bagaimana mungkin dia mampu melakukannya?? tapi itulah kenyataannya. dia berusaha keras sampai pintu lemari saya terbuka, dan mengambil satu persatu baju saya.. ohh putraku sudah besar sekarang. :D

Jika matt kurang tinggi menggapai barang dia pasti menjinjit kan kakinya agar sampai menggapai barang tersebut  :P


matt mengerti ketika anda katakan "NO'" dia tidak akan pernah dan berani menyentuh barang anda, ketika anda sering mengatakan " NO ". dia bisa membedakan mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak :) ( tapi terkadang ya.. dan tidak selalu :P ) jika barang anda menggiurkan hatinya, jangan salahkan saya :P

Matt mampu minum sendiri jika kita menyodorkan tempat minumnya meskipun dalam posisi tertutup.

Schedule everyday - nya matt :)
jam 07.00 : matt bangun pagi, bermain sejenak di ranjang bersama mommy :)

Jam 08.00 : matt breakfast. oetmeal buah, sup kacang merah, kuning telur ayam kampung secara bergantian sebagai menu breakfast nya matt

Jam 09.30 : Matt mandi pagi. sengaja saya dekatkan waktunya matt mandi pagi dengan jadwal tidur di ronde pertamanya, karena cuaca sangat panas, supaya matt lebih segar dan bisa tidur nyenyak :)

jam 10.00 : waktu nya tidur first round. karena untuk umur matt yang sekarang, matt hanya bisa tahan bermain selama 3 jam

Jam 12.00 : bangun siang dan bermain sejenak di tempat tidur

Jam 12.30 :  waktunya lunch, makan karbohidrat + lauk + sayur mayur

Jam 13.00 : waktunya bermain, mengeksplore kreativitasnya kembali, mengelilingi dan mengacak  sekeliling rumah atau bermain dengan mainannya :)

Jam 15.00 : waktunya bobok siang second round :P

jam 17.00 : bangun dan mandi sore

Jam 18.00 : dinner karbo + lauk + sayur mayur

jam 18.30 : bermain kembali,

jam 21.00 : time to sleep... ( berulang ulang setiap harinya )

Apa yang  dirasakan matt ketika umurnya 1 tahun??
  • aku sedang belajar berjalan, tapi aku kalau ingin buru-buru aku lebih memilih untuk merangkak :P
  • aku bisa memanjat keluar ranjangku..  ( ow ow... )
  • aku sedang memahami banyak kata-kata dan senang sekali jika engkau berbicara padaku :) ( mom mesti extra bawel donkk... :P )
  • aku bisa menyelesaikan masalah. misalnya menemukan mainan yang hilang :P ( good job matt )
  • aku suka menarik dan mendorong mainan atau apapun ketika belajar berjalan ( Yuppiee... membuat rumah mommy berantakan.... ampyunnn )
  • aku suka memaksa untuk memegang sendok, ketika sedang makan. tapi aku tidak teliti, sehingga banyak makanan tumpah ( ya ya ya... tak apalah matt.. wong namanya belajar.. mommy tolerir :P )
  • aku suka melihat buku dan majalah untuk melihat gambarnya ( yup.. tuh majalah media kawasan, info gading numpuk, dan matt tiap hari membongkarnya.. gpp, belajar ya matt xiixixixi :P )
  • aku bisa sibuk bermain sendiri ketika engkau berada didekatku ( ya kalo mommy pergi nangis-nangis yeee )
  • aku mungkin rewel jika ada hal yang tidak sesuai dengan keinginanku, atau jika aku capek dan kesal. ( ya matt.. sampe ngambekk ya.. nangis nya.. hehhehe )
  • aku punya banyak energi dan selalu gak mau diam ( ow ow matt... mommy capekk....energi mommy gak sebanyak kamu... :(((   )


senang rasanya matt sudah tambah besar, biarlah matt mengekspresikan diri sesuai kemauannya, selama dalam batas norma-norma keluarga. sebisa mungkin aku selalu mengingat untuk mendidik matt bukan menjadi anak yang penakut, berawal dari ketidak sadaran kita untuk selalu tidak boleh melakukan apapun.

mungkin satu sisi, kita takut terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan, tapi disisi lain karakter tidak berani ( takut ) untuk mencoba,  perlahan tertanam dalam diri anak kita. sehingga terbawa sampai usianya besar, jadi sebisa mungkin aku  membebaskan dia melakukan sesuatu yang baik, dan memilah mana yang boleh matt lakukan dan mana yang tidak, dan semuanya tetap dalam pengawasan dan kendaliku :)

aku selalu belajar terus, dan tidak pernah berhenti untuk menjadi ibu yang baik untuk matt. matt mengajarkan banyak padaku ilmu parenting, dan aku ingin selalu bekerja sama dengan matt untuk mendukung matt sampai usianya besar menjadi anak yang sesuai harapan kami :)

Matt = You are so precious.. ajarin mommy terus untuk menjadi mommy terbaikmu ya.. :)
You are my inspiration :)


finally, i want to say " Happy 1st birthday my lil Matt.. mom and dad always love you :))
muachhh !!!!!








.







No comments:

Post a Comment